Samsung A04: Spesifikasi dan Fitur

Samsung A34

Lineup perangkat ‘super-budget’ memang sedang jadi perhatian banyak manufaktur smartphone dewasa ini. Tidak terkecuali brand dari Korea Selatan yang satu ini: Samsung A04!

Yap, dengan semakin tingginya permintaan pasar akan berbagai kebutuhan yang mengharuskan pelibatan teknologi, pangsa smartphone entry-level meningkat begitu pesat. Di situ lah Samsung memberikan jawaban dengan mengeluarkan lini Galaxy A0 Series-nya.

Nah buat yang penasaran sama gadget besutan Samsung yang satu ini, yuk simak ulasannya berikut ini! Jangan sampai asal beli ya! Langsung aja cekidot deh!

Baca juga: Cara Menghapus File Sampah di HP Samsung

Samsung A0 Series

Tampilan Samsung A04
Tampilan Samsung A04. Sumber: Official Site

Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, lini Galaxy A0 Series memang termasuk ke dalam kategori entry level. Benar banget, smartphone yang jatuh pada seri ini umumnya dibanderol dengan kocek yang tidak terlalu ‘melangit’.

Namun tentu saja, itu semua harus diiringi dengan beberapa ‘kompensasi’ di berbagai lini, baik dari fitur, desain, maupun build quality yang terkesan begitu ‘ekonomis’. Ini tentu tidak mengherankan melihat ada harga, ada juga kualitas.

Tapi bukan berarti kualitas yang dimiliki smartphone ini tidak bagus, lho Vicigers!

Untuk perangkat dengan kategori entry level, Samsung bisa memberikan kelengkapan yang cukup baik.

Wajar bila smartphone ini banyak menjadi pilihan bagi mereka yang membutuhkannya dalam konteks-konteks krusial, seperti gadget untuk anak belajar, ataupun keperluan bisnis dan usaha (e-commerce, transportasi online, dsb.)

Baca juga: 5 HP Samsung Termahal di Tahun 2023, Mana HP Impianmu?

Desain Samsung A04

Opsi Warna Orange Copper
Opsi Warna Orange Copper. Sumber: Official Site

Dimulai dari desain, luar, Samsung A04 memiliki ukuran sekitar 16 x 7.6 cm. Dari ukuran ini bisa terlihat bahwa smartphone ini mengusung layar berukuran 6.5 inch.

Untuk seri ini, Samsung sendiri mengeluarkan tiga varian warna: Deep Green (Hijau Gelap), Black (Hitam), dan Orange Copper (Oranye).

Pada bagian body frame-nya terbuat dari bahan polycarbonate (plastik), dengan feel yang tetap terkesan apik dan tidak murahan.

Di bagian atas terdapat satu lubang kecil untuk microphone; sedangkan dibagian bawah ada port charger yang sudah support Type-C, jack 3.5mm Stereo, speaker, serta satu lubang lagi untuk microphone.

Di bagian kanan terdapat tombol volume dan power khas dari Samsung. Sedangkan di bagian kiri ada slot untuk sim tray yang dapat menampung dual sim dan 1 kartu micro SD.

Terakhir di bagian belakang ada dua lensa kamera dengan bentuk membulat yang juga dilengkapi dengan lampu flash.

Baca juga: Cara Mengunci Aplikasi di HP Samsung

Fitur Samsung A04

Kapasitas Batrei 5K mAh
Kapasitas Batrei 5K mAh. Sumber: Official Site

Selayaknya perangkat entry level lainnya, fitur yang dimiliki oleh smartphone ini sendiri terbilang ‘ala kadarnya’ atau yang juga disebut sebagai essensial. Hanya ada fitur-fitur pokok yang tidak terlalu berlebihan.

Berangkat dari yang paling terimbas akan ‘harga membumi’-nya yakni dari lini dapur pacu. Yap, Samsung A04 ini hanya dibekali chipset Mediatek MT6765 Helio P35 delapan inti (Octa-core) dengan rangkaian Cortex-A53 2.3 GHz (x4) dan 1.8 GHz (x4).

Meski diimbangi opsi RAM hingga 4 GB (ada juga varian 3 GB), tentu performa yang dihasilkannya akan begitu minim. Dan untuk pilihan storage-nya, Samsung juga memberikan opsi 32 GB dan 64 GB.

Sedangkan untuk lini GPU, Samsung membekali perangkatnya ini dengan PowerVR GE8320. Tentu pilihan ini amat begitu khas dengan perangkat-perangkat dukungan ‘Mediatek’.

Lanjut ke bagian display, layar PLS LCS masih menjadi pilihan utama, dengan dukungan resolusi layar hingga 720p. Ini pun hanya berbahan Glass dan tanpa adanya tambahan durabilitas apapun.

Beranjak ke sektor kamera, Samsung A04 memiliki tiga macam: kamera utama dengan resolusi 50 MP (f/1.8, lensa wide, Auto Focus); kamera ‘gimmick’ untuk depth beresolusi 2MP (f/2.4); serta kamera selfie dengan notch tear drop 5 MP (f/2.2).

Menggunakan kamera tersebut, Vicigers dapat mengambil foto serta video 1080p hingga 30 FPS.

Dan dengan kapasitas 5000 mAh, kalian tidak perlu takut akan kehabisan batrei ketika sedang membuat konten. Cukup deh untuk smartphone entry!

Baca juga: Samsung A51: Harga dan Spesifikasi 2023

Nah itulah tadi pembahasan mengenai Samsung A04. Nantikan pembahasan mengenai perangkat Samsung lainnya, hanya di VCGamers News ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!