Sempat Bocor! Ini Informasi Terbaru Sumeru Genshin Impact 2022

Sumeru Genshin Impact

Sumeru Genshin Impact akan menjadi wilayah Archon Quest selanjutnya yang akan dirilis dalam waktu dekat.

Wilayah yang dilindungi oleh Archon dengan elemen Dendro ini akan menjadi wilayah yang dikunjungi oleh pemain untuk melanjutkan perjalanan mencari saudara kita sambil mengelilingi Teyvat.

Negara dengan elemen Dendro ini ditunggu perilisannya karena selain akan mengungkap berbagai rahasia yang ada di Teyvat, Sumeru juga akan mengenalkan elemen baru di Genshin Impact yaitu Dendro.

Karakter yang menggunakan elemen Dendro belum ada sama sekali. Beberapa bocoran karakter Dendro seperti Baizhu dan Yaoyao masih belum jelas kapan dirilis.

Spekulasi elemen ini dirilis diperkirakan akan bersamaan dengan perilisan The Chasm, daerah pertambangan Liyue yang akan dirilis di update 2.6 mendatang.

Beberapa leaker tidak sependapat dengan hal tersebut dan memperkirakan Sumeru dirilis Genshin Impact bersama dengan perilisan elemen Dendro tersebut.

Baca juga : Area The Chasm Genshin Impact Segera Rilis, 4 Hal ini Wajib Kamu Ketahui

Informasi Negara Sumeru Genshin Impact

Beberapa informasi terkait Sumeru Genshin Impact telah disebutkan oleh berbagai sumber seperti komik, karakter, dan NPC di Genshin Impact. Informasi terkait juga didapatkan dari berbagai bocoran oleh leaker.

Kota yang Dilindungi oleh Dendro Archon

Sumeru diperkenalkan Genshin Impact pertama kali di video Youtube Teyvat Chapter Storyline Preview: Travail pada September 2020 lalu.

Video dengan durasi 4 menit itu menceritakan total 7 negara di Teyvat dan negara lain bernama Khaenri’ah yang akan menjadi destinasi pemain Genshin Impact.

Teyvat Chapter Storyline Preview: Travail

Pelindung dari Sumeru adalah Dendro Archon. Hal ini telah dikonfirmasi oleh percakapan dengan Ganyu pada Archon Quest Liyue.

Ganyu mengatakan bahwa Sumeru dilindungi oleh “God of Wisdom” atau Dewa Kebijaksaan dengan elemen dendro.

Dendro Archon merupakan Archon paling muda dimana baru menjadi Archon selama 500 tahun lalu, berkebalikan dengan Geo Archon yaitu Rex Lapis sebagai Archon tertua selama 6000 tahun.

500 tahun yang lalu terjadi bencana alam yang membuat Dendro Archon yang sebelumnya mati. Oleh karena itu, Dendro Archon yang sekarang menggantikannya.

Belum diketahui secara jelas gender dari Dendro Archon meskipun dalam terjemahan bahasa inggris dikatakan perempuan. Pada bahasa Cina sendiri belum dipastikan apakah Dendro Archon akan menjadi laki-laki atau perempuan.

Yae Miko sempat menyebutkan bahwa Sumeru di Genshin Impact dipimpin oleh tuhan dengan gelar “Lesser Lord Kusanali” atau dalam bahasa Indonesia Lesser lord berarti Tuhan dengan perawakan kecil dan Kusanali diambil dari bahasa arab yang berarti bunga atau rerumputan.

Belum diketahui apakah Lesser Lord Kusanali merupakan Dendro Archon atau bukan mengingat banyak sekali Dewa (god atau goddess) yang disebutkan selama cerita di Genshin Impact meskipun bukan Archon.

Banyak pemain yang menduga bahwa Lesser Lord Kusanali berpotensi sebagai Dendro Archon, yang menambahkan Archon yang telah rilis menjadi 4.

Archon sebelumnya yang telah dirilis adalah Venti, Zhongli, dan Raiden Shogun.

Kota Penghasil Peneliti Teyvat

Sumeru Genshin Impact karakter cyno yg muncul di komik
Cyno Karakter Sumeru di Komik Genshin Impact

Sumeru di Genshin Impact terkenal akan sebuah akademi bernama Sumeru Academia dimana dikatakan merupakan sekolah terbaik di seluruh penjuru Teyvat yang menghasilkan lulusan terbaik.

Kamu akan menemui para NPC yang berasal dari Sumetu di semua negara yang sudah terbuka saat ini. NPC dari Sumeru ini merupakan peneliti. Kamu akan mendapatkan beberapa quest dari NPC ini untuk membantu penelitian mereka.

NPC Sayid bisa kamu temukan di dekat Patung Barbatos dan Katedral kota Mondstadt. Sayid akan bercerita sedikit mengenai Sumeru.

Komik resmi Genshin Impact pernah membahas perihal penelitian di Sumeru dan karakter Sumeru pernah muncul bernama Cyno.

Karakter yang bisa kamu mainkan dan merupakan lulusan dari Sumeru Academia adalah Lisa, karakter electro catalyst dari Mondstadt.

Lisa diceritakan merupakan lulusan terbaik dari Sumeru Academia namun lebih memilih pulang ke Mondstadt. Lisa merupakan karakter yang bekerja sebagai pegawai perpustakan Knight of Favonius.

Bocoran Model Kota Sumeru

Sumeru Genshin Impact model 3D kota sumeru
Leak 3D Model Kota Sumeru

Semua negara di Genshin Impact terinspirasi dari berbagai negara nyata di dunia seperti Liyue yang terinspirasi dari Cina atau Inazuma yang terinspirasi dari Jepang.

Hal ini selain mempengaruhi geografi wilayah, juga akan mempengaruhi hal budaya dan pengadaan festival yang biasa menjadi event-event pada update Genshin Impact.

Sumeru dikatakan akan terinspirasi dari negara Timur Tengah. Liben, NPC disalah satu event mengatakan, Sumeru adalah negara dengan wilayah hutan hujan dan padang pasir.

Letak kota Sumeru Genshin Impact akan berdekatan dengan The Chasm, kamu akan melewati The Chasm untuk memasuki wilayah kota Sumeru.

Beberapa bocoran mengenai model 3D kota Sumeru pernah bocor tahun lalu di sosial media. Terdapat 3 bocoran yang diberikan oleh leaker yang dianggap kemungkinan adalah Kota Sumeru (Sumeru City).

Bocoran yang menggambarkan kota seperti dikeliling akar pohon ini sempat diperkirakan palsu karena leak yang membocorkan bukan leak yang terpercaya seperti Paman DD atau Ubatcha.

Namun setelah perilisannya, gambar model 3D tersebut langsung menghilang dan dikabarkan p tiba-tiba tekena copywright sehingga, banyak pemain yang percaya bahwa 3D model tersebut adalah asli dari database Genshin Impact untuk menjadi bagian dari bangunan Kota Sumeru.

Kebodohan Menjadi Sumber Masalah Sumeru

Sumeru Genshin Impact penjelasan Yae Miko
Penjelasan Yae Miko Terkait Masalah Sumeru

Meski terkenal sebagai penghasil penelitian dan peneliti, permasalahan mengenai kebodohan terjadi di Sumeru. Genshin Impact telah memberikan beberapa spoiler seperti penjelasan dari Yae Miko dan Dainsleif mengenai masalah yang telah terjadi di Sumeru.

Yae Miko pernah menjelaskan bahwa ilmu pengetahuan adalah sumber penghasilan utama Sumeru. Tidak diketahui pasti apakah sistem tersebut merupakan hasil dari para sejarawan atau peneliti disana, atau bahkan dari Lesser Lord Kusanali itu sendiri.

Akibat pemberlakuan ilmu pengetahuan sebagai mata pencaharian, Yae Miko mengatakan banyak hal tidak terpuji dilakukan di Sumeru dilakukan oleh masyarakatnya.

Dainsleif dalam salah satu quest Genshin Impact mengatakan Sumeru dan Dewa Kebijaksanaan disana memiliki musuh yaitu kebijaksanaan itu sendiri, dan oasis pengetahuan adalah fatamorgana di gurun ketidaktahuan. Di kota yang banyak peneliti seperti Sumeru banyak kebodohan terjadi, namun Dewa Kebijaksanaan tidak membantahnya.

Video Youtube Teyvat Chapter Storyline Preview: Travail menjelaskan bahwa Sumeru mengalami permasalahan pada melihat ilmu pengetahuan tersebut menjadi sebuah kebohongan karena Dewa dari Sumeru sendiri tidak berlaku apa-apa.

Komik yang dirilis oleh Genshin Impact juga membahas adanya hubungan Fatui dengan Sumeru. Fatui adalah diplomat dari Snezhnaya yang dianggap menjadi peran antagonis untuk game Genshin Impact.

Kaitan Sumeru di Genshin Impact dan Fatui dikabarkan adanya penelitian ilegal mengenai Delusion. Delusion adalah kekuatan buatan di dunia Genshin Impact yang berupaya meniru fungsi dari Vision.

Vision merupakan kekuatan elemen alami dari Dewa yang didapatkan oleh orang-orang yang dipilih. Delusion ini akan mempercepat kematian pemakainya.

Penelitian ilegal ini banyak menggunakan anak-anak di bawah umur. Dari sini dapat kita lihat bahwa Dendro Archon tidak melarang penelitian yang dapat dikategorikan sebagai malpraktik tersebut.

Tanggal Perilisan Sumeru

Genshin Impact telah merilis 3 negara semenjak perilisannya telah merilis 3 negara yaitu Mondstadt, Liyue, dan Inazuma.

Beberapa bagian negara seperti Enkanomiya di Inazuma dan Dragonspine di Mondstadt juga dirilis secara bertahap. Genshin Impact sudah memasuki update 2.4 dan akan melakukan update 2.5 pada pertengahan bulan Februari ini.

Baca juga : Special Program Genshin Impact 2.5 Umumkan Berbagai Hal Menarik

Tanggal perilisan Sumeru masih belum diketahui pasti kapan, namun banyak leak yang mengatakan Sumeru akan dirilis pertengahan tahun 2022. Sumeru yang pasti akan dirilis sebagai update 3.0 untuk Genshin Impact.

Perilisan Sumeru bisa jadi berjarak satu tahun semenjak perilisan Inazuma pada Juli 2021 lalu dan jarak perilisan antara Liyue dan Inazuma juga berjarak satu tahun.

Sumeru akan dirilis oleh Genshin Impact diperkirakan akan pada bulan Agustus 2022 mendatang. Salah satu leaker terkenal di Twitter, Ubatcha, mengatakan perilisan Sumeru mirip dengan Inazuma dimana akan dirilis selama musim panas, versi yang sesuai adalah Pembaruan Genshin Impact 2.9.

Genshin Impact terkenal cukup lama dalam perilisan negara-negara yang ada di Teyvat. Namun biasanya Genshin Impact merilis perluasan area lainnya.

Terdapat 4 area yang dirilis oleh Genshin Impact sebelum Sumeru. Pada Mondstadt telah dirilis Dragonspine dan Golden Apple Archipelago secara terbatas pada waktu tertentu sehingga sudah tidak bisa dikunjungi kembali.

Inazuma telah mendapat 2 area tambahan yaitu pulau Tsurumi dan yang paling baru adalah Enkanomiya.

Liyue akan berkesempatan mendapat perluasan area pada update 2.6 Genshin Impact mendatang dengan menghadirkan area The Chasm, area baru yang berbatasan langsung dengan Sumeru dan merupakan daerah pertambangan terbesar Liyue.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!