Panduan Laning, Creep dan Turret di Map ML

Pandung Laning MAP ML

Pada update Patch Note 1.8.20 pada 18 September 2023 lalu, Moonton menghadirkan pembaruan pada interface hingga map ML.

Dalam update terbaru ini, Mobile Legends memberikan panduan terhadap mapnya untuk memudahkan para pemula untuk memahami game.

Apa saja yang perlu kamu ketahui dari map Mobile Legends? Ayo simak selengkapnya dalam artikel yang ada di bawah ini ya!

Baca juga: 5 Hero Mobile Legends yang Bisa Pindah Tempat, Gank dan Reap!

Panduan Map MLBB 2023

Setelah beberapa kali melakukan update game, pada Patch Note 1.8.20 ini akhirnya Moonton memberikan panduan tentang Laning, Creep, dan Turret yang ada di dalam map mereka.

Kita akan memberikan informasi mengenai hal tersebut hingga hero dengan role apa saja yang cocok untuk berada di lane tersebut.

Laning Hero di MAP ML

Map ML - Lane MLBB
Lane di Mobile Legends. Source: Mobile Legends

Map Mobile Legend memiliki tiga jalur atau lane yang terdiri dari gold lane, exp lane dan mid lane. Dari tiga jalur tersebut terdapat lima role untuk masing-masing hero.

Kita akan membahas masing-masih lane tersebut.

Gold Lane

Map ML - Hero Marksman Miya
Hero Marksman Miya. Source: Mobile Legends

Lane yang satu ini sangat direkomendasikan sebagai tempat farming untuk hero Marksman yang mengandalkan Equipment.

Walaupun lemah pada awal permainan, Marksman bisa memanfaatkan Gold tambahan yang didapatkan dari Minion Siege untuk mempercepat pembelian Equipment. Lokasi Gold Lane berada di sisi lane yang jauh dari lokasi Turtle pertama muncul.

Roam

Map ML - Hero Tank Franco
Hero Tank Franco. Source: Mobile Legends

Role selanjutnya adalah Roam. Hero yang biasanya berperan sebagai Roamer adalah Support atau Tank. Hero Roam umumnya unggul dalam memulai Team Fight dan mereka tidak perlu bergantung pada Equipment.

Roamer sangat cocok untuk melindungi hero satu tim yang berperan sebagai Core atau membantu mereka mendapatkan Buff. Sebagai Roamer, kamu disarankan untuk membeli Equipment Roam.

Jungle

Map ML - Hero Assassin Aamon
Hero Assassin Aamon. Source: Mpbile Legends

Role selanjutnya di dalam game ini yaitu Jungle, hero yang memainkan role ini disebut sebagai Jungler. Hero yang sangat cocok digunakan sebagai Jungler adalah Assassin.

Dikenal sebagai hero dengan Damage tertinggi, Assassin sangat direkomendasikan untuk melakukan farming di area Jungle. Walaupun memiliki Burst dan mobilitas yang tinggi, hero Assassin sangat lemah di lane.

Oleh karena itu, mereka harus melakukan farming saat awal permainan dimulai sambil mencari kesempatan untuk mengeliminasi lawan yang terlihat sedang sendirian.

Kamu akan memerlukan battle spell Retribution untuk membeli Jungling Footwear dan mendapatkan bonus dari mengeliminasi Creep.

Mid Lane

Map ML - Hero Mage Cecillion
Hero Mage Cecillion. Source: Mobile Legends

Role keempat yang ada di map ML adalah Mid Lane. Hero yang direkomendasikan sebagai Mid Laner adalah Mage. Mereka sangat baik dalam membersihkan lane dan bisa membantu lane lain apabila dibutuhkan.

Kamu bisa mencoba untuk melakukan farming pada awal game dengan aman dan mulai melakukan Roam setelah mencapai level yang diperlukan.

EXP Lane

 Hero Fighter Yin
Hero Fighter Yin. Source: Mobile Legends

Role yang terakhir adalah EXP Lane. Jika Gold Lane berada jauh dari tempat munculnya Turtle pertama, maka EXP Lane adalah kebalikannya. Lane yang satu ini terletak didekat Turtle pertama.

Hero yang direkomendasi kan untuk menjadi EXP Laner adalah Fighter dan Tank. Tidak seperti Marksman yang lebih mengandalkan Equipment, Fighter lebih mengandalkan level.

Dengan pergi ke EXP Lane, levelmu akan meningkat lebih cepat. Selain itu, kamu juga dapat bergabung dalam pertarungan memperebutkan Turtle pertama.

Creep

creep mobile legends
Creep

Terdapat sembilan jenis Creep yang harus kamu ketahui di map ML. Creep tersebut berlokasi dibeberapa tempat dengan hadiah eliminasi yang berbeda.

Creep dibagi menjadi tiga kategori, yaitu Common Creep, Elite Creep, dan Legend Creep. Berikut adalah daftar lengkapnya:

  • Common Creep: Horned Lizard, Fire Beetle, Lava Golem, Lithowanderer, dan Scavenger Crab
  • Elite Creep: Thunder Fenrir dan Molten Fiend
  • Legend Creep: Elemental Lord dan Dragon Turtle
Baca juga: 5 Hero Mobile Legends dengan Ultimate Paling Mematikan

Turret

Turret
Turret di Mobile Legends. Source: Mobile Legends

Setiap lane yang ada di Mobile Legend memiliki tiga buah turret. Untuk bisa memenangkan pertandingan kamu harus menghancurkan turet-turet tersebut.

Turret akan menembakkan serangan dengan jumlah damage yang berbeda kepada pemain. Karena itu, kamu harus menunggu Minion untuk maju terlebih dahulu kedalam base agar turret tidak menyerangmu.

Turret pertama yang akan kamu temui disebut Outer Turret. Turret yang satu ini akan mengeluarkan serangan setiap 1 detik dengan efek 320 True Damage.

Map ML - Outer Turret
Outer Turret. Source: Mobile Legends

Kamu juga akan mendapatkan damage sebesar 75% yang meningkat terus menerus hingga 20 Stack apabila terus berada didalam turret tanpa Minion.

Jika tidak ada Minion lawan disekitarnya, Outer Turret akan memperoleh Damage Reduction sebesar 50%. Turret ini akan memiliki pelindung energi pada 5 menit pertama awal pertandingan.

Yang kedua adalah Inner Turret. Sama seperti Outer Turret, dia juga memberikan serangan setiap satu detik namun dengan True Damage yang lebih tinggi sebesar 360.

Map ML - Inner Turret

Apabila Outer Turret berhasil dihancurkan oleh lawan hanya dalam 8 menit pertama, Inner Turret akan memperoleh 50% Damage Reduction selama 1 menit.

Turret yang ketiga adalah Base Turret. Sesuai dengan namanya, turret ini adalah yang terakhir sebelum kamu bisa mencapai Base musuh.

 Base Turret
Base Turret di Mobile Legends. Source: Mobile Legends

Seperti kedua turret sebelumnya, Base Turret juga memberikan serangan sebanyak 560 True Damage setiap 1 detik. Dia juga akan mendapatkan efek Holy Defense apabila Inner Turret bisa dihancurkan oleh lawan dalam waktu 12 menit.

Holy Defense adalah efek yang akan memberikan Damage setara dengan 80% Max HP target pada gelombang minion lawan selanjutnya yang masuk kedalam jangkauan serangannya. Efek ini akan bertahan selama 12 menit.

Selain hal yang telah disebutkan diatas, kamu juga perlu mengetahui 3 fitur menarik dalam game ini yang juga akan membantumu dalam pertarungan.

  • Magic Sentry – Apabila terdapat satu hero tim dalam area ini, Magic Sentry akan aktif dan memberikan penerangan pada area Jungle didekatnya selama 6 detik dan mengungkap keberadaan musuh walaupun mereka berada di semak-semak.
  • Bush – Saat kamu memasuki semak-semak, efek Bush akan membuat kamu tidak terlihat dan tidak bisa dideteksi oleh lawan. Kamu baru akan terlihat apabila melancarkan sebuah serangan pada mereka.
  • Cyclone Eye – Saat kamu melewatinya, Cyclone Eye akan membawamu meluncur kedepan setelah berada ditempat selama 1.2 detik. Terdapat total 4 buah Cyclone Eye didalam Battlefield.

Nah, itulah artikel tentang semua yang harus kamu ketahui dari map ML. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk lebih mudah memahaminya, ya!

Baca juga: Yuk Beli Weekly Diamond Pass ML di VCGamers Marketplace!

Jangan lupa, Top Up Diamond Mobile Legends murah dan cepat hanya di VCGamers Marketplace ya! Kamu juga bisa membeli item, skin hingga jasa joki dengan harga yang murah lho.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!