5 Game Matematika yang Bisa Mengasah Otak

Game Matematika - Matematika

Matematika. Satu kata, sejuta makna. Pelajaran yang sering kita jumpai di bangku sekolah ini, biasanya ditakuti oleh banyak pelajar. Tak hanya di Indonesia, fenomena ini juga kerap kali terjadi di seluruh belahan dunia. Ada cara yang mungkin dapat mengatasi fenomena tersebut, yaitu memadukan matematika dengan game, atau yang lebih dikenali dengan game matematika.

Sudah banyak sekolah-sekolah internasional yang mengenalkan program ini sedari murid-muridnya mengenyam bangku PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini.

Harapannya, dengan adanya penggabungan kedua hal yang sangat bertentangan ini, mampu memberikan efek kepada generasi mendatang.

Ada beberapa game matematika yang dapat penulis rekomendasikan, karena selain mempunyai game yang mengasyikan, pelajarannya pun dikemas sedemikian rupa, agar tak membosankan. Sudahkah kalian mengetahuinya?

Untuk itu, simak artikel ini baik-baik, agar tak ketinggalan informasinya secara keseluruhan. Tanpa berbasa-basi, marilah kita masuk kedalam pembahasannya.

Baca juga: Roguelike: Penjelasan dan Rekomendasi Game, Dijamin Seru!

Rekomendasi Game Matematika

Game Matematika - Matematika
Game Matematika. (Source: SMK TI Global Bali Bandung/Google)

Inilah 5 rekomendasi game matematika versi VCGamers. Di antaranya adalah:

Prodigy Math: Kids Game

Prodigy Math Kids Game - Game Matematika
Prodigy Math: Kids Game. (Source: Google Play Store)

Prodigy Math: Kids Game, ada di urutan pertama pada list kali ini. Kamu bisa menemukan game ini di App Store, dan juga Google Play Store bagi pengguna Android.

Prodigy dikemas dengan sangat baik untuk ukuran aplikasi game yang dipadukan dengan sarana edukasi. Jika kamu mengunjungi website resminya, pada halaman depan, tertulis misi utama prodigy.

Yaitu, mengajarkan cara belajar matematika dan bahasa inggris yang mengasyikan. Kamu bisa mengakses layanannya, melalui peramban resmi di Google. Sejauh ini, Prodigy Math: Kids Game, tersedia untuk anak yang duduk dikelas 1-6 sekolah dasar, serta 7-8 di sekolah menengah pertama.

Tak hanya untuk anak-anak, Prodigy Math: Kids Game juga tersedia menu untuk orang tua dan gurus, agar keduanya mempunyai akses untuk memantau perkembangan sang anak.

Doodle Maths

Doodle Maths - Game Matematika
Doodle Maths. (Source: Google Play Store)

Doodle Maths, game terbitan Discovery Education Europe Limited ini mengklaim bahwasannya, anak-anak yang menggunakan aplikasi tersebut dalam kurun waktu 6 minggu, akan menjadi sangat mahir pada pelajaran matematika.

Sesuai yang ada di gambar, game Doodle Maths diperuntukan untuk anak-anak dari rentang usia 7-11 tahun.

J

Kahoot! Multiplication Games
Kahoot! Multiplication Games. (Source: Google Play Store)

Jika beberapa game yang sudah dijelaskan kebanyakan untuk anak-anak, Kahoot! Multiplication Games dirancang khusus untuk usia yang lebih dewasa. Selain matematika sederhana, di dalamnya juga ada bagian perkalian, pembagian, serta akar sederhana.

Kokoro Kids: learn through play

Kokoro Kids learn through play
Kokoro Kids learn through play. (Source: Google Play Store)

Kokoro Kids learn through play, tak hanya menyediakan pelajaran matematika untuk dikulik buah hatimu. Di sini, juga tersedia berbagai macam kegiatan, layaknya menyanyi, menggambar, mewarnai, mengenal tumbuhan dan hewan, serta mengeja abjad.

123 Numbers – Count & Tracing

123 Numbers - Count & Tracing
123 Numbers – Count & Tracing. (Source: Google Play Store)

Sesuai dengan judulnya, 123 Numbers – Count & Tracing, game matematika yang satu ini khusus untuk mengenal angka.

Nantinya, kamu akan dihadapkan beberapa pilihan yang tersedia, dengan misi utama untuk menghitung ada berapa jumlahnya, dan mencocokan dengan angka yang ada di pilihan jawaban.

Game ini bisa ditemukan di Google Play Store, serta App Store. Sehingga, sangat mudah dijangkau oleh berbagai kalangan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Game Offline Gratis, Seru Abis!

Top up game kesayanganmu hanya di VCGamers Marketplace.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!