5 Gelar dalam Desain Video Game, Catat Ini!

Ilustrasi Desain Game

Ketika kamu ingin menjadi desainer game, maka kemungkinan besar kamu harus memiliki gelar yang sesuai. Terdapat 5 gelar dalam desain video game yang bisa kamu ambil untuk mendukung impianmu menjadi desainer game.

Kali ini, VCGamers akan membahas lima gelar yang bisa memberikan ilmu mengenai desain game. Daftar ini dibuat berdasarkan informasi dari website Game Designing yang fokus terhadap edukasi desain game.

Baca Juga: Daftar Perguruan Tinggi Desain Game di North Carolina

Daftar Gelar dalam Desain Video Game

Bachelor of Arts in Interactive Entertainment

BA in Interactive Entertainment
BA in Interactive Entertainment. Sumber: Nicholson School of Communication and Media

Gelar dalam desain video game pertama adalah Bachelor of Arts in Interactive Entertainment. Meskipun tidak terlalu fokus terhadap game, namun kamu bisa menjadi game desainer dengan gelar tersebut.

Program yang kamu dapatkan ketika mengejar gelar BA in Interactive Entertainment bisa mencakup hal yang luas, terutama teknologi dan platform yang engaging.

Terdapat sekolah yang menawarkan gelar tersebut, yakni University of Southern California yang terletak di California.

Salah satu skill yang wajib kamu miliki sebagai desainer game adalah menarik perhatian para pemain dan berinteraksi dengan konsumen.

Selain itu, program gelar tersebut juga akan fokus terhadap kolaborasi dan kerjasama antar tim. Sebagaimana yang kita tahu, menjadi desainer game berarti harus bekerjasama dengan tim, salah satunya adalah tim teknikal dan tim artists.

Baca Juga: 5 Perguruan Tinggi untuk Desain Game di Texas

Bachelor of Science in Computer Science

Gelar dalam Desain Video Game BS in Computer Science
Ilustrasi Koding. Sumber: Unsplash/Kevin Ku

Gelar dalam desain video game selanjutnya adalah Bachelor of Science in Computer Science. BS merupakan gelar yang cukup luas dan hal tersebut bisa menjadi keuntungan bagi orang yang memiliki gelar tersebut.

Keuntungan tersebut bisa berupa konsentrasi terhadap gaming yang memberikanmu pengalaman dan skill berguna ketika bekerja di industri gaming.

Bagi para Bachelor of Science khususnya untuk Computer Science, memiliki skill dan memahami bahasa pemrograman juga bisa menjadi nilai tambahan ketika kamu ingin bekerja di industris gaming.

Salah satu kampus yang menawarkan program gelar Bachelor of Science in Computer Science adalah University of California, Santa Cruz.

Baca Juga: 5 Sekolah Desain Game Online Terbaik

Bachelor of Science in Game Design and Development

Gelar dalam Desain Video Game BS in Game Design and Development
Ilustrasi Desain Game. Sumber: Unsplash/ThisisEngineering RAEng

Dunia pembuatan game pastinya dikelelingi oleh teknologi komputer yang memiliki bahasa pemrograman. Maka dari itu, Bachelor of Science in Game Design and Development akan memiliki fondasi yang cukup kuat dalam masalah komputasi.

Dengan banyaknya posisi desain game, para perusahaan game pastinya akan mencari orang yang memiliki skill komputasi untuk membuat suatu game.

Maka dari itu, skill komputasi sangatlah penting dan krusial ketika ingin bekerja di industri gaming. Gelar desain game khususnya dari Bachelor of Science akan sangat berguna ketika mencari sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan industri gaming.

Kamu bisa mendapatkan gelar tersebut dengan mendaftarkan diri kepada kampus yang memiliki program gelar Bachelor of Science in Game Design and Development, salah satunya adalah Southern New Hampshire University.

Bachelor of Arts in Game Design

Ilustrasi Desain Game
Ilustrasi Desain Game. Sumber: Niagara College Canada

Gelar sebelumnya sudah dibahas mengenai bagaimana bahasa pemrograman bisa sangat membantu dalam mencari pekerjaan di industri gaming. Namun, skill yang dimiliki para Bachelor of Arts in Game Design juga sangat membantu.

Perbedaannya adalah BA in Game Design akan lebih fokus terhadap penulisan, musik, animasi, dan menggambar sebuah desain karakter atau berbagai hal yang ada dalam sebuah game.

Tidak hanya itu, kamu juga akan belajar berbagai aspek dalam desain game seperti psikologi dan ekonomi yang tidak kalah penting dari elemen koding dalam industri gaming.

Salah satu sekolah yang menawarkan program gelar BA in Game Design adalah William Peace University yang terletak di North Carolina dan Niagara College Canada.

Bachelor of Fine Arts in Game Development / Game Design

Pembuatan Desain Game
Pembuatan Desain Game. Sumber: Lawrence Technological University

Untuk gelar Fine Arts di Game Development, kamu akan belajar mengenai berbagai macam aspek seni dalam mengembangkan sebuah game.

Salah satu kampus yang menawarkan gelar tersebut adalah The Savannah College of Art and Design. Kampus tersebut merupakan kampus dengan gelar Fine Arts yang terletak di Savannah, Georgia.

Tidak hanya itu, terdapat juga kursus online yang bisa kamu ambil ketika belajar di The Savannah College of Art and Design.

Selain itu, kamu juga bisa mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa di Lawrence Technological University untuk mendapatkan gelar BFA in Game Design.

Demikian pembahasan mengenai gelar dalam desain video game, semoga bermanfaat!

Penuhi berbagai kebutuhan transaksi in-game dan kebutuhan lainnya hanya di VCGamers Marketplace.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!