10 Karakter Video Game Terpopuler Sepanjang Masa

Karakter video game terpopuler

Tidak hanya gameplay dan plot yang menarik, karakter didalam video game juga memiliki peran vital dalam menarik perhatian publik.

Diantara ratusan hingga ribuan karakter yang muncul setiap tahunnya, ada beberapa karakter video game yang terkenal ikonik dan memiliki banyak penggemar.

Artikel kali ini akan membahas tentang 10 karakter video game paling populer sepanjang masa. Apakah karakter favoritmu termasuk?

Baca juga: Karakter Tekken 8 yang Paling Mudah Dimainkan Pemula

10 Karakter Video Game Terpopuler Sepanjang Masa

Sejak pertama kali muncul di publik, karakter-karakter dalam daftar dibawah ini telah mendapatkan banyak cinta dan penggemar.

Tak jarang, karena kepopulerannya mereka juga sering muncul menjadi cameo maupun peran utama dari sebuah judul video game. Siapa saja?

Mario

Karakter video game terpopuler - Mario
Mario. Source: Nintendo of America/Youtube

Mario adalah salah satu karakter video game yang didesain oleh Shigeru Miyamoto. Karakter ini pertama kali muncul dalam game Donkey Kong di tahun 1981.

Karakter dengan topi merah berinisial “M” ini seringkali membintangi berbagai judul video game sebagai playable character dan bahkan memiliki franchisenya sendiri.

Beberapa game terkenal dari karakter ini adalah Super Mario Bros, Mario Kart Deluxe 8 dan Super Mario 3D All-Stars.

Sonic

Karakter video game terpopuler - Sonic
Sonic. Source: Nintendo of America/Youtube

Karakter terpopuler selanjutnya adalah Sonic the Hedgehog, seekor landak biru yang memiliki kecepatan berlari supersonik. Dia juga bisa menggulung dirinya untuk menyerang lawan.

Karakter ini pertama kali muncul dalam game Sonic the Hedgehog yang pertama kali dirilis untuk SEGA Genesis pada tahun 1991.

Sonic didesain oleh Naoto Ohshima sebagai maskot rival dari SEGA untuk menyaingi karakter ikonik asal Nintendo, Mario.

Sama seperti Mario, karakter ini juga banyak muncul dalam berbagai judul video game. Salah satunya adalah Sonic Lostworld (2013).

Link

Karakter video game terpopuler - Link
Link. Source: Nintendo of America/Youtube

Siapa yang tidak tahu franchise game terkenal The Legend of Zelda? Kamu juga pasti tidak asing dengan karakter Link. Seperti Mario, Link juga dibuat oleh Shigeru Miyamoto.

Karakter ini pertama kali diperkenalkan sebagai protagonis dari game original The Legend of Zelda yang rilis pada tahun 1986.

Elemen khas yang seringkali digunakan dalam game Zelda biasanya mengikuti petualangan Link menjelajahi Hyrule untuk mengalahkan Ganon dan menyelamatkan Princess Zelda.

Game terbaru The Legend of Zelda saat ini adalah Tears of Kingdom yang baru dirilis tahun lalu. Apakah kamu sudah mencobanya?

Crash Bandicoot

Karakter video game terpopuler - Crash Bandicoot
Crash Bandicoot. Source: Crash Bandicoot/Youtube

Crash Bandicoot adalah maskot karakter untuk Sony yang dimaksudkan untuk menyaingi Mario dari Nintendo dan Sonic dari Sega.

Karakter yang satu ini dibuat oleh Andy Gavin dan Jason Rubin. Sebelum diberi nama Crash, karakter ini dulunya dipanggil dengan sebutan “Willie the Wombat”.

Untuk kamu yang dulunya memiliki konsol game PlayStation 1 pasti sudah tidak asing dengan game balapan Crash Team Racing atau CTR yang dibintangi Crash Bandicoot dan karakter ikonik lainnya.

Donkey Kong

Karakter video game terpopuler - Donkey Kong
Donkey Kong. Source: Nintendo of America/Youtube

Karakter video game terpopuler lainnya kembali berasal dari Nintendo. Dia adalah Donkey Kong, seekor gorila yang memakai dasi dengan huruf “DK”.

Donkey Kong pertama kali muncul dalam sebuah game Arcade Nintendo di tahun 1981 yang kemudian memulai perjalanan karakter ini sebagai serial video game.

Walaupun memiliki seri gamenya sendiri, Donkey Kong juga muncul dalam banyak game Mario Bros seperti Mario Kart Deluxe 8.

Kratos

Karakter video game terpopuler - Kratos
Kratos. Source: PlayStation/Youtube

Kratos telah menjadi karakter protagonis utama untuk franchise God of War. Dia pertama kali diperkenalkan dalam game God of War (2005).

David Jaffe membuat karakter ini berdasarkan pada tokoh Fárbauti dari mitologi Yunani dan mitologi Nordik.

Kratos digambarkan sebagai seorang ksatria Spartan yang dikenal dengan sebutan “Ghost of Sparta” setelah ditipu oleh gurunya, Ares untuk membunuh keluarganya.

Dia kemudian membalaskan dendam keluarganya dengan membunuh Ares dan menjadi “God of War” yang baru.

God of War Ragnarok (2022) merupakan game terbaru dari Kratos, dimana Atreus yang merupakan anaknya juga menjadi protagonis utama dalam seri ini.

Kirby

Karakter video game terpopuler - Kirby
Kirby. Source: Nintendo of America/Youtube

Nintendo sepertinya sangat ahli dalam menghadirkan karakter video game yang ikonik, salah satunya adalah Kirby.

Kirby digambarkan sebagai salah satu karakter paling lucu dan dicintai dalam dunia game. Karakter ini didesain oleh Masahiro Sakurai dan pertama kali muncul dalam game Kirby’s Dream Land (1992).

Kemampuan khas yang dimiliki olehnya adalah menghirup berbagai objek atau mahluk disekitarnya dan melemparkannya seperti peluru.

Selain itu, Kirby juga bisa menghirup udara untuk melayang dan melewati rintangan. Kemampuan Kirby lainnya adalah menyalin kemampuan dari mahluk yang dia hirup.

Judul video game terbaru dari karakter ini adalah Kirby’s Return to Dream Land Deluxe yang dirilis untuk konsol game Nintendo Switch pada tahun 2023.

Pikachu

Karakter video game terpopuler - Pikachu
Pikachu. Source: Nintendo of America/Youtube

Sejak game pertama franchise Pokemon dirilis, game ini telah memiliki lebih dari 1000 Pokemon dengan bentuk dan kemampuan unik yang berbeda.

Dari sekian banyak Pokemon, Pikachu adalah yang paling populer. Karakter ini didesain oleh Atsuko Nishida dan Ken Sugimori.

Pikachu serta pertama kali diperkenalkan pada tahun 1996 dalam game Pokemon Red dan Pokemon Green milik Nintendo.

Karakter ini memiliki penampilan mirip tikus berwarna kuning yang menguasai listrik. Selain dalam bentik video game, Pokemon sendiri juga diadaptasi ke dalam anime.

Cloud Strife

Karakter video game terpopuler - Cloud Strife
Cloud Strife. Source: FINAL FANTASY/Youtube

Karakter video game terpopuler selanjutnya adalah Cloud Strife dari game RPG Final Fantasy. Cloud pertama kali diperkenalkan dalam game Final Fantasy VII yang rilis tahun 1997.

Dalam Final Fantasy VII, dirinya adalah seorang tentara bayaran dengan pedang raksasa yang mengaku mantan anggota SOLDIER, grup tentara elit dibawah Shinra Electric Power Company.

Proses pembuatan karakter ini melibatkan banyak orang terkenal di industri game, salah satunya adalah Tetsuya Nomura.

Game terbaru yang dibintangi oleh Cloud Strife saat ini adalah Final Fantasy VII Rebirth yang baru saja dirilis pada 29 Februari 2024 lalu.

Ryu

Karakter video game terpopuler - Ryu
Ryu. Source: PlayStation/Youtube

Street Fighter diakui sebagai salah satu game pertarungan terbaik sepanjang masa, begitu pula dengan karakternya yaitu Ryu.

Ryu dikenal dengan jurus khasnya yaitu Hadoken, dimana karakter ini akan menembakkan sebuah bola energi kepada lawannya.

Ryu sendiri dibuat oleh Takashi Nishiyama yang terinspirasi dari seniman bela diri Mas Oyama. Karakter ini kemudian diperkenalkan pada game Street Fighter pertama di tahun 1987.

Dia menggunakan gi (seragam latihan) khas Jepang berwarna putih dengan simbol Furinkazan yang melambangkan angin, hutan, api, dan gunung pada sabuknya.

Ryu sendiri merupakan karakter Street Fighter yang selalu muncul dalam setiap seri game ini, termasuk pada game crossover seperti Capcom vs Marvel dan Project X Zone.

Nah itulah 10 karakter video game terpopuler sepanjang masa. Dari daftar di atas, apakah karakter favoritmu termasuk atau ada yang mau kamu tambah? Tinggalkan di kolom komentar ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!