Bagaimana Perkembangan Scene CS Pro di Indonesia 2023?

Perkembangan CS di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi besar untuk pertumbuhan ekosistem esports. Negara Asia Tenggara ini memiliki populasi yang sangat besar dan juga sedang mengembangkan teknologinya dengan sangat cepat. Faktor-faktor tersebut membuat skena esports Indonesia berkembang lebih cepat dibandingkan negara lain yang tidak memiliki kemewahan tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana dunia CSGO profesional akan berkembang di Indonesia pada tahun 2023.

Tim dan Pemain Terampil

Pemain dan tim profesional dari Indonesia sangat penting untuk perkembangan industri CSGO di tanah air. Untungnya, kami memiliki banyak pemain yang berhasil di skena CSGO internasional dari Indonesia.

Pemain profesional CSGO Indonesia yang paling sukses adalah Hansel “BnTeT Ferdinand dan Kevin” xccurate “Susanto. Kedua pemain ini sangat penting di dunia CSGO Indonesia, karena mereka adalah pemain pertama yang telah lolos ke Major CSGO.

BnTeT dan xccurate dulu memakai jersey TYLOO, sebuah organisasi esports Tiongkok. Bersama TYLOO, jagoan Indonesia kita bisa lolos dan masuk ke dua Major CSGO: Major IEM Katowice 2019 dan Major FACEIT London 2018.

Berkualifikasi ke Major CSGO berarti kedua pemain ini memiliki stiker mereka di dalam game, mengabadikannya nama-nama mereka selamanya di CSGO. Sayangnya, mereka tersingkir di awal kedua Major, tetapi mereka masih memainkan peran penting dalam memotivasi semua bintang Indonesia yang sedang naik daun.

Perkembangan CS di Indonesia
Stiker BnTeT di CSGO

Sedih sekali, tetapi xccurate kini sudah pensiun. Namun BnTeT masih mengejar karir CSGO profesionalnya di bawah Team NKT, sebuah organisasi esports asal Thailand. Ia tetap menyalakan obor bagi pemain Indonesia lainnya yang ingin mengikuti jejaknya dan berkompetisi di skena internasional di CSGO.

Selain BnTeT, pemain terampil lainnya juga mewakili negara di turnamen Internasional. Pada tanggal 15 hingga 17 Juli 2023 telah diselenggarakan IESF Asia Championship 2023. IESF Asia Championship adalah turnamen CSGO internasional yang diadakan di Riyadh, Arab Saudi, di mana Tim Indonesia bisa finis di posisi ketiga, sebuah hasil yang sangat terhormat.

Sebagian besar pemain Tim Indonesia ini juga berkompetisi secara internasional di bawah Tim NEXGA, dan bisa menemukan kesuksesan yang layak di dunia CSGO di Asia.

Turnamen Berkembang

Indonesia bukan hanya rumah bagi individu-individu terampil, tetapi juga tempat yang fantastis untuk mengadakan turnamen internasional. Di masa lalu, banyak pertandingan dan turnamen CSGO yang relevan yang menampilkan pemain kelas dunia telah terjadi di tanah Indonesia.

Tahun lalu, IESF World Esports Championships bermitra dengan Indonesia untuk menyelenggarakan turnamen mereka di Kuta Selatan, Bali. Dua acara diadakan, satu untuk peserta laki-laki, dan satu untuk peserta perempuan, memberdayakan dan menunjukkan dukungan untuk calon pemain CSGO perempuan. Isyarat ini menunjukkan bahwa perempuan juga memiliki tempat di esports.

Perkembangan CS di Indonesia
IESF World Esports Championships di Bali

Kedua acara ini memiliki kumpulan hadiah gabungan sebesar 150.000 USD dan menampilkan peserta dari seluruh dunia, termasuk negara-negara Asia, Eropa, dan Afrika. Timnas Indonesia juga hadir untuk turnamen tersebut sebagai negara tuan rumah, dan divisi perempuan menempati posisi ketiga dengan membawa pulang 10.000 USD.

Selain turnamen seperti IESF World Esports Championships, banyak turnamen skala kecil diselenggarakan di Indonesia. Turnamen yang lebih kecil ini memiliki tujuan penting: mendukung bakat amatir dan talenta yang sedang berkembang. Meskipun hadiah yang disediakan untuk turnamen-turnamen ini kecil, pertandingan CSGO yang bisa Anda lihat di sini (https://tips.gg/csgo/matches/) dalam turnamen-turnamen ini memainkan peran penting dalam memotivasi para pemain “rising star” untuk melanjutkan perjalanan mereka di dunia esports. Hal-hal seperti ini sangat sehat bagi ekosistem esports dan akan menguntungkan skena CSGO Indonesia dalam jangka panjang.

Jenis turnamen ini bisa kamu temukan di warnet, bahkan terkadang di mal. Sebagian besar turnamen ini sangat mudah untuk didaftarkan dan terkadang mengharuskan Anda untuk membayar biaya registrasi yang kecil. Anda tidak harus menjadi pemain terhebat untuk mengikuti turnamen ini. Tetap saja, Anda akan menerima pengalaman esports yang tak bisa terlupakan karena Anda dapat menempatkan diri pada posisi pemain profesional.

Keterlibatan Penggemar

Seperti esports dan olahraga tradisional lainnya, kita bisa berbangga bahwa fans Indonesia selalu mendukung rekan senegaranya. BnTeT dan xccurate selalu mendapat dukungan yang sangat besar dari orang Indonesia sepanjang karir mereka, dan ribuan penggemar Indonesia sangat bangga dengan keduanya ketika mereka lolos ke Major pertama. Penggemar CSGO Indonesia sangat senang melihat perwakilan dari negara tersebut bersaing dengan tim internasional terbaik di panggung besar.

Fans juga akan mengikuti turnamen CSGO yang diadakan di Indonesia, termasuk IESF World Esports Championships yang telah disebutkan sebelumnya. Dalam turnamen IESF World Esports Championship, penonton dipadati oleh fans Indonesia yang bersemangat yang akan menyemangati para pemain meski tim perwakilan mereka tidak bertanding. Tentu saja suporter Indonesia akan memberikan dukungan maksimal saat timnas tampil, dan tidak ada bias negatif terhadap peserta lainnya.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, timnas Indonesia juga mengikuti IESF Asia Championship 2023, turnamen yang digelar di Riyadh. Turnamen yang diadakan di Riyadh berarti pertandingan dimainkan di zona waktu yang tidak nyaman bagi penonton Indonesia. Terlepas dari keterbatasan waktu, ribuan suporter Indonesia begadang untuk menonton pertandingan timnas dan mendukung mereka.

 

Tidak hanya pemain CSGO Indonesia tingkat tertinggi yang mendapat dukungan terus-menerus, tetapi penggemar Indonesia juga secara aktif mendukung turnamen lokal yang lebih kecil untuk melihat pemain muda yang sedang naik daun dan mencari bakat potensial. Memiliki penonton saat bermain di turnamen kecil ini membuat para pemain amatir merasa spesial dan pasti akan memotivasi mereka untuk terus maju.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, skena CSGO Indonesia masih memiliki potensi untuk terus berkembang, terutama dengan perilisan CS2 yang akan dirilis akhir tahun ini. Kekayaan informasi dan konten analitik yang disediakan dalam artikel ini berhutang budi pada upaya rajin dari platform esports Tips.gg. Indonesia memiliki pemain CSGO yang bersaing dengan pemain terbaik di dunia dan masih bisa mencari pemain muda yang berpotensial. Indonesia juga merupakan tempat yang sangat baik untuk mengadakan turnamen esports berskala besar dengan penggemar yang bersemangat siap untuk menonton. Terakhir, kami bangga bahwa Indonesia memiliki penggemar yang sangat bersemangat yang siap mendukung tidak hanya pemain profesional Indonesia tetapi juga “rising star” yang sedang naik daun.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!