Focus Band Pokemon Unite, Cara Ampuh Tambah Defense Pokemon Core

focus band pokemon unite cover 1

Focus Band Pokemon Unite adalah salah satu item defense yang setara dengan Muscle Band dalam hal menambah defense point para pokemon penggunanya.

Sebagai permulaan, Focus Band selalu menjadi primadona trainer yang ingin menyeimbangkan antara kemampuan menyerang dan bertahan pokemon mereka supaya tidak gampang dikalahkan saat terlibat adu mekanik di lane tertentu.

Pasalnya, di Pokemon Unite ini, kamu akan banyak memainkan pokemon dari wujud pertama mereka yang kebanyakan punya status di bawah rata-rata sampai mereka berubah wujud.

Peran Focus Band di sini salah satunya adalah memastikan pokemon penggunanya untuk bertahan menerima berbagai serangan lawan, setidaknya sampai mereka berubah wujud.

Baca juga: Scope Lens Pokemon Unite, Booster Critical Damage Ter-GG

Dalam artikel kali ini, Focus Band akan dikupas secara lebih detail beserta beberapa tips untuk memasangkannya baik dengan Held Item lain maupun pokemon dengan role tertentu.

Lebih Dekat Dengan Focus Band

Rincian Status Dasar

focus band pokemon unite status awal
Status Awal Focus Band

Focus Band Pokemon Unite memiliki kapabilitas untuk menambah baik defense maupun sp. defense pokemon penggunanya. Item ini juga punya efek tambahan yakni recover HP hingga 14% ketika HP pokemon di bawah 20%.

Seperti biasa, Held Item di Pokemon Unite ini harus kamu naikkan dulu levelnya, hingga 30 apabila memungkinkan. Artinya, kamu harus banyak terlibat dalam match dan mengumpulkan poin untuk Item Enhancer.

Sebagai trainer pemula, kamu perlu levelling item ini paling tidak sampai level 7 atau 8 untuk tambahan defense dan HP Recovery yang lebih besar.

Di level tersebut, Focus Band akan memberikan defense point dan sp. defense sebanyak 8 poin. Paling tidak, kamu bisa menikmati perubahan status pokemon yang kamu gunakan dengan tambahan poin tersebut.

Level 10, 20 Dan 30 Focus Band

focus band pokemon unite status setelah naik level
Status Focus Band Level 20

Ketika Focus Band Pokemon Unite kamu naikkan hingga level 10, bonus defense dan sp. defense akan berubah menjadi 10 poin.

Ini akan cocok ketika kamu menggunakan pokemon dalam wujud awal yang kebanyakan punya defense maupun sp. defense yang rendah.

Di level 20, sesuai dengan angkanya, ada tambahan poin defense dan sp. defense masing-masing sebesar 20. Begitu juga ketika kamu naikkan levelnya hingga 30, poin tambahannya juga menjadi +30.

Hal ini terbilang cukup besar dan menguntungkan bagi kamu yang senang bermain sebagai penyerang supaya bisa tahan banting dari serangan lawan maupun Boss Pokemon.

Item ini juga diuntungkan dengan kemampuan healing-nya meski tidak seberapa. Paling tidak, kemampuan healing ini bisa memberi kamu kesempatan untuk mundur dengan aman.

Baca juga: Shell Bell Pokemon Unite, Cocok Untuk Pokemon Sp. Attacker!

Taktik Jitu Pakai Focus Band

Bisa Diduetkan Dengan Muscle Band

focus band pokemon unite bisa diduetkan dengan muscle band
Status Muscle Band Untuk Diduetkan Dengan Focus Band

Sesama pengguna kata “band”, Muscle Band dan Focus Band ibarat pasangan yang sukar dilepas apabila kamu ingin build pokemon kamu dengan seimbang.

Dengan combo kedua item tersebut, kamu bisa mendapat attack dan defense point sekaligus, ditambah lagi apabila keduanya sudah kamu naikkan hingga level 30.

Biasanya, kerja sama antara Muscle Band dan Focus Band digunakan ketika ingin memperkuat pokemon yang lamban atau tidak punya blink skill, contohnya seperti Crustle.

Dengan tambahan attack dan defense tersebut, Crustle dapat menahan ganking pokemon lawan dan counterattack dengan skillset-nya tanpa harus kehilangan banyak HP.

Satu Frekuensi Dengan Pokemon Support Dan Cover

focus band pokemon unite untuk para pokemon support
Pokemon Role Support Di Pokemon Unite

Focus Band Pokemon Unite adalah “teman baik” dari para pokemon support dan cover. Alasannya, pokemon dengan role tersebut akan selalu roaming tanpa lelah dari awal hingga akhir.

Ditambah lagi, mereka juga akan banyak berhadapan dengan pokemon lawan dengan serangan fisik ataupun sp. attack-nya sehingga penggunaan Focus Band meminimalisir mereka dari kekalahan.

Eldegoss misalnya, yang bisa jadi ancaman bagi lawan di late game, sangat membutuhkan dukungan dari Focus Band untuk roaming dan assist pokemon core dalam tim. Apabila Eldegoss sering kalah, maka satu tim tersebut dipastikan kesulitan mencuri poin.

Focus Band juga cocok untuk digunakan sebagai salah satu pilihan memperkuat pokemon tukang cover, semacam Snorlax dan Slowbro. Item ini akan memberikan peningkatan pesat terhadap status defense dan sp. defense mereka.

Item Survival Untuk Para Attacker

focus band pokemon unite untuk para attacker
Para Pokemon Attacker Di Pokemon Unite

Item ini juga adalah “teman baik” dari pokemon attacker yang punya defense dan sp. defense yang “melempem” karena bisa membantu mereka bertahan hidup dari serangan Boss Pokemon maupun ganking lawan.

Poin tambahan saat Focus Band di level maksimum sangat menguntungkan khususnya bagi Talonflame, karena pokemon ini punya status yang kurang seimbang, yaitu dengan defense dan sp. defense yang rendah sementara attack-nya melebihi Garchomp dan Lucario.

Bantuan Focus Band terhadap pokemon attacker bisa menambah taktik serangan tim kamu saat di arena, khususnya dengan taktik poke atau steal kill, apalagi setelah Zapdos muncul di tengah arena.

Baca juga: 3 Build Decidueye Yang Bisa Kuasai Match Di Pokemon Unite

5 Pokemon Yang Tambah GG Dengan Focus Band

Venusaur

focus band pokemon unite dan venusaur
Venusaur Dan Rating-nya

Venusaur saat masih berwujud Bulbasaur memiliki defense dan sp. defense yang boleh dibilang cukup rendah, yakni 35 dan 27 poin.

Kabar baiknya, kamu bisa banyak spam skill Seed Bomb atau Razor Leaf yang merupakan sp. attack dan serangan jarak jauh. Dengan menggunakan kedua skill tersebut, Bulbasaur bisa jaga jarak sambil levelling dikawal oleh Focus Band.

Setelah menjadi Venusaur dengan level maksimum (15), defense dan sp. defense-nya jadi semakin tinggi, yakni 174 dan 137. Bila kamu membawa Focus Band level 30, maka poin tersebut menjadi 204 dan 167.

Status tersebut cukup ampuh menahan skillset terkuat pokemon lawan, dan akan membantunya menyerang balik dengan cepat tanpa delay.

Blastoise

focus band pokemon unite dan blastoise
Blastoise Dan Rating-nya

Pokemon dengan dua bazooka di bahunya ini juga akan makin GG apabila kamu menambahkan Focus Band sebagai item yang digunakan. Pasalnya, ia memiliki defense dan sp. defense sebanyak 100 dan 70.

Berkat tempurung kura-kura dan skillset-nya yang bisa buff damage maupun defense, Blastoise layak kamu pasangkan dengan Focus Band dan Muscle Band.

Taktik tersebut dinilai cocok karena saat Blastoise di level 15, defense dan sp. defense-nya naik pesat menjadi 599 dan 420. Ditambah Focus Band, Blastoise akan sulit untuk dikalahkan dengan cepat tentunya, meski dengan pokemon semacam Talonflame atau Lucario.

Baca juga: WOW! Ini Dia Build Blastoise Pokemon Unite Paling GANAS Saat Ini!

Charizard

focus band pokemon unite dan charizard
Charizard Dan Rating-nya

Focus Band Pokemon Unite juga bisa disematkan pada Charizard yang memiliki status bawaan di antara Venusaur dan Blastoise. Pokemon ini cocok untuk kamu yang mau main di segala lane.

Dengan defense dan sp. defense Charizard sebesar 70 dan 54 poin, kamu bisa jungling dan mengumpulkan poin tanpa khawatir terkena damage tinggi. Kalaupun Charizard terkena damage tersebut, setidaknya ia punya banyak peluang untuk menciptakan critical damage.

Focus Band akan semakin membuat Charizard Tangguh saat late game, dengan menambah poin defense dan sp. defense-nya menjadi 380 dan 299.

Memang jumlahnya masih di bawah Blastoise, tetapi Charizard lebih punya speed yang baik sehingga punya banyak peluang untuk melakukan serangan balasan terhadap targetnya.

Blissey

focus band pokemon unite dan blissey
Blissey Dan Rating-nya

Blissey mungkin agak kurang diandalkan ketimbang Mr Mime, Wigglytuff dan Eldegoss. Namun, ketika kamu berniat main sebagai full support, pokemon inilah jagonya.

Hampir sebagian skillset Blissey adalah healing dan menyembuhkan efek status semacam stun, slow, sleep. Karena itu, Focus Band akan sangat cocok dengan Blissey yang harus bergerak ke mana-mana untuk healing dan menyembuhkan status pokemon rekan.

Ketika kamu bermain sebagai Blissey, jangan sekali-kali ada di lane terjauh sebab ia kurang cekatan untuk kabur dari sergapan lawan, kecuali kalau kamu membawa Eject Button.

Alangkah baiknya apabila kamu menempatkan Blissey di lane yang dekat dengan base, untuk kemudian kamu alirkan ke rekan satu tim supaya support-nya merata. Komunikasi yang baik juga jadi kunci untuk bermain sebagai Blissey karena ia sangat butuh bantuan dari rekan tim lainnya.

Machamp

focus band pokemon unite dan machamp
Machamp Dan Rating-nya

Held Item Focus Band Pokemon Unite ini akan cocok apabila diberikan pada si pegulat bertangan empat ini. Machamp bahkan malah akan semakin kuat apabila ia terkena efek status seperti stun, slow atau sleep.

Karena ketangguhannya tersebut, kamu harus mendukung skill pasifnya dengan item Focus Band supaya Machamp tidak hanya tangguh secara ofensif saja, tapi juga dalam hal bertahan.

Bedanya, “bertahan” di sini adalah bertahan hidup menghadapi berbagai efek status tanpa harus menunggu support untuk heal, karena ada bonus healing dari item Focus Band ini.

Baca juga: Wow! Build One Hit Machamp Pokemon Unite Yang Harus Kamu Tahu!

Itulah pembahasan mengenai Focus Band Pokemon Unite yang sudah dirincikan dengan memberikan ilustrasi dan taktik khusus di arena. Supaya pokemon kamu jadi last man standing, jangan lupa bawa Focus Band setiap match ya Vicigers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!