Sering Disebut, Ini Fungsi NFC Pada HP!

Fungsi NFC pada HP

Ketika membahas tentang HP keluaran terbaru, kamu pasti akan sering menemukan istilah fitur NFC. Nah, mungkin masih ada beberapa dari kita yang belum tahu apa itu NFC dan fungsinya.

NFC pada dasarnya memiliki fungsi yang mirip dengan Bluetooth. Namun, NFC memiliki lebih banyak fungsi dan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari.

Artikel kali ini akan membahas tentang definisi dan fungsi NFC pada HP. Apa saja? Yuk simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Baca juga: Rekomendasi Smartphone Harga 5-7 Juta Akhir 2023

Definisi NFC

NFC adalah akronim dari Near Field Communication, sebuah protokol yang dapat menghubungkan dua perangkat elektronik yang berada dalam jarak dekat yaitu maksimal 4cm.

NFC dapat digunakan untuk mentransfer data dari satu perangkat keperangkat lainnya, sama seperti fungsi Bluetooth.

Namun, NFC dinilai memiliki kelebihan pada kecepatan transfer dan efektivitas penggunaan dimana kamu hanya perlu menempelkan dua perangkat untuk melakukan transfer data.

Teknologi NFC telah dikembangkan pada akhir 1990-an hingga tahun 2000-an. Samsung menjadi produsen elektronik pertama yang menyematkan fitur ini pada Samsung Nexus S ditahun 2010.

Kegunaan NFC Dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah menyimak definisi dari NFC, sekarang waktunya kamu untuk mengetahui apa fungsi lain dari NFC dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah daftarnya:

Transaksi Cardless dan Cek Saldo E-Money

Fitur NFC untuk transaksi E-Money
Fitur NFC untuk transaksi E-Money. Source: Daily Reckoning/Youtube

Dengan menggunakan HP berteknologi NFC, kamu bisa melakukan transaksi digital tanpa harus repot-repot membawa kartu kemana pun alias cardless.

Sebelum melakukan transaksi, pastikan saldo yang ada di kartu debit maupun kredit yang terhubung dengan HP kamu mencukupi.

Kamu hanya perlu mengaktifkan fitur ini lalu menempelkan HP pada mesin sensor yang telah disediakan.

Dengan melakukan hal tersebut, maka transaksi yang kamu lakukan akan langsung diproses dengan cepat.

Selain untuk melakukan  transaksi digital, kamu juga bisa menggunakan fitur ini untuk cek saldo E-Money yang ada pada kartu TransJakarta atau tol.

Apabila saldo dalam kartu E-Money habis, kamu juga bisa melakukan pengisian melalui HP sebelum menggunakannya.

Berbagi File Antar Perangkat

Berbagi file antar peragkat
Berbagi file antar peragkat. Source: Daily Reckoning/Youtube

Seperti yang telah disebutkan di awal, NFC memiliki fungsi yang mirip seperti Bluetooth yaitu untuk mentransfer data antar perangkat.

Data-data yang bisa ditransfer diantaranya adalah foto, video, aplikasi dan kontak telefon. Semuanya dilakukan tanpa kabel!

Baru-baru ini penggunaan fitur NFC juga diterapkan dalam industri musik di Korea. Jika kamu bukan penggemar album dengan CD fisik, maka kamu bisa beralih pada Kihno album.

Cukup aktifkan fitur NFC pada perangkatmu lalu tempelkan Kihno pada HP. Lagu-lagu dari album tersebut sekarang sudah bisa dimainkan di HP!

Melakukan Pengisian Daya Smartphone

Mengisi daya HP dengan NFC
Mengisi daya HP dengan NFC. Source: Daily Reckoning/Youtube

Walaupun belum cukup umum, NFC saat ini sedang dikembangkan untuk melakukan pengisian daya terhadap HP kamu.

Meskipun belum diluncurkan secara resmi, ada kemungkinan bahwa kita akan segera menikmati fitur ini dalam beberapa tahun ke depan.

Tapi, saat ini sudah ada beberapa ponsel yang bisa dicas tanpa menggunakan kabel dan hanya menggunakan NFC.

Baca juga: Snapdragon 888: Kelebihan dan Rekomendasi Smartphone-nya

Kelebihan dan Kelemahan NFC

Untuk kamu yang masih bingung untuk menentukan apakah fitur NFC cocok dengan keseharianmu, berikut adalah rangkuman kelebihan dan kelemahan dari NFC!

Kelebihan NFC

Kelebihan NFC
Kelebihan NFC. Source: simpleshow/Youtube

Kelebihan NFC yang pertama adalah efektivitas penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memanfaatkan fitur ini, kamu tidak perlu lagi membawa kartu untuk melakukan transaksi digital.

Kedua, NFC juga dinilai lebih aman karena fitur yang satu ini ternyata memiliki keamanan yang ketat sehingga kemugkinan kebocoran data dari pengguna bisa diminimalisir.

Kelemahan NFC

Kekurangan NFC
Kekurangan NFC. Source: simpleshow/Youtube

Selain kelebihan-kelebihan yang disebutkan diatas, NFC juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah harga yang mahal.

Perbedaan harga antara smartphone dengan NFC dan tanpa NFC memiliki perbedaan yang cukup jauh. Sehingga kamu perlu membandingkan seberapa sering fitur ini akan kamu gunakan.

Kelemahan lainnya dari fitur NFC adalah jarak penggunaannya yang sangat dekat, dimana kamu harus menempelkan dua perangkat secara langsung.

Baca juga: 5 Aplikasi NFC untuk Android Terbaik di Tahun 2023

Bagi kamu yang sedang mencari tempat top up kebutuhan game kesayangan dan membeli produk digital murah dan cepat, ayo kunjungi VCGamers Marketplace sekarang!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!