Fakta Manga dan Anime One Piece yang Harus Kamu Ketahui

Fakta One Piece

One Piece saat ini menjadi manga dan anime yang populer di dunia saat ini. Dan banyak para penggemar yang masih belum mengetahui tentang fakta dari One Piece.

Oleh karena itu, kami akan membantumu mengenal lebih dekat mengenai fakta One Piece.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan fakta dari serial One Piece, yuk simak pembahasan berikut ini!

Baca juga: Mengenal Smoker One Piece, Calon Admiral

Menjadi Salah Satu Manga Terpopuler dan Terpanjang dalam Sejarah

Fakta One Piece
One Piece Strong World. Source: IGN India/Google

Fakta yang pertama, manga One Piece sudah ada sejak tahun 1997, sehingga sangat wajar membuatnya jadi salah satu manga terpanjang dalam sejarah.

Hingga tahun 2024 ini, manga One Piece sudah rilis lebih dari 1100 chapter. Hal ini menjadi pencapaian yang sangat luar biasa bagi sebuah karya.

Tak hanya itu, One Piece juga pernah mendapatkan penghargaan dari Rekor Dunia Guinness pada Juni 2015 lalu. 

Pada penghargaan tersebut, manga One Piece masuk pada kategori “Jumlah eksemplar terbanyak yang diterbitkan untuk seri buku komik yang sama oleh seorang pengarang”.

Baca juga: 9 Fakta Arlong One Piece Villain yang Lahir Akibat Diskriminasi

Terinspirasi dari Dragon Ball 

Dragon Ball - Akira Toriyama Men
Dragon Ball. Source: Dragon Ball Official Site/Google

Sang mangaka One Piece, yaitu Eiichiro Oda, merupakan pembaca sekaligus penggemar Dragon Ball karya Akira Toriyama

Dulu Oda selalu mengikuti petualangan Goku di majalah mingguan Shonen Jump.

Berawal dari kebiasaannya tersebut, membuat Oda terinspirasi untuk membuat manga One Piece.

Cerita yang Eiichiro Oda sajikan juga sangat menarik, mulai dari cerita petualangan, pertarungan, dan penjelajahan dunia fantasi. 

Tak jarang Oda juga menuangkan gaya seni Toriyama dengan desain ikonik di manga One Piece.

Selain itu, pada 2009 silam manga One Piece dan Dragon Ball juga pernah berkolaborasi dalam sebuah manga yang menampilkan karakter dari dua manga ini.

Sejumlah Karakternya Berasal dari Bajak Laut Asli

Jewelry Bonney
Jewelry Bonney. Source: One Piece Wiki – Fandom

Di dalam cerita One Piece, terdapat beberapa karakter yang diambil dari karakter bajak laut yang berasal dari kehidupan nyata. 

Sebut saja sang Raja Bajak Laut, Gol D. Roger. Dimana karakter Gol D. Roger merujuk pada bajak laut asal Prancis, yaitu Olivier Levasseur. Olivier Levasseur berhasil menyembunyikan harta karunnya yang hingga kini belum juga terungkap.

Karakter kedua yaitu Jewelry Bonney yang terinspirasi dari Anne Bonny. Dia merupakan seorang bajak laut wanita yang terkenal dan seorang pemimpin yang kuat.

Lalu ada dari kru Mugiwara, yaitu Roronoa Zoro yang didasarkan pada bajak laut Prancis bernama Francois I’Olonnais. Kemahirannya menggunakan pedang dijadikan inspirasi dalam cerita One Piece.

Baca juga: Mengenal Van Augur: Anggota Blackbeard Pirates di One Piece

One Piece Memiliki Dunia yang Luas

One Piece 1112 ditunda
Egghead. Source: Shueisha Manga Plus

Dunia yang ada di One Piece sangat luas dan imersif. Dimana pada awal serial ini kita diperkenalkan dengan lautan berbahaya bernama Grand Line, lalu sekarang ada sebuah lautan yang lebih berbahaya yang bernama Dunia Baru.

Dengan luasnya dunia yang dimiliki One Piece, membuat daerahnya juga banyak. Sebut saja Water 7, Dressrosa, Punk Hazard, Wano, dan masih banyak lagi.

Selain itu, dampak dari luasnya dunia One Piece adalah membuat jumlah karakternya juga sangat banyak.

Hal ini membuat manga ini terlihat kesulitan untuk tamat dalam waktu dekat ini. Karena masih banyak misteri yang belum terungkap.

One Piece Menjadi Harta Karun yang Paling Berharga 

One Piece Heart of Gold
One Piece Heart of Gold. Source: IDLIX Official Website/Google)

Secara keseluruhan, manga One Piece akan berlabuh pada sebuah legenda yang telah memikat para bajak laut dari seluruh dunia, yaitu harta karun yang dikenal sebagai “One Piece”.

Harta karun bajak laut inj telah dijanjikan oleh Raja Bajak Laut Terkenal, Gol D. Roger.

Dikisahkan jika mereka yang berhasil menemukan One Piece akan mendapatkan gelar resmi sebagai Raja Bajak Laut yang baru. 

Hal ini telah mendorong banyak orang untuk menjadi bajak laut, termasuk Luffy. Bersama kru Topi Jerami, dia mengarungi perairan dan menghadapi musuh-musuh yang tangguh untuk mencari harta karun tersebut. 

Namun, hingga saat ini harta karun One Piece, masih menjadi sebuah misteri. Karena sifat dan lokasi harta karun itu sendiri masih diselimuti kerahasiaan. 

Baca juga: Koby One Piece, Sang Pahlawan Angkatan Laut

Imu-Sama Menduduki Tahta Kosong

Imu One Piece
Gorosei Menemui Imu. Source: RORONOA ZORO ONEPIECE/Youtube

Pemerintahan Dunia didirikan berdasarkan gagasan bahwa tidak ada satu orang pun yang boleh memerintah orang banyak. 

Singgasana Kosong melambangkan gagasan ini, tetapi tanpa sepengetahuan warga Pemerintahan Dunia, singgasana ini secara diam-diam diduduki oleh seorang penguasa yang disebut sebagai Imu.

Imu pertama kali muncul selama Reverie; namun, latar belakang dan motivasi karakter ini masih belum diketahui. 

Dengan akhir cerita One Piece yang semakin dekat, pemimpin sejati Pemerintah Dunia ini pasti akan menjadi sorotan nanti.

Terdapat Berbagai Ras Manusia yang Pernah Tinggal di Bulan

Fakta One Piece
Enel di Bulan. Source: Kincir

Seperti yang terlihat dalam cerita sampul “Operasi Luar Angkasa Besar Enel”, bulan di One Piece bukanlah tempat yang sunyi. 

Sebab ketika Enel tiba disana, dia menemukan berbagai bentuk kehidupan, serta bukti bahwa tiga ras humanoid – Skypieans, Shandorians, dan Birkans – pernah mendiami daerah tersebut.

Bahkan di antara keturunan Manusia Bulan yang masih hidup, hampir tidak ada yang menyadari bahwa Bulan pernah menjadi rumah bagi peradaban yang maju. 

Migrasi mereka mendahului Abad Kekosongan, jadi informasi apapun mengenai hal itu dapat menjelaskan beberapa misteri terbesar di One Piece.

Baca juga: Mengenal Brook One Piece, Anggota Topi Jerami Paling Nyentrik!

Nah, itulah beberapa fakta mengenai serial manga dan anime One Piece yang harus kamu Ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Jangan lupa tetap ikuti terus VCGamers News untuk update lainnya mengenai games, tech and gadget, hingga anime.

Yuk top up game favoritmu sekarang juga hanya di VCGamers Marketplace, karena dijamin mudah, aman, cepat, dan pastinya termurah.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!