Second Account: Manfaat, Cara Membuat, dan Tips Aman Menggunakannya

Dalam dunia digital, second account atau akun kedua sudah menjadi hal yang biasa. Banyak orang yang memiliki akun kedua untuk berbagai keperluan, mulai dari keperluan pribadi hingga keperluan profesional.

Dari sekadar hobi hingga urusan bisnis, kehadiran akun kedua ternyata menyimpan beragam manfaat yang tak terduga. Penasaran apa saja?

Yuk simak bahasan lengkap tentang manfaat, cara membuat, dan tips aman menggunakan second account dalam artikel ini!

Baca juga: Cara Download VPN untuk PC dengan Mudah dan Cepat

Apa Itu Second Account?

Second Account
Second Account IG. Source: YouTube.

Second account atau akun kedua adalah akun media sosial yang dimiliki oleh seseorang selain akun utama.

Akun ini biasanya digunakan untuk keperluan yang berbeda dari akun utama. Seperti untuk menjaga privasi, melakukan aktivitas yang berbeda atau lainnya.

Second account memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Namun, penting untuk menjaga keamanan akun agar tidak disalahgunakan.

Baca juga: Cara Melihat Postingan yang Disukai di Instagram

Manfaat

Second Account
Akun kedua Instagram. Source: YouTube.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari memiliki second account. Berikut beberapa di antaranya.

Menjaga Privasi

Second account bisa digunakan untuk menjaga privasi penggunanya. Misalnya, pengguna bisa memiliki akun kedua untuk keperluan pribadi yang tidak ingin diketahui oleh orang lain/

Seperti curhat, berbagi foto atau video yang tidak ingin dilihat oleh orang banyak, atau mengikuti komunitas tertentu yang tidak ingin diketahui oleh orang lain.

Melakukan Aktivitas yang Berbeda

Second account bisa digunakan untuk melakukan aktivitas yang berbeda dari akun utama. Misalnya, pengguna bisa memiliki akun kedua untuk bermain game, untuk mengikuti komunitas tertentu, atau untuk membuat konten yang berbeda dari konten di akun utama.

Mendapatkan Keuntungan

Di beberapa platform, pengguna bisa mendapatkan keuntungan dengan memiliki second account. Misalnya, pengguna bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuat konten di akun kedua.

Cara Membuat

Second Account.
Akun Kedua IG. Source: YouTube.

Cara membuat second account pada setiap platform berbeda-beda. Namun, secara umum, berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat second account:

  1. Buka platform yang ingin digunakan untuk membuat second account.
  2. Klik tombol “Daftar” atau “Buat Akun”.
  3. Isi formulir pendaftaran dengan data yang benar.
  4. Klik tombol “Daftar” atau “Buat Akun”.
  5. Selesai.
Baca juga: Cara Mencadangkan Pesan Whatsapp, Riwayat Chat Aman!

Tips Aman Menggunakan Second Account

Second Account
Akun Kedua. Source: YouTube.

Untuk menjaga keamanan akun kedua, berikut adalah beberapa tips yang bisa diikuti:

Gunakan Data yang Berbeda

Gunakan data yang berbeda untuk akun kedua, seperti nama, alamat email, dan nomor telepon. Hal ini akan membuat akun kedua lebih sulit diretas.

Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk akun kedua. Kata sandi yang kuat harus terdiri dari setidaknya 12 karakter, termasuk huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.

Aktifkan Verifikasi Dua Faktor

Verifikasi dua faktor (2FA) adalah fitur keamanan yang akan meminta pengguna untuk memasukkan kode verifikasi tambahan saat masuk ke akun. Kode verifikasi ini akan dikirimkan ke perangkat pengguna melalui SMS, email, atau aplikasi autentikasi.

Berhati-hatilah dalam Memberikan Informasi Pribadi

Jangan memberikan informasi pribadi yang sensitif di akun kedua. Informasi pribadi yang sensitif dapat berupa data diri, nomor rekening bank, atau nomor kartu kredit.

Hindari Mengklik Tautan yang Tidak Dikenal

Tautan yang tidak dikenal dapat berisi malware atau virus yang dapat merusak perangkat pengguna. Hindari mengklik tautan yang tidak dikenal, terutama jika tautan tersebut berasal dari orang yang tidak dikenal.

Second account memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Namun, penting untuk menjaga keamanan akun kedua dengan mengikuti tips-tips di atas.

Baca juga: Cara Download Reels Instagram Tanpa Aplikasi, Simple!

Meski demikian, penulis tidak menyarankan kamu untuk membuat second account ya. Tapi, gunakanlah akun kamu agar memudahkan teman-teman dan kolega kamu mengenal kamu di sosial media.

Selain itu, jika memang ingin menggunakan second account, jangan menggunakannya untuk aktivitas terlarang seperti penipuan dan lainnya. Karena, hal tersebut bisa membawa kamu mendapatkan hukuman.

Buat kamu yang ingin membeli produk digital atau top up game dengan harga murah dan proses yang cepat, yuk ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!