Master di Dota 2: Strategi Sukses Gamer Pro

dota 2

Jika kamu merasa terlambat untuk bermain Dota 2, kamu melakukan kesalahan besar. Lagipula ini adalah game MOBA, mekanismenya mudah dipelajari dan selalu ada hero baru yang bisa dipilih sehingga kamu tidak akan bosan atau merasa stagnan.

Komunitas yang dinamis dan pembaruan yang sering dilakukan memastikan pengalaman baru di setiap pertandingan, menjaga gameplay tetap menarik dan menantang baik bagi pemain baru maupun veteran. Sekarang, mungkin kamu belum menjadi seorang profesional, tetapi kami dapat menjanjikan satu hal kepada kamu, kamu akan menjadi lebih baik, dan jika kamu mendedikasikan waktu untuk mendapatkan pengalaman, kamu pasti bisa menjadi PRO.

Pentingnya Update

Seperti halnya game online lainnya, selalu ada pembaruan, patch, dan perbaikan terbaru. Dalam kasus Dota 2, hal ini terjadi secara teratur setiap musim dan patch kecil mungkin terjadi pada pertengahan musim. Valve biasanya merilis satu atau dua patch besar setiap tahunnya, yang masing-masing mengubah narasi game.

Patch ini tidak hanya menghadirkan hero dan item baru tetapi juga dapat menghadirkan rework dari yang sudah ada. Namun, Valve saat ini sedang tidak seperti biasanya dan tampaknya mereka mengambil pendekatan yang berbeda. Mereka lebih sering melakukan patch kecil yang berfokus pada keseimbangan permainan dengan mengatasi meta build dan hero.

Jadi, kamu diharapkan selalu membaca patch terbaru, atau sekadar menonton video dari YouTuber ahli Dota 2 yang dapat menjelaskan berbagai hal tentang perubahan tersebut dan bagaimana pengaruhnya terhadap permainan dengan menyebutkan strategi mana yang harus diambil oleh hero.

Fokus Pada Satu Role

Pastikan untuk meluruskan prioritas kamu saat memilih posisi sesuai dengan apa yang ingin kamu mainkan. Total ada lima posisi yang dapat kamu pilih:

Carry: Di role ini pemain diharapkan fokus pada farming monster untuk mendapatkan emas dan level. Carry akan menjadi bagian yang sangat penting di late game. Mereka biasanya bermain di “safe lane” yang berfokus pada farming untuk mendapatkan emas dan experience, dengan tujuan menjadi kuat di tahap akhir permainan.

Midlaner: Sesuai dengan namanya, pemain ini akan ditempatkan di mid-lane. Peran utama mereka adalah memenangkan jalur ini dan mendukung jalur lain dengan gank.

Offlaner: Sering ditemukan di offlane, pemain ini bertugas mengganggu jalur aman carry musuh, seringkali dengan menjadi tank atau memiliki mekanisme escape. Mereka dapat ditemukan di seluruh peta, baik di jalur atas maupun bawah.

Soft Support/Roamer: Di role ini, pemain membantu dan mendukung sekutunya, biasanya carry atau offlaner. Kita dapat melihat role seperti ini, membantu mengatur gank, mengamankan rune, dan memberikan penglihatan pada ward.

Hard Support: Pemain ini memiliki role yang mirip dengan soft support/roamer, namun lebih fokus pada hal-hal seperti mengontrol vision dengan ward, harass offlaner musuh, dan memastikan carry dapat farming dengan aman.

Mungkin saat kamu membaca penjelasan masing-masing role, mungkin terdengar sulit, tetapi dengan merasakannya, kamu selalu dapat merasa percaya diri saat memainkannya. Untuk pemula, selalu gunakan support, hero yang mudah dipelajari dan selalu pasang perlengkapan yang sama.

Selalu Lihat Mini-Map

Pertama-tama, minimap adalah versi kecil dari peta medan perang yang menunjukkan jalur, kamp, ​​tower, dan hal-hal lainnya. Meskipun mungkin perlu waktu untuk terbiasa menontonnya, setelah kamu terbiasa, kamu akan menjadi lebih baik dalam permainan ini!

Selain itu, mengenali musuh menjadi lebih mudah dari sebelumnya, dan memantau apa yang sedang dilakukan rekan satu tim kamu tidak pernah semudah ini. Misalnya saja, kamu atau rekan satu timmu bisa memanfaatkan peta dengan melakukan ping ke peta sehingga kamu bisa melihat sesuatu dan bereaksi dengan cepat, terutama saat melakukan ganking terhadap seseorang!

Selalu Positif dengan Diri Sendiri dan Orang Lain

Jujur saja, game online bisa jadi sangat toxic. Itu adalah sesuatu yang tidak dapat dihentikan meskipun Valve melakukan segala yang mereka bisa untuk menghentikannya. Sebagai seorang pemula, kamu cenderung membuat lebih banyak kesalahan dibandingkan orang lain, dan orang-orang mungkin akan menyalahkan kamu. Jangan mengambil hati pendapat mereka, ini adalah permainan dan kamu seorang pemula!

Di sisi lain, ketika kondisi kamu membaik, kamu bisa dengan mudah kehilangan kesabaran di tengah panasnya pertempuran, dan mengatakan sesuatu yang buruk kepada orang lain. Ingat, segala sesuatu mempunyai konsekuensi. Tenang, pelajari permainan dengan tempo kamu, dan kamu akan menjadi lebih baik terlepas dari apa yang dipikirkan orang lain. Meskipun kamu tidak cepat sembuh, ingatlah untuk bersenang-senang. Pada akhirnya, ini tentang bersenang-senang, bukan menghina orang lain dengan kata-kata kasar.

Pelajari Meta

Setiap patch mempunyai ceritanya tersendiri, dan biasanya paling berpengaruh pada hero. Cara singkatnya adalah dengan memeriksa beberapa hero dan build terbaik, dan menonton beberapa video di mana kamu bisa mendapatkan wawasan tentang strategi dan hero. Setelah itu, mainkan beberapa permainan dengan informasi baru yang kamu peroleh, dan coba gabungkan pengetahuan baru yang kamu terima.

Baca juga: Cara Merekam Permainan Dota 2 dengan Kontrol Sederhana

Improvement Berkelanjutan

Tetapkan pola pikir kamu untuk improvement berkelanjutan. Baik melalui latihan terus-menerus, pemutaran ulang analitis dari pemain terbaik dalam game, atau mencocokkan teknik gamer profesional yang menghabiskan lebih dari 10 jam bermain game setiap hari, dedikasilah yang menghasilkan skill upgrade terbaik.

Fokus pada Strategi Jangka Panjang

Bersiaplah untuk beberapa pemikiran strategis dan prioritaskan fokus pada tujuan yang kamu tetapkan sebelumnya. Meskipun mengamankan total kill dapat memberikan kepuasan sementara, memprioritaskan tujuan seperti tower push dan kontrol peta akan menghasilkan manfaat yang lebih bertahan lama. Perlu diingat bahwa hero kamu dapat menggunakan potensi penuhnya untuk waktu yang terbatas.

Tonton the Best of The Best – Turnamen eSports Kompetitif

Cara terbaik untuk mempelajari cara bermain game seperti seorang PRO adalah belajar dari para pemain yang bermain di turnamen terbesar. Turnamen-turnamen ini menampilkan strategi tingkat atas, kerja tim, dan keterampilan individu yang dapat menginspirasi dan mendidik para pemain masa depan. Dengan mengamati pengambilan keputusan, penentuan posisi, dan pelaksanaan pemain profesional, seseorang dapat memperoleh wawasan berharga tentang nuansa permainan kompetitif.

Salah satu turnamen terbesarnya adalah The International, sebuah turnamen kejuaraan dunia esports tahunan yang diselenggarakan oleh Valve, yang menampilkan tim-tim terbaik dari seluruh dunia yang bersaing untuk memperebutkan salah satu kumpulan hadiah terbesar di bidang esports. Ada juga turnamen regional di mana tim lain bisa terkenal dan lolos ke The International.

Baca juga: Mengenang Army Geniuses, Pionir Tim Dota 2 Asal Indonesia!

Nikmati Permainan Dota 2 Kamu!

Pada akhirnya, tujuan utama setiap video game adalah: bersenang-senang dan bersenang-senang! Jangan terlalu larut dalam kemenangan dan merasa cemas setelah pertandingan, kamu berada di sana untuk bersenang-senang. Cobalah setiap hero atau role, dan mainkan permainan dengan senang hati. Permainan biasanya berlangsung dari 30 menit hingga satu jam, ini adalah pengalaman yang sangat berharga jika kamu sedang bersenang-senang!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!