Jadwal Lengkap, Venue, dan Format The International 11 Dota 2

The International 11 Dota 2

Valve selaku pihak penyelenggara telah resmi mengumumkan jadwal lengkap serta format The International 11 Dota 2 yang akan bergulir Oktober 2022 mendatang.

The International 11 Dota 2 yang akan segera berlangsung beberapa bulan lagi ini jadi turnamen Major yang paling ditunggu oleh komunitas Dota 2. Pasalnya, turnamen kasta tertinggi ini bakal menyajikan pertarungan seru dari berbagai tim hebat dari seluruh dunia.

Seperti yang kalian tahu, sebelumnya pihak penyelenggara sempat menginformasikan jadwal berlangsungnya turnamen tersebut. Namun, saat itu mereka masih belum menyebutkannya secara spesifik.

Beberapa waktu yang lalu Valve sebagai pihak penyelenggara telah memberitahukan jadwal lengkap serta format untuk The International Dota 2. 

Penantian para penggemar untuk bisa menyaksikan tim kesayanan mereka di The International akhrinya terjawab dengan adanya informasi tersebut. Hal ini tentu saja jadi sebuah kabar yang sangat menggembirakan untuk komunitas Dota 2.

Nah, buat kalian yang penasaran dengan informasi The International Dota 2, tak usah khawatir karena kami akan membahasnya di artikel ini.

Baca juga: Rekomendasi Gambar Dota 2 Wallpaper yang Keren, Wajib Punya

Sekilas Tentang The International 11 Dota 2

The International 11 Dota 2
The International

The International merupakan turnamen Major tertinggi dan paling bergengsi yang diselenggarakan langsung oleh pihak Valve. Turnamen ini akan mempertemukan tim hebat dari berbagai regional untuk menjadi yang terbaik di dunia.

Di tahun 2022 ini, turnamen bergengsi tersebut kembali hadir memasuki edisi kesebelas bertajuk TI 11 atau The International 11 Dota 2. Pada edisi tersebut akan menyajikan sebanyak 30 tim terbaik dari berbagai regional.

Nantinya 30 tim tersebut akan saling bertarung demi memperebutkan Aegist of Immortal serta hadiah total senilai 1.600.000 USD atau sekitar 23.4 triliun. Menariknya, jumlah prize pool akan terus bertambah karena akan ada donasi berupa potongan dari setiap pembelian Battle Pass.

Oleh karena itu, The International 11 kali ini bakal menjadi turnamen Dota 11 paling besar. Hal itu tidak hanya soal jumlah timnya yang akan bertanding, tetapi juga jumlah prize pool atau total hadiah yang akan dibawa pulang oleh sang juara juga besar.

Baca juga: Rekomendasi Hero Mid Lane Terbaik Dota 2

Jadwal The International 11 Dota 2

The International 11 Dota 2
Jadwal The International (Sumber: https://twitter.com/wykrhm)

Sebelumnya pihak penyelenggara yaitu Valve hanya menyebutkan turnamen bergengsi ini bakal bergulir di bulan Oktober 2022 mendatang. Kali ini, mereka telah resmi mengumumkan tanggal spesifik berlangsungnya turnamen tersebut.

The International 11 Dota 2 rencananya akan bergulir mulai dari tanggal 8 Oktober – 30 Oktober 2022. Dengan begitu, turnamen The International tahun 2022 memiliki durasi paling panjang setelah sebelumnya pada TI 2014 berlangsung selama 14 hari.

Hal tersebut pastinya terjadi karena di tahun ini untuk pertama kalinya pihak Valve mengundang 30 tim untuk saling bertarung. Jadi, butuh waktu yang lebih panjang juga untuk bisa mengetahui siapa yang jadi tim terbaik.

Semua rangkaian pertandingan tersebut dimulai dengan babak Last Chance Qualifiers yang akan berlangsung pada tanggal 8 – 12 Oktober 2022. Pada babak tersebut, tim-tim dari seluruh regional di dunia baik dari DPC divisi 1 atau 2 akan saling bertemu mengamankan tiket ke TI 11.

Kemudian pada tanggal 15 – 18 Oktober 2022 barulah babak grup atau group stage mulai bergulir. Selain itu, hal menarik lainnya dari turnamen T1 tahun ini adalah babak final yang akan berlangsung selama 2 hari, beda dengan edisi sebelumnya yang hanya sehari.

Berikut jadwal lengkap The International 11 Dota 2.

  • Last Chance Qualifiers: 8 – 12 Oktober 2022
  • Group Stage: 15 – 18 Oktober 2022
  • Playoffs: 20 – 23 Oktober 2022
  • Grand Finals: 29 – 30 Oktober 2022
Baca juga: 8 Urutan Rank Dota 2 yang Harus Kalian Ketahui

Venue The International 11 Dota 2

The International 11 Dota 2
Venue The International 11 (Sumber: Gamenosida)

Seperti yang kalian tahu, Singapura kali ini akan menjadi tuan rumah penyelengaraan turnamen akbar The International 11.

Meskipun begitu, para penonton baru bisa menyaksikan pertandingan secara langsung hanya pada saat memasuki babak Playoffs dan babak Grand Finals.

Sementara itu, pertandingan babak group stage akan disiarkan langsung melalui platform live streaming seperti Twitch dan YouTube. Meski disiarkan secara online, pertandingan babak ini bakal tetap sengit dan seru karena jumlah tim yang bertanding lebih banyak.

Baru saat memasuki babak Playoffs dan babak Grand Finals penonton bisa menyaksikan secara langsung pertandingannya di venue. Hal yang menarik dari edisi sebelumnya juga terjadi di turnamen kali ini karena pertandingan bergulir di dua venue yang berbeda.

Pertandingan babak Playoffs akan berlangsung di salah satu stadium megah yaitu Suntec Arena, Singapura. Sedangkan untuk babak Grand Finals, penonton bisa menyaksikan pertandingannya di Singapore Indoor Stadium yang juga berskala internasional.

Baca juga: 5 Hero Paling Kuat di Dota 2 2022, Nggak Ada Obat!

Format The International 11 Dota 2

The International 11 Dota 2 akan berlangsung dalam tiga tahap dan akan dipecah lebih lanjut menjadi empat babak. Empat babak tersebut antara lain Last Chance Qualifiers, Group Stage, Playoffs, dan Grand Finals.

Last Chance Qualifiers

Babak pertama dari The International 11 Dota 2 adalah Last Chance Qualifiers yang akan berlangsung pada 8 – 12 Oktober 2022. Pada babak ini, setiap perwakilan tim dari regional akan saling bertemu untuk mengamankan 2 slot ke babak grup.

Group Stage

Babak berikutnya dari turnamen bergengsi The International 11 adalah Group Stage yang akan bergulir pada 15 – 18 Oktober 2022. Akan ada 2 grup dengan masing-masing 10 tim yang akan bertarung dengan sistem Round Robin.

16 tim terbaik akan lolos ke babak Playoffs dan posisi mereka juga akan menentukan apakah mereka berada di Upper Bracket atau Lower Bracket. Sementara itu, 2 tim dari masing-masing grup akan tereliminasi.

Playoffs

16 tim yang telah lolos dari babak grup akan memulai babak Playoffs selama tiga hari pada 20 – 23 Oktober 2022. 8 tim Upper Bracket akan bertanding dengan sistem BO3, sedangkan 8 tim Upper Bracket akan menggunakan sistem BO1.

Grand Finals

Tim terbaik dari Playoffs akan melaju ke partai puncak yang akan hadir dengan format baru karena berlangsung selama 2 hari, yaitu pada 29 – 30 Oktober 2022. Babak ini bakal menjadi pertandingan penutup dari turnamen bergengsi The International 11 Dota 2.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!