PES 2022, Game Sepak Bola yang Berubah Jadi eFootball!

PES 2022

Siapa yang tidak mengenali game PES 2022? Game ini adalah game sejuta umat di seluruh rental PlayStation. Kamu pasti akan menjumpai game ini di layar televisi setiap kali menyambangi rental PlayStation dengan para pemainnya.

PES 2022 sendiri adalah game simulasi sepak bola yang dikembangkan PES Productions dan dirilis oleh Konami Digital Entertainment. PES sendiri adalah game sepak bola yang sudah memiliki banyak seri untuk dimainkan.

Game PES bisa dimainkan di banyak platform, mulai dari Seri PlayStation, Xbox One, Microsoft Windows, iOS, bahkan bisa juga dimainkan dengan Android.

Nama PES Diubah Menjadi eFootball

eFootball 2022
Situs resmi eFootball 2022.

Nama eFootball resmi diperkenalkan sebagai rebrand dari nama PES sejak tanggal 15 September 2020. Tentu saja pengubahan nama ini memiliki alasan dan tujuannya tersendiri.

Menurut Lennart Bobzien selaku Brand Manager dari PES Eropa, pengubahan nama itu disahkan karena pihak Konami ingin lebih fokus ke ranah e-sport. Keputusan itu juga sebagai manifestasi dari pemenuhan keinginan pasar game yang ada di tahun depan.

Pengubahan nama ini juga menjadi tindakan komitmen dari Konami untuk terus mengembangkan misi dan visinya di dunia e-sport. Ditambah juga dengan keinginan Konami untuk menggaet banyak fans dan peminat dari Eropa.

Selain itu, mereka juga akan semakin meningkatkan fitur Online seiring pengubahan nama ini berlangsung. Konami ingin menghadirkan konten-konten berbayar agar para pemain bisa merasakan akses premium yang tidak dapat dicoba dengan versi gratisnya saja.

Baca juga: Trik Main PES 2023 yang Wajib Kamu Tahu, Auto Jadi Pro!

Tentang PES 2022

Review PES 2022
Gameplay PES 2022.

PES 2022 akan tetap menjadi nama yang lebih sering disebut oleh para penggemarnya. Pasalnya nama ini sudah menemai pemain PES sejak awal meskipun nama tersebut resmi diganti menjadi eFootball.

PES 2022 akan muncul dengan nama eFootball 2023 jika kamu mencarinya di kolom “search” Play Store atau App Store. Game tersebut sudah mencetak lebih dari 100 juta pemain di versi Androidnya.

Spesifikasi HP untuk Bermain PES 2022

Kamu bisa merasakan menjadi manager sekaligus pemain di klub-klub Eropa terkenal melalui game ini tanpa harus memiliki spek HP yang tinggi.

PES 2022 atau eFootball 2022 bisa kamu mainkan dengan Android yang memiliki RAM 2GB dan penyimpanan internalnya tersedia sebanyak 2GB. Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa Android kamu sudah versi Android 7.0 ke atas.

Untuk iOS, disarankan untuk menggunakan iPhone 6S ke atas. Kalau kamu pengguna iPad, maka game PES 2022 masih bisa beroperasi di iPad 5, iPad Air 2, iPad Mini 4, iPad Pro dan iPad Touch.

Bagaimana jika kamu lebih menyukai bermain PES 2022 melalui PC? Jangan khawatir, spesifikasi berikut ini sudah bisa kamu andalkan untuk bermain eFootball 2022.

Spek Minimun Bermain PES 2022 di PC

  • RAM: 8GB.
  • Ruang Penyimpanan: 50GB.
  • Sistem Operasi: Windows 10 atau 64 bit.
  • Kartu Grafis: GeForce GTX 660 Ti atau bisa juga Radeon HF 7790.
  • Prosesor: AMD FX-4350 atau Intel Core i5-2300.

Setelah memastikan perangkat kamu kompatibel untuk memainkan game ini dan kamu sudah mengunduhnya, sekarang saatnya untuk kamu mengetahui fitur-fitur yang ada di dalam game-nya.

Baca juga: Cara Bermain FIFA Online, Lakukan Trik Ini!

Fitur Kontrol di Game PES 2022

Terdapat beberapa kontrol atau perintah di dalam game Pro Evolution Soccer yang harus kamu kuasai. Menguasai tombol-tombol kontrol atau perintah tersebut akan membantumu untuk mendominasi permainan.

Sharp Touch

eFootball Pass Control
Kontrol Pass di PES 2022.

Fitur ini memungkinkan kamu untuk mampu melewati lawan dengan tenang. Seperti yang kamu tahu, melewati atau melakukan dribble pada lawan punya dua macam, yaitu dribble pelan dan dribble cepat.

Sharp Touch ini bagus untuk kamu manfaatkan di saat kamu sedang melewati lawan dalam ritme lambat. Caranya mudah, cukup arahkan atau gulirkan tombol gerak pemain ke arah yang kamu mau sambil menekan tombol “Dash”.

Stunning Bait atau Umpan Memukau

Stunning Bait eFootball
Stunning Bait PES 2022.

Kamu juga bisa mengatur cara dalam mengoper bola ke rekan. Ada berbagai macam jenis operan atau umpanan. Ada umpan rendah, umpan lambung, umpan terobos dan juga umpan silang di saat Corner Kick.

Stunning Shot atau Tembakan Memukau

eFootball Shot Control
PES 2022 Shot Control.

Jenis shooting atau tembakan bola ini sangat ampuh untuk mendapatkan skor pertama kamu di dalam game. Kuncinya adalah dengan mendapatkan ruang tembak yang lebar dan pengendalian tombol analog dengan tempo yang sesuai bersama tombol “Shoot”.

Shield atau Tameng

Defense eFootball
Defense PES 2022.

Fitur atau kontrol ini adalah tahap di mana kamu kehilangan bola dan harus bertahan menggunakan satu pemain. Caranya cukup mudah, kamu harus melakukan double tap di analog bagian kiri layar dengan menekan tombol “Dash” secara bersamaan.

Baca juga: Beli Game FIFA 23 Dengan Harga Diskon, Cek Di Sini!

Itulah beragam kontrol dasar dalam bermain game eFootball. Kontrol tersebut akan sedikit terasa susah jika kamu adalah pemain yang lebih suka stick controller. Namun, jika dibarengi dengan latihan yang giat, kamu akan bisa mengendalikannya secara cepat!

Demikianlah pembahasan tentang game Pro Evolution Soccer 2022. Nikmati belanja kebutuhan game murah dan cepat di VCGamers Marketplace untuk memenuhi kebutuhan game favoritmu!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!