Cara Melakukan Reset PS4 ke Setelan Pabrik

Reset PS4

Melakukan reset PS4 kembali ke setelan pabrik merupakan proses yang cukup mudah. Biasanya reset ke setelan pabrik dilakukan sebagai upaya terakhir untuk memastikan sistem tetap berjalan dengan baik. 

Namun, sebelum kamu mereset PS4 ke setelan pabrik terlebih dahulu harus mencadangkan semua data penyimpanan.

Sebab, reset ke setelan pabrik akan menghapus semua data yang kamu miliki dari sistem. Jika kamu tidak mencadangkan data penyimpanan, akan membuat kamu harus memulai game dari awal.

Untuk mencadangkan data, kamu bisa menggunakan cloud, namun itu mengharuskan kamu untuk memiliki akun PlayStation Plus, yang akan memberi ruang penyimpanan sebesar 100GB. 

Namun, jika kamu bukan member PlayStation Plus, kamu bisa menggunakan flash drive untuk menyalin penyimpanan.

Ada dua cara untuk mereset PS4 ke setelan pabrik, yaitu dari dasbor konsol atau dalam Safe Mode jika konsol kamu mengalami masalah boot-up. 

Tenang, kita akan membahas keduanya disini. Berikut ini adalah petunjuk untuk melakukan reset ke setelan pabrik di PS4.

Baca juga: Cara Menggunakan Discord di PS4 Tanpa PC

Reset Melalui Dasbor PlayStation 4

Reset PS4
Initialize PS4. Sumber: Youtube

Terdapat sejumlah langkah yang harus dilakukan untuk reset PS4 yang kamu punya.

  1. Mulai dengan membuka menu setting, lalu klik opsi untuk Account Management.
  2. Selanjutnya, buka Activate as Your Primary PS4. Jika PS4 kamu sudah mengaktifkan ini, maka kamu perlu untuk klik Deactivate.
  3. Lalu, masuk kembali ke akun dan kembali ke settings untuk langkah terakhir.
  4. Scroll ke bawah pada menu settings, sampai menemukan Initialization lalu klik. Setelah itu, kamu akan ditampilkan beberapa opsi lagi. Lalu klik Restore Default Settings, yang akan menghapus data settings yang tersimpan dan mengembalikan PS4 ke setelan pabriknya, tetapi tidak akan menghapus hard drive kamu. Opsi lainnya, kamu bisa mengklik Initialize PS4, yang akan menghapus data hard drive kamu, termasuk game yang telah didownload, data game yang disimpan. Ini akan mengembalikan PS4 kamu ke kondisi baru, seperti pertama kali dibeli.
  5. Proses penghapusan ini biasanya akan memakan waktu beberapa jam.
Baca juga: Beginilah Gameplay Spiderman PS4, Nggak Bakal Bosan!

Reset Melalui Safe Mode

Reset PS4

Jika kamu mengalami masalah dengan system software atau kesalahan lain yang membuat kamu tidak bisa untuk membuka menu settings dan menginstal ulang PS4, maka kamu bisa mengakses Safe Mode untuk melakukan reset PS4.

  1. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah matikan dulu PS4 kamu.
  2. Lalu, tahan tombol power sampai kamu mendengar dua kali bunyi bip. Setelah itu layar akan berubah menjadi hitam.
  3. Setelah, ada tiga cara berbeda untuk mereset ulang PS4 yang tersedia di menu Safe Mode. Pertama di menu Settings, kamu bisa memilih Restore Default Settings untuk mengatur ulang semua yang ada di PS4 ke original software settings, namu cara ini akan tetap menyimpan data yang kamu miliki. Kemudian, pilih Initialize PS4 target=”_blank”>. Cara ini akan menghapus hard drive dan mengembalikan PS4 ke setelan pabrik, namun tetap mempertahankan system softwarenya.
  4. Setelah itu, Initialize PS4 (Reinstall System Software), yang merupakan reset ke setelan pabrik yang lebih lengkap, sehingga nantinya kamu harus menginstal ulang sistem operasi PS4.
  5. Jika tidak mengalami masalah pada software, maka pilih Initialize PS4. Karena ini akan mengembalikan setelan hard drive dan software ke default pabrik, tetapi akan membiarkan system software tetap utuh.
Baca juga: Cara Buat Akun Nintendo Switch, Cocok Bagi Pemula

Jangan lupa, Top Up Game dan Produk Digital termurah, tercepat dan aman hanya di VCGamers Marketplace

Buat kamu yang ingin mendapatkan berita terupdate tentang game, gadget, dan teknologi bisa pantengin terus VCGamers News.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!