Rekomendasi Game Pendidikan Anak-Anak di Android

Game pendidikan anak-anak

Bermain game sering dicap sebagai hal yang buruk. Padahal game juga bisa memberi edukasi karena ada game pendidikan anak-anak.

Berdasarkan sebuah jurnal penelitian yang diposting pada laman jamanetwork, dari sebanyak 2.200 anak-anak yang bermain game lebih dari 21 jam perminggu berhasil menunjukkan hasil positif untuk perilaku impulsif dan mudah mengingat sesuatu.

Para peneliti menemukan bahwa para gamers cilik ini memiliki lebih banyak aktivitas di bagian otak yang berhubungan dengan fokus dan ingatan daripada mereka yang tidak bermain game.

Untuk kamu yang sedang mencari game pendidikan anak-anak untuk saudara, teman, atau keluarga bisa menyimak rekomendasi di bawah ini ya!

Baca juga: 6 Game Anak yang Bagus untuk Perkembangannya

Rekomendasi Game Pendidikan Anak-Anak di Android

Memberikan edukasi dalam bentuk game kepada anak-anak tidak selalu buruk. Mereka bahkan akan lebih tertarik lagi untuk belajar sesuatu karena dinilai tidak membosankan.

Berikut ini adalah rangkuman rekomendasi game pendidikan untuk anak yang bisa kamu dapatkan di Play Store.

Aplikasi Belajar TK dan PAUD

Aplikasi Belajar Terlengkap TK Paud
Mode game Basic dan Peta. Source: PlayStore

Rekomendasi game pendidikan anak-anak yang pertama adalah Aplikasi Belajar TK dan PAUD. Game buatan Solite Kids ini telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna dengan ulasan yang baik.

Terdapat dua mode bermain dalam game ini, yaitu Mode Basic dan Mode Peta. Materi yang diajarkan juga sesuai dengan anak-anak usia dini yang sedang menempuh pendidikan di TK atau PAUD.

Materi pembelajaran tersebut antara lain penjumlahan, pengurangan, huruf alfabet, angka, mengenal warna, mengenal nama benda dan masih banyak lagi.

Marbel Sains SD 4-5

Game permainan anak Marbel Sains
Materi pembelajaran di Marbel Sains. Source: PlayStore

Ilmu pengetahuan alam adalah salah satu pengetahuan yang perlu diketahui oleh anak-anak agar mereka lebih mengerti kondisi alam disekitarnya.

Game edukasi yang satu ini hadir untuk memberikan informasi tentang sains secara menyenangkan pada anak-anak sekolah dasar di kelas 4 dan 5.

Materi yang akan diajarkan adalah sistem tata surya, anatomi tubuh manusia, gunung berapi, dan ombak. Dengan simulasi 3D dan gambar asli, anak-anak akan mudah memahami materi yang disampaikan.

Nighty Night – Bedtime Story

Game pendidikan anak - Nighty Night - Bedtime Story
Domba yang tertidur setelah lampu mati. Source: Nighty Night – Bedtime Story

Ingin belajar bahasa Inggris sambil menemani anak menuju tidurnya? Nighty Night – Bedtime Story adalah jawabannya. Gameplay nya cukup sederhana, kamu hanya perlu mematikan seluruh lampu dari berbagai hewan untuk menidurkan mereka.

Hewan-hewan tersebut adalah anjing, ikan, bebek, ayam, sapi, babi, dan domba. Dengan visual kartun yang lucu dan musik yang santai, dijamin anak-anak juga akan tidur dengan nyenyak.

Baca juga: 7 Rekomendasi Game Paling Sopan, Ramah Anak Dan Seru

Animals Puzzle – Kids Memory

Game pendidikan anak - Animal Puzzle Kids Memory
Animals Puzzle – Kids Memories. Source: PlayStore

Animals Puzzle – Kids Memory adalah sebuah matching game dimana pemain harus mencocokkan potongan gambar dengan binatang yang seharusnya.

Game ini sangat cocok untuk dimainkan semua anak-anak termasuk balita untuk melatih bagian logika dalam otak untuk mengingat dan mencocokkan benda. Tentunya, dengan cara yang menghibur dan menarik.

Animal Puzzle sendiri memiliki tiga mode game berbeda yaitu Classic, Remembering, dan Hidden Game. Dengan konten gratis tanpa iklan dan musik yang bagus akan membuat siapapun yang bermain akan menyukainya.

Tiny Puzzle – Learning Games

Game pendidikan anak Tiny Puzzle - Learning Games
Tiny Puzzle – Learning Games

Rekomendasi game yang terakhir adalah Tiny Puzzle – Learning Games. Game yang satu ini ditujukan untuk balita berusia 2-5 tahun untuk membantu mereka mengembangkan keterampilan asosiasi, motorik dan sensor sentuhan.

Terdapat 16 mode game berbeda dengan dilengkapi 11 bahasa termasuk bahasa Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, aktivitas dalam game ini dirancang oleh para pendidik profesional dengan teknik pedagogis yang diajarkan selama permainan.

Tampilan sederhana, navigasi yang mudah dimengerti, dan penuh warna akan menarik perhatian anak-anak untuk mencoba game yang satu ini.

Nah itulah rekomendasi game pendidikan anak-anak yang bisa kamu coba. Jangan lupa untuk menemani mereka belajar bersama agar lebih cepat memahami materinya ya!

Baca juga: Game Anime Klasik yang Membentuk Sebuah Generasi

Jangan lupa, Top Up Game Murah dan Cepat hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!