Google Hapus Akun Gmail Akhir 2023, Ini Cara Lolos Penghapusan!

google hapus akun gmail

Alamat email sering digunakan untuk banyak keperluan seperti login sosial media, melamar pekerjaan, hingga bermain game. Salah satu yang populer digunakan adalah gmail, namun muncul kabar Google hapus akun gmail akhir tahun 2023 ini.

Sebelum kamu panik, yuk simak penjelasan lebih lengkap dari Google soal kabar penghapusan akun gmail dalam artikel ini.

Baca juga: Rekomendasi Game Google Doodle Populer 2021

Google Akan Hapus Akun Gmail

Google hapus akun gmail 2023
Google akan hapus akun gmail tidak aktif akhir tahun. Source: Google Workspace/Youtube

Pada tanggal 16 Mei 2023, Ruth Kricheli selaku VP Manajemen Produk dari Google mengupdate sebuah artikel di bagian Company News. Singkatnya, Google akan menghapus akun gmail yang sudah tidak aktif selama dua tahun.

Alasan utama Google dibalik kebijakan penghapusan akun ini adalah alasan keamanan data para pengguna yang ada di akun Google mereka.

Akun yang sudah terbengkalai 10x lebih rentan karena mereka cenderung tidak menggunakan verifikasi dua arah daripada akun-akun yang aktif.

Hal ini berarti akun yang tidak aktif lebih rentan untuk di hack dan bisa digunakan untuk berbagai hal negatif seperti pencurian data hingga hal-hal yang tidak diinginkan seperti spam.

Untuk mengurangi resiko, tersebut Google kemudian memperbarui peraturan keaktifan akun mereka yang akan dimulai pada akhir tahun 2023 ini.

Apa saja yang akan hilang nantinya? berdasarkan keterangan yang didapat, Google akan menghapus akun berserta konten didalamnya termasuk yang terkait dengan Google Workspace seperti Gmail, Docs, Drive, Meet, Calendar, dan Google Photos.

Google Workspace
Produk Google. Source: Google Workspace/Youtube

Peraturan tersebut akan diterapkan pada akun Google pribadi dan tidak akan diterapkan pada akun organisasi seperti sekolah dan bisnis.

Sebelum melakukan penghapusan akun, Google akan mengirim beberapa notifikasi pada pengguna selama beberapa bulan kedepan sebelum akhirnya akan dihapus.

Cara Membuat Akun Tetap Aktif

google hapus akun gmail - cara akun agar tetap aktif
Cara membuat akun Google agar tetap aktif. Source: Google Help/Youtube

Bagaimana cara membuat akunmu tetap aktif? Cara paling sederhana adalah melakukan Sign-in ke akunmu setidaknya sekali setiap 2 tahun.

Dengan masuk ke akunmu, Google akan mendeteksi bahwa akun tersebut masuk ke dalam daftar akun yang aktif dan Google tidak akan menghapusnya.

Kamu juga bisa membaca dan mengirim email, menggunakan Google Drive, menonton Youtube, mengunduh aplikasi di Playstore, memakai mesin pencarian Google, atau login di aplikasi ketiga menggunakan akun Google agar akunmu tetap aktif.

Selain itu, jika kamu sedang berlangganan pada surat kabar online atau aplikasi lainnya akunmu juga tidak akan dihapus. Sebagai tambahan, akun dengan video di Youtube juga akan tetap aktif.

Baca juga: 12 Situs Translate Inggris-Indonesia Voice Terbaik Selain Google Translate

Membuat Backup Akun dan Konten di Dalamnya

Fitur mencegah google hapus akun gmail
Fitur inactive account manager. Source: Gmail

Google sendiri menyarankan para penggunanya untuk memakai email cadangan saat melakukan Sign-up. Pastikan email pemulihan yang kamu cantumkan adalah email terbaru yang aktif.

Untuk membantu mengatur akun pengguna dan memberikan pilihan untuk mencadangkan data, Google juga menyediakan berbagai tools gratis untuk kamu gunakan.

Kamu bisa mengunduh dan mengirim datamu ke platform lain dengan menggunakan fitur Takeout yang sudah ada lebih dari satu dekade.

Begitu juga dengan fitur Inactive Account Manager dimana pengguna bisa menentukan apa yang akan terjadi pada akun dan data mereka setelah tidak aktif hingga 18 bulan.

Opsi yang dapat mereka pilih adalah mengirim file tertentu kepada kenalan terpercaya yang bisa mereka pilih sendiri, menggunakan mesin penjawab Gmail otomatis, atau menghapus akun seluruhnya.

Sebelum Google menerapkan kebijakan ini, ada baiknya kamu memulai mempersiapkan semuanya dari sekarang. Kamu bisa membuat email pemulihan dan mentransfer file-file penting ke platform lain.

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan verifikasi dua arah pada akun Google yang sering kamu gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Baca juga: Mengenal Apa itu Game Memori Google

Ikuti terus informasi teknologi dan gadget terbaru hanya di VCGamers News ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!