4 Nomor Cabor Esports Batal Berangkat ke SEA Games 2021 di Vietnam

Sea Games Vietnam

Sebanyak empat cabang olaharga esports batal diberangkatkan ke SEA Games 2021 di Vietnam beberapa waktu yang akan datang.

Hal tersebut diketahui berdasarkan Berita Acara No: 012/PB-ESI/BTNE-IV/2022 perihal keputusan terkait 4 Nomor pertandingan (AOV, LOL PC, LOL WR Men, LOL WR Women) yang beredar di jagat maya.

Salah satunya yakni diunggah di akun instagram @lambe_wildriftid.

Dalam berita acara tersebut disampaikan bahwa telah dilakukan rapat pengambilan keputusan terkait 4 nomor pertandingan pada SEA Games 2021 Vietnam di Highgrounds Indonesia PIK, Jakarta Utara pada pada 1 April 2022.

Baca juga: Corona Menggila, SEA Games 2021 Vietnam Resmi Ditunda!

4 Cabor Esport Batal Bersangkat SEA Games Vietnam 2021

Ilustrasi AOV SEA Games Vietnam
Ilustrasi AOV

Terdapat empat poin di dalam berita acara dari rapat pengambilan keputusan terkait 4 nomor pertandingan itu.

Pada poin satu, disampaikan bahwa Pengurus Besar Esprots Indonesia (PBESI) melalui Badan Tim Nasional melaksnakan kejuaraan dan Seleksi Nasional sebelum Pemusatan Latihan Nasional.

Dari proses tersebut, dihasilkan atlet-atlet dari 9 games (10 nomor pertandingan) yang selanjutnya akan difokuskan mempersiapkan kompetisi cabang olahraga Esports SEA Games 2021 Vietnam.

Selanjutnya, pada poin 2 disampaikan hasil seleksi dari Tahap I Pemusatan Latihan Nasional tersebut selanjutnya diajukan dan dipresentasikan untuk dilakukan review kepada Tim Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional Kementerian Pemuda dan Olaharga Republik Indonesia (Tim PPON) Kemenpora yang terdiri dari Akademisi, Praktisi, perwakilan KOI dan perwakilan KONI.

Poin 3 disebutkan bahwa Tim review PON Kemenpora yang diketuai oleh Prof Dr Asmawi telah melaksanakan review terkait cabang olahraga Esports.

Namun karena adanya keterbatasan kuota dan team size yang dikirimkan ke SEA Games 2021 Vietnam maka PPON Kemenpora memutuskan bahwa cabang olahraga hanya diberi kuota untuk memberangkatkan sebanyak 38 atlet dari 6 nomor pertandingan dan 12 official terakreditasi ke SEA Games 2021 Vietnam.

Kemudian juga disampaikan bahwa hasil review telah dikukuhkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga pada 30 Maret 2022.

Pada poin 4 disampaikan bahwa dari hasil tersebut,PBESI dan Badan Tim Nasional memohon maaf dan dengan berat hari memutuskan untuk tidak melanjutkan program Pemusatan Latihan Nasional SEA Games 2021 pada nomor pertandingan:

  • Arena of Valor
  • League of Legends
  • League of Legends Wild Rift Men
  • League of Legends Wild Rift Women.
Baca juga: Oh My God! PUBG Mobile Belum Resmi Bermain Di Sea Games 2021!

Badan Tim Nasional Buka Suara

Ilustrasi SEA Games 2021
Ilustrasi SEA Games 2019. YouTube/Garena AOV Indonesia

Kepala Badan Timnas, RM Ibnu Sulistyo Riza Pradipto turut angkat bicara mengenai hal tersebut.

Dia menyampaikan beberapa poin menanggapi kabar 4 nomor dari cabang olahraga (cabor) esports yang tidak diberangkatkan.

Ibnu Riza menyampaikan hal itu melalui unggahan instastory miliknya.

Berikut ini yang disampaikan Ibnu Riza:

  1. Bahwa hal ini juga terjadi kepada semua cabor tidak hanya esport ; untuk SEA Games kali ini ada 14 cabor yang tidak berangkat.
  2. Ada mekanisme dan aturan yang ditetapkan oleh Menpora melalui Tim review PPON yang terdiri dari para pakar olaharga, akademisi, KOI, KONI untuk menilai dan menentukan nomor/cabor yang berangkat atau tidak; sehingga bukan menjadi kewenangan PB ESI dalam menentukan nomor yang berangkat.
  3. Event olahraga internasional seperti Sea Games, Asian Games menggunakan APBN sehingga ada batasan dan aturan yang mengikat. Sehingga, PB ESI tidak bisa memberangkatkan secara mandiri dikarenakan autran kebijakan dari Kemenpora.

Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!