Spesifikasi Lengkap dan Harga Resmi Samsung Galaxy Z Fold 5

Samsung Z Fold 5

Samsung baru saja meluncurkan HP foldable terbaru mereka, yakni Samsung Galaxy Z Fold 5 dan Samsung Galaxy Z Flip 5.

HP lipat generasi ke 5 Samsung ini kiat terlihat semakin sempurna di beberapa aspek, baik dari desain, hardware, maupun fitur lainnya.

Buat kamu yang penasaran mengenai Samsung Galaxy Z Fold 5 ini, yuk simak penjelasannya berikut ini!

Apa yang Baru dari Samsung Galaxy Z Fold 5?

Samsung Z Fold 5
Fitur Baru dari Z Fold 5. Source: Samsung

Salah satu peningkatan yang sangat signifikan dari HP ini adalah konstruksi engsel baru yang membuat HP ini ketika dilipat jadi lebih rapat dibandingkan seri sebelumnya. Dengan perubahan ini membuat Galaxy Z Fold 5 lebih ringkas dari Galaxy Z Fold 4.

Bobot yang dimiliki oleh Galaxy Z Fold 5 lebih ringan 10 gram dibanding dengan Galaxy Z Fold 4. Dimana pada generasi sebelumnya memiliki berat 263 gram, sedangkan Samsung Galaxy Z Fold 5 memiliki berat 253 gram. 

Dan ketebalannya ini juga mengalami penurunan dari 15,8 mm menjadi 13,4 mm ketika sedang dilipat.

Baca juga: 5 HP Android yang Kualitas Kameranya Mirip dengan iPhone

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 5

Samsung Z Fold 5
Spesifikasi Galaxy Z Fold 5. Source: Samsung

Selain itu, dari sisi spek Galaxy Z Fold 5 juga mengalami banyak peningkatan dibanding Galaxy Z Fold 4.

Samsung Galaxy Z Fold 5 memiliki layar ganda, yang terdiri dari layar utama yang berada di dalam dan layar kedua yang berada di luar.

Untuk layar utamanya, Z Fold 5 memiliki panel Dynamic AMOLED 2x 7,6 inci, dengan resolusi QXGA Plus (2.716×1.812 piksel). Layar HP ini telah mendukung tingkat kerapatan piksel 374 PPI, refresh rate 120Hz, dan tingkat kecerahan maksimal 1.750 nits.

Sedangkan untuk layar keduanya, memiliki ukuran 6,2 inci, dan menggunakan panel yang sama dengan layar utamanya. Untuk resolusinya sendiri adalah HD Plus (2.315×904 piksel) dengan refresh rate 120 Hz, dan tingkat kerapatan layar 402 PPI.

Sebagai HP yang masuk kelas flagship, tentu saja chipset yang digunakan juga yang terbaik. Galaxy Z Fold 5 menggunakan chipset khusus dari Qualcomm untuk Samsung, yaitu Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Chipset ini juga digunakan oleh jajaran Samsung Galaxy S23 Series.

Chipset yang kuat tersebut didukung oleh tiga opsi RAM dan penyimpanan, yaitu dari RAM 12/256 GB, 12/512 GB dan 12/1 TB.

Untuk sektor fotografi, Galaxy Z Fold 5 menggunakan setup triple camera, dimana kamera utamanya 50 MP (f/1.8) didukung mode Nightography, OIS, hingga dual pixel AF, kamera telefoto 10 MP (f/2.4) dengan zoom optik 3x dan zoom detail sebanyak tiga kali, dan kamera ultra wide 12 MP (f/2.2) dengan bidang pandang 123 derajat.

Sedangkan kamera depannya, HP ini memiliki dua kamera yang berada di layar utama dan layar kedua, yaitu 4 MP (f/1.8) di bagian layar dalam dan 10 MP (f/2.2) untuk layar luarnya.

Kapasitas baterai dari Galaxy Z Fold 5 juga masih sama dengan seri sebelumnya, yaitu 4.400 mAh. Serta didukung dengan fitur fast charging 25 watt.

Dan untuk sektor software, Samsung Galaxy Z Fold 5 menggunakan sistem operasi Android 13 dan dipadukan dengan OneUI 5.1.1

Bagi kamu pecinta S Pen, maka HP ini sangat cocok untukmu, sebab HP lipat ini mendukung penggunaan Samsung S Pen.

Untuk varian warna yang tersedia, Galaxy Z Fold 5 hadir dengan warna Icy Blue, Phantom Black, Cream, Blue dan Grey.

Baca juga: Rekomendasi HP yang Cocok untuk Game Berat

Harga Samsung Galaxy Z Fold 5

Samsung Z Fold 5
Harga Galaxy Z Fold 5. Source: Blog-Nouvelles-Technologies.fr

Berikut adalah harga resmi Galaxy Z Fold 5 di Indonesia: 

  • Harga Galaxy Z Fold 5 (12 GB/256 GB): Rp 25 juta
  • Harga Galaxy Z Fold 5 (12 GB/512 GB): Rp 27 juta
  • Harga Galaxy Z Fold 5 (12 GB/1 TB): Rp 30 juta

Bagi kamu yang tertarik untuk membeli Galaxy Z Fold 5, kamu sudah bisa melakukan pemesanan di program pre-order yang sudah dibuka sejak 26 Juli melalui website resmi Samsung Indonesia dan akan berakhir pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Jika kamu membeli Galaxy Z Fold 5 pada masa PO, maka kamu akan mendapatkan sejumlah benefit. Mulai dari gratis penggantian screen protector selama dua tahun, mendapatkan Galaxy Z Fold 5 dengan storage yang lebih besar (dua kali lipat) dari pilihan awal, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Rekomendasi Kamera HP Terbaik 2021, Masih Layak Pakai Di 2023 Lho!

Nah, itulah pembahasan kita kali ini mengenai Galaxy Z Fold 5. Jangan lupa untuk update dengan info terkini seputar games, teknologi, dan gadget hanya di VCGamers News.

Dan buat kamu yang ingin top up game favoritmu dengan mudah, cepat, aman, dan harga murah, yuk kunjungi VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!