Mengenal Chat GPT dan 9 AI Populer 2024 Lainnya

Artificial Intelligence

Chat GPT tengah menjadi perbincangan hangat selama beberapa tahun terakhir. Bersamaan dengan merebaknya popularitas Chat GPT, muncul beragam pilihan Artificial Intelligence (AI) lain yang menawarkan kelebihannya masing-masing.

AI telah membantu banyak orang untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih mudah, cepat, dan hemat tenaga. Kecerdasan buatan tersebut menawarkan kemampuan canggih sesuai bidangnya. 

Ada yang berguna untuk menerjemahkan teks, membuat teks, mendesain karakter, dan masih banyak lainnya.

Chat GPT adalah satu dari sekian banyak AI yang popularitasnya melejit sejak tahun 2023-2024 ini.

Nah, pada artikel kali ini kami akan merekomendasikan beberapa produk kecerdasan buatan yang mungkin bisa meringan pekerjaan sehari-harimu. 

Baca juga: Spesifikasi Realme Narzo 70 Series, Worth It untuk Dibeli?

10 Artificial Intelligence Populer 2024

Artificial Intelligence
Artificial Intelligence. Sumber: YouTube The School of Life

Pada artikel ini kami akan mengulas 10 AI terpopuler yang mungkin bisa kamu coba untuk membantu meringankan pekerjaan sehari-hari. Ingat, meringankan ya. Artinya, bukan untuk kamu gunakan sepenuhnya.

Karena, bisa saja konten atau karya yang dibuat menggunakan AI memiliki kekeliruan. Sehingga, tetap membutuhkan sentuhan manusia.

Untuk informasi lebih lanjut, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Google Gemini/Bard

Google Gemini
Google Gemini. Sumber: Official Site

Google Bard atau yang kini berubah nama menjadi Gemini AI adalah kecerdasan buatan berupa chatbot yang dikembangkan oleh Google AI.

Gemini adalah versi terbaru dari Google Bard yang diklaim oleh developernya lebih cerdas dan lebih aman. 

Fungsi Gemini AI sama dengan Chat GPT, keduanya adalah chatbot yang bisa menjawab pertanyaan pengguna. Sayangnya popularitas Gemini AI masih kalah dari Chat GPT. 

Meskipun kalah dari segi jumlah pengguna Gemini AI jauh lebih unggul dalam menyajikan informasi.

Beberapa kali penulis mencoba untuk mengajukan pertanyaan yang sama ke Chat GPT dan Gemini AI. Namun, keduanya menyajikan aktualitas dan faktualitas data yang berbeda. 

Gemini AI mempunyai akses internet secara langsung dan real-time. Itu sebabnya Gemini AI mampu menyajikan informasi dengan lebih baik, meskipun ada topik-topik tertentu yang belum terjangkau juga.

Kemudian dari sisi aksesibilitas Gemini AI jauh lebih sederhana. Selama browser kamu terhubung dengan email, maka sekali klik dari mesin pencarian kamu bisa langsung masuk Gemini AI. 

Gemini AI jelas jarang gagal menyajikan informasi yang relevan dengan pertanyaan pengguna. Meskipun begitu, kamu tidak bisa mempercayainya seratus persen apalagi untuk mengerjakan makalah kuliah. 

Jadikan Gemini AI sebagai partner diskusimu atau sarana brainstorming saja. Nah, dari informasi yang diberikan oleh Gemini AI kamu perlu mengadaptasinya menjadi teks yang lebih “Dosen Friendly”. 

Chat GPT

Chat GPT
Chat GPT. Sumber: DeepBrain AI

Secara konsep Chat GPT adalah chatbot yang sama dengan Gemini AI, kecerdasan buatan ini justru lahir lebih dulu. 

Akan tetapi, Chat GPT tidak terhubung dengan internet secara langsung. Sehingga tidak bisa menyajikan informasi aktual sebaik Gemini AI. 

Database Chat GPT terbatas hanya sampai tahun 2021 saja. Hal itu menyebabkan pertanyaan yang berkaitan dengan kejadian-kejadian terbaru belum bisa dijawab dengan baik oleh Chat GPT. 

Sebagai contoh kemarin saya menanyakan seputar Update Patch Mobile Legends terbaru kepada kedua chatbot tersebut. Hasilnya Gemini AI jauh lebih tau mengenai informasi bahkan hingga menjangkau detail pembaruan dalam game. 

Sedangkan Chat GPT hanya menjawab Update Patch Mobile Legends secara definitif. Tidak seperti Gemini AI yang menjawab detail patch Mobile Legends terbaru 1.8.78. 

Dari kemampuan kedua chatbot ini saya memposisikan Chat GPT di posisi kedua setelah Gemini AI. Chat GPT tetap masih berguna apalagi jika kamu ingin mencari data-data terdahulu dengan instan. 

Kesimpulan akhir kamu tidak bisa mempercayai sepenuhnya apa yang disampaikan chatbot apalagi jika menyangkut dengan tugas-tugas sekolah.

Baca juga: 7 Game Android Visual Grafis Pixel Terbaik 2024

Quillbot

Quillbot kecerdasan buatan populer selain Chat GPT
Quillbot. Sumber: Official Site

Quillbot pada dasarnya adalah alat parafrase yang menggunakan tenaga AI. Kecerdasan buatan ini punya fitur untuk mengoreksi frasa, tata bahasa, sinonim, dana menerjemahkan bahasa. 

AI ini membantu penggunannya untuk mengekspresikan maksudnya dengan kosa kata yang cepat. 

Untuk memparafrase paragraf dalam bahasa Inggris, kamu bisa memilih gaya bahasa yang sesuai dengan kebutuhan.

Quillbot bisa mengganti paragraf tertentu dalam bahasa Inggris menjadi lebih formal, kasual, simple, dan banyak pilihan lainnya. Sayangnya untuk fitur parafrase bahasa Indonesia tidak terdapat gaya bahasa semacam itu. 

Jika dibandingkan dengan Google Translate, Quillbot AI jelas menang jauh. Apalagi kecerdasan buatan ini juga dilengkapi dengan fitur pemeriksa plagiarisme. 

Sayangnya fitur lengkap yang disebutkan tadi hanya bisa kamu akses ketika berlangganan aplikasi premium. Kamu hanya bisa menerjemahkan atau memparafrase kata dalam jumlah yang terbatas. 

Untuk akses akun premium kamu bisa memanfaatkan email pelajar yang diberikan sekolah atau kampus tempatmu belajar. 

Otter AI 

AI Populer selain Chat GPT
Otter AI. Sumber: elegantthemes.com

Otter Ai adalah aplikasi yang bisa mentranskripsi suara menjadi teks. AI ini sangat berguna untuk mahasiswa atau pelajar dalam mencatat materi pembelajaran.

Alat yang berbasis kecerdasan buatan ini dapat menangkap suara dan mengubahnya menjadi teks dengan kecepatan 160 kata/menit.

Otter AI sangat menarik untuk digunakan di kelas, baik online maupun offline. Kamu bisa menghubungkan aplikasi ini dengan Teams, Zoom, atau Google Meet  untuk membantumu membuat notulensi acara.

Otter AI mempunyai sensitivitas tinggi terhadap suara. Itu sebabnya kecerdasan buatan ini lebih cocok untuk digunakan pada saat pembelajaran online. 

Sebab jika kamu menggunakannya secara offline di kelas maupun saat belajar kelompok. Otter AI tidak bisa menyaring percakapan tidak penting diluar topik utama. 

Hasil transkripsi yang kamu dapat dari Otter AI juga masih harus kamu rapikan ulang untuk hasil yang maksimal. 

Baca juga: Update Black Desert: Ada Fitur Life Skill Baru 

Character AI 

Logo Character AI
Sumber: Official Site

Character AI adalah chatbot berbasis web yang inovatif. Menggunakan kecerdasan buatan ini memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan karakter fiksi atau tokoh publik. 

Character AI berusaha memberikan penggunaannya pengalaman interakasi yang natural. Karakter yang kamu pilih nantinya akan merespon pertanyaan atau permintaan sesuai kepribadian mereka. 

Bisa dibilang Character Ai sangat canggih tetapi masih ada banyak hal yang mesti diperbaiki oleh pengembang.

Sejauh ini Character AI belum bisa memahami konteks dan bahasa manusia dengan baik. Sehingga pada momen tertentu bot Character AI merespon percakapan dengan jawaban di luar konteks.

Kekurangan tersebut disebabkan bot yang ada di Character AI tidak punya empati dan pemahaman akan emosi manusia.

Secara konsep Character AI ingin menjadi pesain Gemini dan Chat GPT dengan cara penyajian yang berbeda. Hanya saja bot milik mereka belum mampu menyajikan informasi yang aktual untuk pengguna.

Civitai

Civitai kecerdasan buatan populer 2024 selain Chat GPT
Civitai. Sumber: AVIEW.in

Civitai adalah kecerdasan buatan canggih yang berguna untuk menciptakan gambar. Alat ini memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai jenis karya seni menggunakan mesin pencarinya. 

Selain itu pengguna juga dapat membuat karya seni dari awal, mengedit, dan membagikannya di platform lain. Alat ini sangat bermanfaat terutama untuk kamu yang bergelut dalam bidang seni.

Alat ini bisa kamu akses secara gratis untuk membuat karya seni dan mengkomersialkan karya seni tersebut. Kamu hanya perlu membuat akun baru untuk bisa mengakses kecerdasan buatan ini.  

Civitai memungkinkan kamu untuk membuat berbagai jenis konten menggunakan model AI seperti gambar, video, musik, dan teks.

Sebagai platform yang relatif baru Civitai sampai hari ini masih dalam tahap pengembangan. Sehingga ada beberapa fitur Civiai yang belum tersedia. 

Vidiyo.ai 

Vidiyo.ai
Vidyo.ai. Sumber: Youtube

Kecerdasan buatan ini sangat berguna untuk kamu konten kreator You Tube, Tik Tok, atau pegiat Shopee Affiliate yang membutuhkan alat edit video short cepat. 

Vidiyo.ai adalah platform edit video berbasis kecerdasan buatan yang dirancang untuk mendukung bisnis, kreator konten, dan podcaster. AI ini sangat membantumu untuk membuat highlight video panjang kedalam beberapa video yang lebih pendek. 

Kamu tidak perlu repot-repot untuk memotong video satu persatu menggunakan aplikasi edit video seperti VN atau CapCut.

Selain itu jika kamu ingin mengunggah video short kedalam bentuk vertikal. AI ini dapat mengubah video Horizontal secara langsung dengan kualitas yang sangat baik. 

Vidiyo.ai juga dapat menambahkan teks ke dalam video secara otomatis, menyesuaikan template video dengan platform media sosial, dan masih banyak lainnya. 

Sayangnya platform ini belum mendukung semua bahasa sehingga tidak bisa kamu gunakan untuk membuat caption otomatis.

Vidiyo.ai juga menawarkan akses terbatas jika kamu menggunakan paket gratis. Untuk mengakses fitur lengkap kamu harus membeli paket berlangganan. 

Baca juga: Rekomendasi Settingan Sensitivitas FF Auto Headshot 2024

Pictory.ai

Pictory.ai
Pictory.ai. Sumber: Official Site

Kalau kamu adalah kreator video yang tidak percaya di depan kamera, kamu bisa menggunakan AI ini untuk membuat konten. 

Pictory.ai bisa mengkonversikan naskah secara otomatis ke dalam bentuk video. Video yang ditampilkan untuk menjelaskan naskah juga menggunakan cuplikan gambar, video, dan musik yang bebas hak cipta.

Kecerdasan buatan ini akan memproses teks yang kamu tulis kedalam video yang terbagi kedalam beberapa segmen. Kamu juga bisa mengubah voice over video menggunakan suara sendiri atau suara robot. 

Tapi jika kamu konten kreator sangat disarankan untuk menggunakan suara sendiri untuk mencegah Youtube mendeteksi video sebagai konten berulang.

Meski sangat membantu Pictory.ai tak lepas dari keterbatasan juga. Pengguna yang terbiasa untuk mengedit video sendiri mungkin akan merasa video yang dibuat kurang kreatif. 

Selain itu Pictory.ai juga kurang akurat dalam menyesuaikan gambar atau video dengan teks yang dibuat. 

Janitor.ai 

Janitor.ai 
Janitor.ai. Sumber: YouTube AmanBytes

Janitor.ai adalah chatbot canggih yang memungkinkan penggunaannya untuk berinteraksi secara langsung dengan pengguna lain. Selain itu AI ini juga menyediakan berbagai pilihan karakter fiksi yang bisa diajak berbicara. 

Kecerdasan buatan ini menjanjikan pengalaman unik bagi pengguna untuk berinteraksi dengan berbagai karakter fiksi maupun non-fiksi. Kalau hanya berinteraksi dengan karakter AI kamu bisa mengakses platform ini secara gratis. 

Sayangnya aplikasi ini tidak aman untuk digunakan oleh pengguna yang belum cukup umur. Ada banyak konten dewasa yang bisa diakses lewat kecerdasan buatan ini. 

Disamping itu jika mengakses Janitor.ai secara gratis, fitur yang dapat kamu gunakan terbatas. 

Midjourney 

Midjourney
Midjourney. Sumber: YouTube Scott Detweiler

Kecerdasan buatan yang terakhir adalah AI yang bisa kamu manfaatkan untuk menginterpretasikan teks kedalam bentuk gambar atau video. Hasil gambar atau video yang dihasilkan oleh Midjoueney bisa dibilang sangat kreatif dan realistis.

Kecerdasan buatan ini sangat membantu pengguna yang tidak mempunyai kemampuan menggambar baik.

Midjourney dapat menghasilkan gambar atau video dengan gaya artistik yang sesuai dengan keinginan kamu. 

Meskipun tampak canggih platform ini mempunyai beberapa kekurangan. Setelah versi beta berakhir kamu harus mengeluarkan biaya berlangganan untuk mengakses platform ini. 

Baca juga: Samsung Galaxy A73 5G: Spesifikasi dan Harga di Tahun 2024

Demikian ulasan singkat mengenai Chat GPT dan kecerdasan buatan lain yang mungkin dapat memudahkan kamu dalam bekerja. Gunakan AI dengan bijaksana untuk memaksimal pekerjaan atau tugas-tugas akademik, jangan bergantung sepenuhnya pada AI.

Jangan lupa, Top Up Game dan produk digital murah dan cepat di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!