Format dan Jadwal Lengkap Piala Presiden MLBB 2022

rrq hoshi vs evos legends

Piala Presiden 2022 memiliki cabang esports dan salah satunya adalah Mobile Legends: Bang Bang atau MLBB. Pertandingan kualifikasi Regional Timur dan Barat sudah selesai dan terdapat empat tim yang berhasil masuk Main Event melalui kualifikasi regional.

Selain empat tim tersebut, terdapat dua slot terbuka bagi kualifikasi terbuka atau Open Qualifier. Terakhir, terdapat enam slot terbuka bagi kualifikasi tertutup atau Closed Qualifier.

Kali ini VCGamers akan membahas tentang jadwal lengkap dan rekap dari kualifikasi menuju Main Event. Bagi kamu penggiat esports Mobile Legends, yuk simak pembahasan jadwal dan format Piala Presiden MLBB 2022 di bawah ini!

Baca Juga: Cara Mendapatkan Lawan War yang Mudah Di Mobile Legends

Jadwal dan Format Main Event Piala Presiden MLBB

Piala Presiden MLBB Jadwal
Jadwal Piala Presiden Mobile Legends. Sumber: Piala Presiden

Berdasarkan jadwal yang telah tersedia melalui website resmi Piala Presiden, Main Event MLBB akan diselenggarakan pada tanggal 9 hingga 13 November 2022.

Dalam selang waktu tersebut, akan ada babak group atau group stage yang membagi 12 tim menjadi dua grup, masing-masing grup berisikan enam tim.

Format babak grup adalah Bo2 atau Best of 2. Jadi, terdapat kesempatan bagi sebuah pertandingan untuk menghasilkan seri.

Sebuah tim akan mendapatkan 3 poin bila memenangkan pertandingan dengan skor 2-0. Bila pertandingan berhasil seri, maka kedua tim akan mendapatkan 1 poin. Jika sebuah tim kalah, maka tidak akan mendapatkan poin.

Hasil dari babak grup akan menentukan siapa yang berhak lolos ke babak playoffs. Tim yang berhasil mendapatkan posisi empat besar setiap grup akan lolos ke babak playoffs.

Format dari playoffs ini mirip dengan turnamen lainnya. Setiap pertandingan adalah bo3 dan grand final adalah bo5.

Playoffs Piala Presiden MLBB 2022 ini menggunakan format eliminasi tunggal yang berarti tidak ada upper dan lower bracket.

Setelah mengetahui jadwal dan format, yuk simak siapa saja tim yang sudah mengisi slot untuk bermain pada laga Main Event Piala Presiden MLBB!

Tim Main Event Piala Presiden MLBB

Piala Presiden MLBB Trophy
Trophy Piala Presiden. Sumber: One Esports

Untuk bermain pada laga Main Event, sebuah tim harus lolos kualifikasi regional, closed qualifier, atau open qualifier.

Saat ini, sudah ada dua slot yang terisi dari kualifikasi East Regional yakni tim CO2Z Esports dan Warehouse 3 AM.

Setelah itu, dua slot dari West Regional juga sudah terisi. Dua tim dari West Regional adalah Bigetron Beta dan Tiger Wong Esports.

Kualifikasi Tertutup atau Closed Qualifier adalah kualifikasi khusus untuk tim yang diundang oleh organizer. Terdapat delapan tim yang diundang dan hanya enam yang bisa maju ke Main Event.

Tim yang berhasil lolos dari Closed Qualifier adalah Alter Ego, Rebellion Zion, Bigetron Alpha, Geek Fam Indonesia, EVOS Legends, dan yang terakhir adalah RRQ Hoshi.

Cara terakhir untuk bermain pada laga Main Event adalah Open Qualifier. Bagi kamu yang penasaran, yuk simak rekap Open Qualifier dan Closed Qualifier di bawah ini!

Baca Juga: 5 Kelebihan Hero Miya Mobile Legends, Terlalu OP!

Recap Open & Closed Qualifier MLBB

Open Qualifier

Piala Presiden MLBB Open Qualifier
Poster Qualifier Piala Presiden. Sumber: Ligagame

Open Qualifier saat ini sedang berlangsung. Mulai dari tanggal 10 Oktober, 2048 tim berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dan berusaha untuk lolos ke Main Event Piala Presiden MLBB 2022.

Final Open Qualifier akan diselenggarakan pada tanggal 24 hingga 25 Oktober. Dari 2048 tim tersebut, hanya ada dua tim yang bisa memiliki slot untuk menuju Main Event.

Baca Juga: Info Lengkap Piala Presiden Esports 2022, Jangan Kelewatan!

Closed Qualifier

Hasil Match RRQ Hoshi
Kemenangan RRQ Hoshi yang Membawa Mereka ke Main Event. Sumber: YouTube/KINCIR Esports

Sama dengan Open Qualifier, Closed Qualifier juga sedang berlangsung. Terdapat delapan tim yang diundang oleh organizer dan semua tim yang diundang adalah tim esports Mobile Legends yang sudah sangat terkenal.

Format dari Open Qualifier ini adalah Single Elimination dan semua match merupakan match Bo3 atau Best of 3.

Bagi enam tip teratas akan dapat slot untuk bermain dalam laga Main Event. Tim yang sudah lolos adalah Alter Ego, Rebellion Zion, Bigetron Alpha, Geek Fam Indonesia, EVOS Legends, dan terakhir baru saja lolos adalah RRQ Hoshi.

Namun, Closed Qualifier belum usai. Masih ada Upper Bracket Final yang berisikan pertandingan antara Rebellion Zion dan Geek Fam Indonesia pada tanggal 16 Oktober 2022.

Setelah itu, terdapat juga Lower Bracket Quarter Final yang berisikan pertandingan antara Alter Ego vs EVOS Legends dan Bigetron Alpha vs RRQ Hoshi pada tanggal yang sama yakni 16 Oktober 2022.

Demikian pembahasan mengenai jadwal dan format lengkap Piala Presiden MLBB 2022.

Untuk keperluan top up Mobile Legends, yuk kunjungi VC Market by VCGamers! Banyak promo dan harga yang lebih murah lho!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

Komentar

  1. Ezequiel

    Hey There. I found your blog using msn. This is a really well written article.
    I will be sure to bookmark it and return to read more of your useful information. Thanks for the
    post. I’ll definitely comeback.