Mengenal TWS Sebagai Perangkat Audio yang Super Simple!

tws adalah (2)

TWS adalah salah satu earphone wireless yang banyak dicari orang saat ini, banyak juga yang menggunakannya di kehidupan sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui bahwa teknologi saat ini sudah canggih dari kecanggihan tersebut teknologi itu dikemas menjadi sesuatu yang lebih efisien.

Seperti misalnya jaman dulu banyak sekali device yang harus menggunakan kabel, namun seiring perkembangan teknologi tersebut semua beralih menjadi wireless.

Dengan menggunakan wireless ini, tentunya akan lebih praktis lagi tanpa harus terganggu oleh kabel yang panjang dan harus digulung ketika akan bepergian.

Maka dari itu, banyak sekali yang membutuhkan earphone wireless ini karena dibutuhkan oleh banyak orang yang lebih dikenal dengan TWS.

Sebenarnya, TWS dan earbuds ini adalah perangkat audio yang memiliki fungsi yang serupa, akan tetapi tetap saja keduanya sangat berbeda.

Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai perangkat audio satu ini yaitu TWS. Simak saja artikelnya dibawah ini, ya!

Baca juga: Review TWS UGREEN: Suara Jernih dan Enak Dipakai!

TWS

True Wireless Stereo
Contoh TWS (Source: Shopee)

Pasti kamu sudah sangat sering melihat orang yang menggunakan TWS, Earphone ataupun Earbuds tanpa kabel di telinga mereka. Jadi, sebenarnya apa sih TWS ini?

Melansir dari Gramedia Blog, TWS ini adalah sebuah fasilitas yang menggunakan teknologi true wirelless (nirkabel) untuk bisa terhubung ke sumber media.

Jadi, TWS atau True Wireless Stereo adalah perangkat audio yang dipasangkan ke telinga tanpa harus menggunakan kabel untuk bisa menghubungkan ke media, ponsel ataupun perangkat lainnya.

Dengan koneksi nirkabel melalui bluetooth dan tanpa menggunakan kabel untuk mentransfer suara. Namun, sebenarnya setiap perangkat memiliki cara yang berbeda-beda untuk bisa saling terhubung.

Baca juga: 5 Headset Bluetooth Gaming Terbaik 2023, Under Rp200 Ribu!

Cara Kerja TWS

True Wireless Stereo
True Wireless Stereo (Source: Techno Okezone)

Perangkat dengan menggunakan koneksi nirkabel ini sebenarnya telah hadir sejak tahun 1990-an dan hingga saat ini perkembangannya semakin meningkat bahkan terus dipakai hingga saat ini.

TWS merupakan gabungan antara teknologi nirkabel dengan format suara stereo yang menggunakan gelombang radio yang telah terkoneksi dengan sinyal bluetooth.

Tentu saja, TWS ini akan tersambung pada speaker, perangkat audio bahkan smartphone, laptop hingga komputer. Nantinya, TWS ini akan terhubung pada speaker di perangkat kita serta suara yang dihasilkan dari speaker ini akan dikoneksikan dengan speaker slaver melalui koneksi bluetooth serta kualitas stereo yang mulus.

Dengan begitu, tentunya hal ini akan lebih nyaman digunakan oleh semua orang, apalagi jika dipakai untuk kehidupan sehari-hari. Tak lupa juga, hal ini dilengkapi dengan fitur tambahan sebagai pelengkap pada TWS.

Baca juga: 5 Tutorial Memilih Headset Gaming-Part 1

Fitur-Fitur TWS

tws adalah (1)
Realme Buds (Source: IndiaMart)

Berikut ini adalah fitur-fitur yang ada pada TWS (True Wireless Stereo) yaitu:

Active Noise Cancellation (ANC)

Fitur ANC ini berguna untuk mengurangi gangguan suara yang berasal dari luar. Melalui fitur ini akan menghasilkan gelombang suara yang mampu menetralkan suara latar, jadinya kamu bisa menikmati musik tanpa terganggu dari suara yang muncul dari luar.

Environmental Noise Cancellation (ENC)

Pada fitur ENC ini merupakan teknologi yang bisa menyesuaikan penurunan suara latar disekitar pengguna tersebut. Jadinya, kualitas suara yang dihasilkan akan tetap bagus meskipun berada di lingkungan yang cukup bising.

Konektivitas Bluetooh dan Fitur Switching

Biasanya, pada TWS ini menggunakan Bluetooth 5.0 yang mampu mentransfer data 2 kali lebih cepat. Selain itu juga, mampu transmisi audio dengan kualitas yang sangat tinggi.  Tentunya dengan fitur switching yang ada pada TWS ini untuk memungkinkan perpindahan suara dari perangkat satu ke perangkat yang lain.

Adaptive Sound Adjustment (Penyesuaian Suara Otomatis) 

Dengan fitur ini, tentunya TWS mampu menyesuaikan kualitas suara terhadap lingkungan sekitar sehingga para pengguna dapat mendengarkan musik ataupun menelpon meski ditempat yang bising sekalipun.

Baca juga: 5 Earphone Gaming Terbaik Dengan Peredam Bising

Keunggulan TWS

tws adalah (5)
V15 BT 5.0 Wireless (Source: Amazon)

Jika kamu ingin menggunakan TWS, berikut ini adalah keunggulannya yang harus kamu ketahui yaitu:

Audio Streaming Beresolusi Tinggi

Tentunya TWS akan suara audio dengan resolusi tinggi dengan driver speaker Balanced Armature (BA) yang memiliki kualitas sangat baik sehingga suara dari TWS ini akan sangat jernih, jelas dan bebas dari resonansi dari pita audio.

Selain itu juga, Balanced Armature (BA) dapat dikombinasikan dengan driver pada driver speaker hybrid yang berfungsi sebagai tweet supaya mampu menginformasikan bagian kritis spektrum audio high-end.

Kualitas Suara Sangat Professional

Untuk dapat menghasilkan kualitas suara yang sangat professional tentunya harus menggunakan teknik untuk minimalisir noise serta dapat meningkatkan kualitas pengambilan sinyal.

Selain itu juga, mampu meningkatkan kinerja mikrofon serta sensor getaran dari algoritma canggih pada prosesor di Bluetooth Audio SoC sehingga hal ini bisa mendapatkan penggilan suara jernih dari TWS.

Baca juga: Aura Esports Luncurkan Earphone Gaming Harga Terjangkau

Perbedaan TWS dan Earbuds

tws adalah (6)
Perbedaan TWS dan Earbuds (Source: HypeAbis)

Lalu, apa perbedaannya antara TWS dan Earbuds? Padahal keduanya hampir serupa lho! Untuk lebih mengetahuinya, langsung simak saja ya!

TWS adalah salah satu dari earphone nirkabel yang memerlukan koneksi Bluetooth 5.0 yang mampu menghubungkan gelombang suara dari media lain ke perangkat earphone dengan minim delay dan real stereo.

Sedangkan Earbuds adalah sebuah perangkat earphone yang didesain untuk telinga pengguna, namun apabila menggunakannya dalam jangka waktu yang panjang tentunya akan membuat sakit telinga.

Namun, saat ini Earbuds sudah didesain dengan bahan yang tidak akan membuat telinga pengguna menjadi sakit karena bahan plastik Earbuds yang bersentuhan dengan kulit.

Nah itulah informasi mengenai TWS hingga perbedaannya dengan Earbuds. Jadi, kamu lebih prefer TWS atau Earbuds nih?

Baca juga: 5 TWS Terbaik 2023 dengan Harga Terjangkau

Jangan lupa untuk baca terus perkembangan teknologi terbaru hanya di VCGamers News!

Segera Top Up kebutuhan produk digitalmu dengan murah, cepat, mudah dan aman hanya di VCGamers Marketplace, ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!