Fitur dan Cara Membuat Lagu di Suno AI

Suno menjadi AI pertama yang bisa membuat lagu dan musik. AI ini bisa membantu menentukan nada pada sebuah lirik atau membuat instrumen musik
Suno AI Logo
Suno AI Logo. Sumber: Trusted Review

Setelah muncul Google Gemini sebagai kompetitor berat Chat GPT, sekarang muncul lagi kecerdasan buatan yang mampu menciptakan musik yaitu Suno AI. 

Kecerdasan buatan ini dapat kamu minta untuk membuat lagu lengkap beserta musiknya sesuai keinginan pengguna.

Sama seperti menggunakan Chat GPT, pengguna hanya perlu menuliskan perintah untuk mendeskripsikan kriteria lagu dan musik sesuai keinginan. 

Ada banyak fitur menarik di kecerdasan buatan ini. Untuk mengetahuinya lebih lanjut kami sudah mengulas secara lengkap pengertian, review singkat, cara penggunaan hingga cara membeli paket berlangganan Suno AI di bawah ini. 

Baca juga: 9 Situs Cek Plagiarisme Online yang Bisa Diakses Gratis

Suno AI

Cara Membuat Musik dengan Suno
Cara Membuat Musik dengan Suno. Sumber: YouTube MonzonMedia

Suno AI adalah kecerdasan buatan yang bisa menciptakan lagu dan musik sesuai perintah pengguna. Platform ini diciptakan oleh pengembang di Jerman dan diluncurkan untuk publik pada tahun 2023.

Setahun berselang pihak pengembang meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan vokal ke musik mereka. 

Sekarang pengguna bisa menggunakan Suno AI untuk menciptakan lagu. Selain itu pengguna juga bisa menguji coba lirik yang mereka tulis menggunakan Suno AI. 

Kalau kamu menulis lirik dan bingung untuk menentukan nadanya, kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut. Pengguna hanya perlu menulis lirik buatannya, kemudian ingin membawakan lagunya dengan genre musik apa. 

Fitur ini sangat membantu untuk pelaku seni yang sedang kehabisan ide membuat nada pada liriknya. 

Selain fitur tersebut, pengguna juga bisa memerintahkan Suno AI untuk menuliskan lirik sekaligus membuat aransamen. Pengguna hanya perlu menuliskan cerita, genre, dan dalam bahasa apa lirik akan ditulis. 

Nantinya kecerdasan buatan ini akan membuat 2 versi lagu berdurasi dua menit. Berdasarkan hasil percobaan, kualitas musik yang dihasilkan cukup bagus. 

Hanya saja lirik bahasa Indonesia yang dihasilkan Suno AI terlalu memaksakan penggunaan sajak pada setiap baitnya. Hal tersebut justru membuat karya seni terasa kaku.

Meskipun begitu Suno AI cukup cerdas untuk memahami genre musik yang diinginkan pengguna, terutama untuk genre-genre barat. AI ini masih memerlukan penyempurnaan agar bisa menampilkan lebih banyak genre musik. 

Cara Menggunakan Suno AI 

Suno AI Membuat Musik
Sumber: YouTube Rossybytes

Pada pembahasan yang kedua ini kami akan menerangkan cara menggunakan AI ini. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Pertama: Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi situs Suno AI atau mengunjungi situs https://suno.com/

Kedua: Sesampainya di laman utama, kamu bisa klik tombol “Sign Up” untuk membuat akun. Gunakan alamat email, password, dan informasi lain yang diperlukan. 

Ketiga: Klik tombol “Create” maka kamu akan masuk ke halaman editor untuk menuliskan perintah, membuat instrumen atau menguji coba lirik. 

Keempat: Setelah menulis perintah atau menempelkan lirik pada kolom yang paling atas dan mengisi judul lagu kamu bisa klik “Create” di paling bawah.

Kelima: Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Suno AI akan menyajikan dua pilihan aransemen lagu untukmu. 

Apabila kamu sudah merasa nyaman dengan musik yang dibuat oleh Suno AI, langsung saja unduh lagu tersebut.

Tapi jika kamu masih merasa kurang dengan lagu buatan itu, kamu juga bisa mengeditnya terlebih dahulu. 

Ada banyak tools yang tersedia di AI ini, kamu bisa mengedit, memotong, menambahkan efek, dan mengubah instrumen dengan alat tersebut. 

Terakhir jika sudah tepat kamu bisa menyimpan ke perangkat untuk kemudian membagikannya musik tersebut. Musik dari Suno AI bisa kamu bagikan di platform media sosial dan platform streaming musik. 

Baca juga: Mengenal Aplikasi TikTok Music, Cara Asik Streaming Lagu Viral!

Cara Kerja Suno AI

Ilustrasi Teknologi NLP yang ada di Suno AI
Cara Kerja NLP di Suno AI. Sumber: YouTube SparkCognition

Kecerdasan buatan ini menggunakan NLP atau Natural Language Processing yang memungkinkan komputer memahami bahasa manusia. 

Mengutip dari amazon.com, NLP adalah teknologi pembelajaran mesin yang menjadikan AI ini bisa menafsirkan perintah dalam sebuah bahasa. 

Teknologi tersebut memungkinkan AI ini untuk memahami teks yang mendeskripsikan jenis musik, genre, mood, tempo dan instrumen. Kemudian AI ini akan menganalisis teks tersebut berdasarkan kata kunci yang relevan. 

Setelah memahami teks, Suno akan mencocokan informasi atau kata kunci terhadap parameter yang relevan.

Sebagai contoh kamu menuliskan perintah yang mengandung kata kunci “ceria” atau “semangat” maka musik yang dihasilkan akan bertempo cepat dan bernada tinggi.

Demikian penjelasan singkat tentang cara kerja Suno AI. Nah, kalau kamu ingin mengakses banyak fitur yang dimiliki kecerdasan buatan ini, kamu bisa mengaktifkan langganan. Berikut kami telah merangkum cara untuk mengaktifkan langganan dan berhenti berlangganan. 

Cara Mengaktifkan dan Berhenti Berlangganan

Suno AI Logo
Suno AI Logo. Sumber: Trusted Review

Pengguna bisa membeli langganan Suno AI baik tahunan maupun bulanan. Kedua pilihan tersebut terbagi ke dalam 3 jenis paket berlangganan yaitu Basic Plan, Pro Plan, dan Premier Plan. 

Kamu tidak perlu membayar biaya untuk menggunakan Basic Plan. Tapi kamu harus membayar 10$/ bulan jika membeli Pro Plan paket bulanan. Untuk paket Pro Plan tahunan kamu hanya perlu membayar $8/bulan. 

Apabila memilih paket Premier Plan bulanan kamu harus membayar $30/bulan. Sedangkan Premier Plan tahunan dijual seharga $24/bulan.

Nah, untuk mengaktifkan paket berlangganan di Suno AI, kamu bisa melihat  penjelasan di bawah ini!

Cara Membeli Langganan 

  • Login menggunakan akun yang sudah kamu buat. 
  • Klik opsi “Subscribe” yang ada di sebelah kiri layar kamu. 
  • Pilih opsi “Monthly Billing” atau “Yearly Billing” kemudian tentukan akan memilih paket Basic, Pro, atau Premiere Plan.
  • Klik tulisan “Subscribe” kemudian kamu akan masuk ke laman pembayaran. 
  • Pada laman pembayaran nanti kamu harus mengisi nomor kartu, nama pemegang kartu, dan alamat lengkap pengguna kartu. 
  • Simpan informasi pada kolom yang sudah kamu isi selanjutnya klik berlangganan. 

Demikian cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan paket berlangganan Suno AI. Kalau kamu sudah pernah mengaktifkan dan bingung cara menonaktifkan langganan, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Berhenti Berlangganan 

Untuk menonaktifkan langganan Suno AI, bisa kamu lakukan melalui website resminya dengan cara berikut ini: 

  • Buka situs web Suno AI di https://suno.com/.
  • Masuk ke akun Anda.
  • Klik pada ikon profil Anda di sudut kanan atas layar.
  • Pilih “Settings” dari menu dropdown.
  • Klik pada tab “Subscription”.
  • Klik pada tombol “Cancel Subscription”.
  • Ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses pembatalan.

Selain itu kamu juga bisa menghubungi secara langsung tim dukungan AI melalui email dengan cara berikut ini:

  • Kirim email ke alamat support@suno.ai.
  • Jelaskan pada bagian pesan kalau kamu ingin berhenti berlangganan
  • Tuliskan alamat email yang digunakan untuk berlangganan
  • Kirimkan email pembataan tersebut. Tim dukungan akan memproses permintaan berhenti berlangganan dalam sesegera mungkin
Baca juga: Mengenal Chat GPT dan 9 AI Populer 2024 Lainnya

Top Up game favoritmu dan beli langganan produk digital lain hanya di VCGamers Marketplace.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!