Perbedaan RAM DDR4 dan DDR5, Kamu Wajib Tahu!

RAM DDR5 DAN RAM DDR4

Apakah kamu masih kebingungan dengan perbedaan antara RAM DDR5 dan RAM DDR4? Jika iya, maka kamu wajib menyimak artikel ini sampai tuntas!

Dalam suatu perangkat komputer atau laptop diperlukan sebuah hardware atau perangkat keras yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk program-program atau aplikasi yang sedang berjalan dalam waktu yang bersamaan.

Perangkat tersebut sudah biasa dikenal dengan sebutan RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memory.

Jika kamu sudah familiar dengan perangkat keras tersebut, pasti sudah tidak asing dengan istilah DDR pada RAM. DDR merupakan sebuah proses dimana bus komputer mentransfer instruksi data 2x dalam satu siklus Clock dimana bus tersebut terletak didalam RAM.

Fakta menariknya DDR memiliki kode 1,2 sampai dengan 5 yang menandakan jenis generasi dari RAM itu sendiri. Berikut adalah perbedaan antara RAM DDR4 dan DDR5 yang perlu kamu ketahui!

Baca juga: Cara Screenshot dengan Mudah di Komputer atau Laptop

Kecepatan Transfer

RAM XPG Caster DDR5
Kecepatan Transfer RAM XPG Caster DDR5. Source: Adata.com

Perbedaan mendasar dari RAM DDR5 dan RAM DDR4 yang paling jelas terlihat yaitu dari kecepatan transfernya, RAM DDR 5 atau generasi 5 terbaru sudah pasti memiliki kecepatan transfer yang lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya.

Pada RAM DDR 5 diawali dengan kecepatan transfer 4800MT/detik sedangkan RAM DDR 4 memiliki kecepatan transfer maksimum pada 3200MT/detik. Ini berarti RAM DDR 5 dapat mentransfer data hingga 38,4 gigabyte per detik (GB/s).

Sementara RAM DDR 4 mencapai kecepatan tertinggi 25,6 GB/s. Secara keseluruhan, Kecepatan RAM DDR5 dapat 50% lebih cepat dibandingkan kecepatan data maksimum dari RAM DDR4.

Baca juga: 5 HP Samsung dengan RAM Besar Murah 1 Jutaan 2024

Kapasitas Memori

Perbedaan selanjutnya terletak pada kapasitas memori, untuk RAM DDR4 kapasitas memori maksimalnya dalam satu keping yaitu 32 GB. Sedangkan RAM DDR5 memiliki kapasitas memori maksimal yang jauh lebih besar dibandingkan dengan RAM DDR4. Kapasitas memori maksimal pada RAM DDR5 mencapai 128 GB dalam satu keping.

Per modulnya, RAM DDR5 dapat mencapai kapasitas 512GB. Akan tetapi, sebagian besar prosesor dan motherboard belum banyak yang mendukung sampai kapasitas 512GB. Saat ini, memori RAM DDR5 baru banyak disupport pada kapasitas 128GB yang dapat dibagi menjadi dua (dual channel) hingga empat modul DIMM.

Kompabilitas

Kompabilitas
RAM DDR4 vs RAM DDR5. Source: Luceriocomputacion.com

Untuk segi kompabilitas RAM DDR5 yang masih tergolong baru, memiliki kompabilitas yang masih rendah. Jika dibandingkan dengan RAM DDR4 yang kompatibel dengan prosesor yang generasinya tidak terlalu tinggi, untuk menggunakan RAM DDR5 kamu memerlukan prosessor minimal Intel Core dengan generasi 12 keatas. Atau menggunakan prosesor AMD RYZEN 7000 series yang memiliki harga yang fantastis.

Lalu untuk menggunakan RAM DDR5 diperlukan juga Motherboard yang sudah mendukung pengoperasian memori DDR5.

Jika saat ini kamu menggunakan RAM DDR4 dan ingin upgrade menjadi RAM DDR4, ada 2 part atau hardware yang kemungkinan perlu kamu ganti yaitu prosessor dan motherboard. Oleh karena itu RAM DDR4 memiliki kompabilitas yang lebih besar dibandingkan dengan RAM DDR5.

Baca juga: Game PC Offline Ringan Terbaik 2024, Bisa Dimainkan di Laptop

Voltase

Komponen pada RAM DDR5
Komponen pada RAM DDR5. Source: Kingston.com

Dari perbedaan Voltase, RAM DDR5 dinilai memiliki voltase yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan RAM DDR4 pada mode normalnya. RAM DDR5 dalam pengoperasian normalnya memiliki voltase sebesar 1.1 Volt sedangan RAM DDR4 memiliki voltase sebesar 1.2 Volt.

Karena RAM DDR5 memiliki kinerja yang lebih besar atau lebih cepat dibandingkan dengan RAM DDR4, Voltase mode normal yang sedikit lebih rendah dapat membuat kamu lebih hemat energi namun dapat merasakan performa yang lebih besar atau kencang saat menggunakan RAM DDR5 dibandingkan dengan RAM DDR4.

Pada Laptop dengan RAM DDR5 dengan voltase yang sedikit lebih rendah pada mode normal juga akan membantu dalam menghemat baterai menjadi tidak cepat habis.

Selain itu pada RAM DDR5 memiliki modul PMIC atau Power Management Integrate Circuits on-board yang dapat membantu mengatur distribusi daya yang dibutuhkan oleh masing masing komponen RAM jadi lebih baik

Desain Bentuk RAM

Tampilan RAM XPG Lancer DDR5
Tampilan RAM XPG Lancer DDR5. Source: Adata.com

Setiap generasinya, RAM memiliki desain yang berbeda beda mulai dari tata letak DRAM, Key Notch, Struktur PCB, dll. Pada RAM DDR5 letak DRAM berbeda dengan RAM DDR4 dan jumlah struktur bank RAM DDR5 meningkat sebanyak 16 bank menjadi 32 bank atau dua kalinya dari RAM DDR4.

Untuk Key Notch pada RAM DDR5 sekarang posisinya berubah menjadi lebih tengah dibandingkan dengan RAM DDR4.

Perubahan tata letak key notch merupakan hal yang wajib dilakukan pada setiap generasi RAM. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menghindari kesalahan memasang RAM dengan DDR atau generasi yang tidak kompatibel pada Motherboard.

RAM DDR5 biasanya lebih tebal daripada RAM DDR4. Itu disebabkan karena adanya perubahan dalam struktur PCB dan pemasangan chip memori yang lebih padat.

Dan adanya chip yang mendukung fitur lain seperti PMIC, RCD, Temperature Sensor serta tambahan Heatsink tebal untuk mendinginkan RAM DDR5 yang memiliki kinerja tinggi.

Baca juga: Rekomendasi Laptop 4K untuk Semua Kebutuhanmu

Itulah perbedaan dari RAM DDR5 dan RAM DDR4 yang perlu kamu ketahui, jadi Vicigers lebih pilih RAM dengan DDR berapa nih?

Jangan lupa untuk top up game dengan harga termurah hanya di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

[wpforms id="61130"]