Mengenal Kelas Diablo 4, Mana Yang Terbaik?

Diablo 4

Diablo 4 memiliki total 5 kelas. Kelima kelas tersebut yaitu Barbarian, Necromancer, Sorcerer, Rogue dan Druid.

Masing-masing kelas memiliki keunikan yang berbeda. Sehingga, cara bermain atau gameplay-nya pun berbeda.

Dalam artikel ini, kamu akan diajak mengenal kelas yang ada dalam game Diablo 4. Manakah yang terbaik? Yuk simak jawabannya!

Baca juga: Game Diablo 4: Story dan Gameplay

Panduan Kelas Untuk Diablo 4

Setiap kelas dalam game ini memiliki mekanik dan skill tree berbeda yang dilengkapi dengan berbagai variasi mantra. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah panduan untuk kelas Diablo 4:

Barbarian

Kelas Diablo 4 - Barbarian
Barbarian. Source: IGN/Youtube

Barbarian cocok untuk para pemain yang ingin memberikan damage besar dengan serangan jarak dekat.

Kelas ini lebih berorientasi pada Physical Damage dibandingkan kelas lainnya dalam game. Mereka juga dikenal lebih lugas saat mengeluarkan serangan maupun bertahan.

Karena mekanik kelas mereka yang unik yaitu Arsenal System, Barbarian dapat menyimpan dan mengganti sekitar 4 senjata sekaligus dalam satu waktu.

Seperti pada seri game sebelumnya, para Barbarian memiliki kemampuan untuk mengalahkan sekelompok musuh dengan baik.

Di sisi lain, kelas ini memiliki kelemahan berupa cooldown skill yang relatif lama sehingga kamu perlu merencanakan penggunaan skill dengan baik.

Necromancer

Kelas Diablo 4 - Necromancer
Necromancer. Source: IGN/Youtube

Kelas selanjutnya adalah Necromancer yang bisa membangkitkan mayat untuk membantu mereka di arena pertarungan.

Sama seperti Barbarian, Necromancer juga memiliki variasi persenjataan yang cukup banyak seperti pedang, belati dan sabit.

Mekanik unik dari kelas ini disebut dengan Book of the Dead. Mereka bisa lebih menyesuaikan Skeleton Warrior, Skeleton Mage, dan Golem yang dipanggil.

Misalnya, kamu bisa membuat Skeleton Warriors berubah menjadi Skirmishers yang dapat memberikan damage lebih tinggi namun memiliki HP rendah.

Sebaliknya, kamu juga bisa menjadikan mereka sebagai Defender yang memberikan damage lebih kecil tapi bisa diandalkan sebagai tank.

Sorcerer

Kelas Diablo 4 - Sorcerer
Sorcerer. Source: IGN/Youtube

Sorcerer adalah kelas yang memiliki tingkat HP rendah namun bisa memberikan elemental damage yang luar biasa dengan menggunakan mantra Api, Dingin, dan Petir.

Mekanik unik yang digunakan oleh para Sorcerer disebut dengan Enchantment System yang bisa merubah cara kerja dari sebuah skill.

Mereka tetap bisa bertahan dengan baik di pertarungan karena memiliki perisai dan mantra untuk perlindungan diri.

Enchantment System memungkinkan pemain untuk menikmati efek skill walaupun mereka tidak langsung menggunakannya.

Rogue

Kelas Diablo 4 - Rogue
Rogue. Source: IGN/Youtube

Kelas selanjutnya adalah Rogue yang merupakan pembunuh yang mahir mengendap-endap dan bergerak dengan cepat.

Mereka bisa mengubah posisi agar bisa lebih unggul dalam pertarungan atau mundur jika dirasa keadaan semakin genting.

Tidak seperti Barbarian, mereka bisa bertukar antara senjata jarak dekat dan jarak jauh seperti pedang dan panah.

Mekanik unik yang dimiliki oleh kelas ini adalah Talent Specializations yang terbagi menjadi Combo Points, Inner Sight, dan Preparations.

Rogue tidak memiliki HP yang tinggi, tapi mereka memiliki mekanik yang lebih unggul untuk menghindar sekaligus meminimalkan damage yang diberikan oleh lawan.

Druid

Kelas Diablo 4 - Druid
Druid. Source: IGN/Youtube

Kelas yang terakhir di Diablo IV adalah Druid yang memiliki kemampuan untuk bertransformasi dari bentuk manusia menjadi seekor Werebear dan Werewolf.

Dibandingkan dengan Druid di Diablo II, kelas ini sekarang bisa bertransformasi secara instan dengan memakai skill beast-themed mereka.

Druid juga ahli dalam menggunakan sihir, dimana mereka memiliki spesialisasi dalam menggunakan mantra Earth dan Storm untuk melumpuhkan lawan.

Kelas ini memiliki pendamping yang disebut Companions, dimana mereka tidak perlu dipanggil. Mereka akan menyerang secara otomatis untuk melindungi pemain.

Mekanik unik yang dimiliki oleh Druid memiliki ikatan terhadap hal khusus yang harus mereka persembahkan pada hewan roh.

Dengan melakukan hal tersebut, Druid akan mendapatkan bonus pasif berbeda yang tergantung pada tipe roh yang bernama Spirit Boons.

Baca juga: Diablo 4 Larang Penggunaan MOD, Nekat Bakal Kena Ban!

Kelas Terbaik di Diablo 4

Kelas terbaik Diablo 4
Kelas terbaik Diablo 4. Source: Fextralife/Youtube

Beberapa kelas yang ada di Diablo 4 memiliki peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan yang ada di versi sebelumnya. Berikut adalah urutan terbaik kelas Diablo 4:

  1. Rogue
  2. Necromancer
  3. Druid
  4. Sorcerer
  5. Barbarian

Rogue dianggap sebagai kelas terbaik karena memiliki banyak build bagus yang dikombinasikan dengan mekanik yang unik sehingga kelas ini memiliki cara bermain yang lebih variatif.

Kelas ini didesain dengan sangat baik sehingga mereka bisa menyesuaikan diri dengan beberapa item namun tetap menjaga fleksibilitasnya dalam setiap season.

Sebagai seorang Rogue, kamu memiliki pergerakan yang luas dengan keterampilan bertarung dari jarak dekat maupun jarak jauh yang bagus.

Rogue memang memiliki HP yang tipis, namun dengan berlatih untuk menguasai kelas ini, kamu bisa menjadi tidak terkalahkan..

Secara umum, setiap kelas yang ada di Diablo 4 memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga pemain harus menyesuaikan diri untuk menemukan kelas mana yang paling cocok.

Baca juga: Diablo 4 Larang Penggunaan MOD, Nekat Bakal Kena Ban!

Nah, itulah uraian singkat tentang kelas yang ada dalam game Diablo 4. Dari kelima kelas diatas, mana yang merupakan favoritmu?

Untuk kamu yang mencari tempat top up game kesayangan dengan harga murah dan proses yang cepat, yuk ke VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!