Catalyst, Legend Terbaru Apex Legends Berkekuatan Ferrofluid!

Update Apex Legends Terbaru

Update Apex Legends Terbaru Season 15, Eclipse, menghadirkan legend baru bernama Catalyst.  Kehadirannya di dalam Apex Legends ternyata cukup menghebohkan sekaligus menakjubkan.

Penasaran dengan penjelasan dari Legend yang satu ini?  Simak di bawah ini!

Baca Juga: Update Apex Legends Season 15 Eclipse: Legend dan Map Baru!

Catalyst, Legend Baru di Apex Legends

Update Apex Legends Terbaru
Catalyst, Legend Baru di Apex Legends.

Pada tanggal 1 November 2022, Respawn Entertainment dan Electronic Arts mengeluarkan legend baru bernama Catalyst.  Keluarnya Legend ini bertepatan dengan pergantian season, dari Apex Legends: Hunted menjadi Apex Legends: Eclipse.

Sebagai perkenalan awal, Catalyst adalah Legend wanita dengan kelas defensif.  Ia menjadi Legend ke-26, tepat setelah Legend Vantage dari Season 14.  Untuk menjelaskan Legend dari season 15 ini, Apex Legends memberikan beberapa video dan footage tentang Catalyst.

Khusus bagi pembaca, penulis telah merangkum semuanya, mulai dari hal yang harus kamu tahu hingga fakta menarik lainnya.  Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah ceritanya!

Baca Juga: Vantage, Legends Baru di Apex Legends Yang Jago Sniper

Latar Belakang – Last Hope

Catalyst Legend Baru Apex Legends
Catalyst Legend Baru Apex Legends.

Legend Catalyst memiliki nama asli Tressa Crystal Smith yang lahir pada tahun 2705 di Boreas.  Menurut fandom, wanita yang disapa Smith ini berusia 29 tahun.  Ia memiliki ketertarikan dengan membaca kristal dan mengikuti ritual memuja bulan.

Salah satu alasan mengapa Smith memuja bulan karena Cleo (nama Bulan milik Planet Boreas) sedang diambang kehancuran.  Jika kita flashback ke Legend lainnya Legend Seer terlahir saat Cleo dihantam meteor hingga hancur di tahun 2708.

Beranjak dewasa, pada tahun 2720, Margo, teman dekat Smith, mengajak teman-temannya menyelamatkan Cleo dari Hammond Robotics dan organisasi lainnya.  Namun, hanya Smith yang ingin ikut rencana Margo.  Alhasil, mereka berdua pergi ke permukaan Cleo.

Sesampainya di sana, mereka menyelinap masuk ke tempat tambang Cleo.  Smith melihat sebuah tanki yang mengaliri Ferrofluid.  Ia merasa adanya hubungan dengan Ferrofluid tersebut, terlebih lagi kalung milik Smith juga ikut tertarik.

Yang tidak Smith ketahui, Margo membawa sebuah bom.  Selagi mereka beradu argumen, Spectre datang dan menyerang mereka berdua.  Tapi, Smith berhasil mengalahkan Spectre dengan menjebaknya masuk ke tanki Ferrofluid.

Yang ia tidak duga adalah Margo.  Meski sudah diamankan oleh para petugas, ia berhasil meledakkan bomb dari jarak jauh.

Menyelamatkan Cleo Bersama Cleo Recovery Council

Catalyst Legend Baru Apex Legends.

Pada tahun yang sama, Smith direkrut oleh Cleo Recovery Council.  Mereka bertujuan untuk mengubah bentuk permukaan Cleo (terraformer) agar layak huni nantinya.  Di sini, Smith menjadi ahli di bidang Ferrofluid.

Ia mampu mengendalikan Ferrofluid untuk membuat struktur hingga melindungi para pekerja.  Ia pun memilih tinggal di Cleo, South Promenade.  Ia melihat kalau proyek ini sebagai harapan baru bagi Cleo.

Namun, harapan itu harus pupus setelah Seer dan Torres “Eduardo” Silva datang ke permukaan Cleo.  Mereka ingin menjadikan Cleo sebagai arena Apex Legends dengan imbalan sejumlah dana untuk merawat Cleo.

Keputusan tersebut akhirnya terjadi.  Cleo Recovery Council beserta Smith diberhentikan dan diganti dengan Mercenary Syndicate.

Catalyst Ikut Apex Games

Catalyst Duduk di Atas Kursi Ferrofluid.

Smith yang saat itu merasa kecewa pun kembali bangkit dan mengikuti Apex Games.  Merangkum dari beberapa sumber, terdapat dua alasan mengapa Smith ikut andil dalam Apex Games.

Alasan pertama adalah ia ingin melindungi Cleo, tempat yang dia dan temannya sayangi.  Sedangkan alasan keduanya adalah ia akan menggunakan uang hadiah Apex Games untuk menghidupi dirinya dan juga keluarganya.

Di dalam Apex Games, ia berteman baik dengan Legend Rampart.

Fakta Menarik: Apakah Catalyst Adalah Transgender?

Catalyst Transgender Apex Legends
Kutipan Ucapan Catalyst, Transgender Apex Legends. Sumber: Youtube/ApexLegends

Jawabannya, Iya.  Mengutip dari penjelasan Catalyst dari ea.com dan Official Youtube Apex Legends, Smith adalah seorang transgender – transpuan.  Ia memutuskan untuk mengubah gendernya saat ia masih remaja.

“Transitioning? That was… sort of hard.”.  Smith, Apex Legends Youtube Video

“They made her turbulent teenage years (and simultaneous gender transition) easier and less lonely.” – EA – Catalyst

Itulah dua buah kutipan yang sangat menguatkan kalau Smith a.k.a Catalyst adalah seorang transgender.  Tidak hanya itu, Respawn Entertainment juga menggunakan Voice Actor seorang karyawannya yang juga Transgender, Meli Grant.

Dengan keseriusan Respawn Entertainment membuat karakter Tressa Crystal Smith, Smith a.k.a Catalyst menjadi Legend Transgender pertama di Apex Legends.

Skill Legend Baru Catalyst: Penguasa Ferrofluid Apex Legends

Setelah membahas seluruh latar belakang Catalyst waktunya membahas seluruh skill yang Catalyst miliki.  Perlu kalian tahu, Catalyst bukanlah seorang penyihir, melainkan pengendali Ferrofluid.  Itu adalah carian hitam dengan partikel logam yang sangat kecil.

Setelah mengenal apa itu Ferrofluid, inilah penjelasan dari setiap skill miliknya.

Skill Passive Catalyst: Barricade.

Skill passive Catalyst bernama Barricade.  Catalyst akan “memperkuat” pintu dengan bantuan Ferrofluid.  Untuk membukanya, musuh harus menyerangnya 2x lipat dari seharusnya.  Namun, khusus rekan tim, mereka bisa membukanya tanpa menghancurkannya.

Jika dalam satu game terdapat lebih dari satu pemain yang menggunakan Catalyst,  Barricade akan memunculkan kode warna.  Kode warna ini yang membedakan antara Barricade buatan musuh atau teman.

Catalyst Legend Baru Apex Legends
Skill Tactical Catalyst: Piercing Spikes

Skill Tacticalnya bernama Piercing Spikes.  Catalyst akan melemparkan bola ferrofluid ke lantai yang akan menjadi semacam karpet dengan ukuran 2m x 11m.  Musuh yang melintasinya akan menjadi slow dan memberikan 15 damage.

Catalyst memiliki 2 charges Piercing Spikes. Saat aktif, tepat di bagian tengahnya terdapat bola yang baru terlihat saat musuh mendekat. Bola tersebut memiliki 300HP dan bisa dihancurkan.

Hal yang unik adalah Catalyst tidak terpengaruh oleh Piercing Spikes, siapapun yang membuatnya.  Hal ini juga menjadi benefit bagi pemain Catalyst lainnya.

Catalyst Legend Baru Apex Legends 5
Ultimate Catalyst: Dark Veil

Ultimatenya bernama Dark Veil.  Catalyst akan membuat dinding dari Ferrofluid sepanjang 55 meter dengan tinggi menyesuaikan bentuk permukaan.  Musuh yang melintasinya akan menjadi slow dan visionnya menjadi gelap selama beberapa waktu.

Musuh dan kemampuan scannya tidak bisa melihat dari balik tembok tersebut, tapi peluru masih bisa melewatinya.  Jika kamu juga bermain Valorant, skill ini mirip dengan wall milik ViperHarbor, dan Phoenix.

Dan, lagi-lagi, skill ini tidak mempengaruhi Catalyst sama sekali.  Siapapun yang membuatnya, Catalyst tidak terpengaruh efek dari Dark Veil.

Kesimpulan: Catalyst Is a Nice Defensive Legend

Dari hasil penjelasan di atas, latar belakang Catalyst sangatlah menarik.  Apalagi ia adalah Legend Transpuan pertama di Apex Legends.  Sedangkan dari skill, dari segi musuh, pastinya akan sangat mengganggu sekali.

Tapi yang kamu harus waspadai jika menggunakan Legend ini hanya satu: Pastikan tim musuh pengguna Catalyst atau bukan.

Tertarik menggunakan Legend ini?

Penuhi kebutuhan Apex Coins kamu dengan Top-Up melalui VCMarket dari VCGamers dan dapatkan promo menarik di dalamnya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!