Cara Membuat Receiptify, Setor Lagu Favoritmu Setiap Bulan!

Bagi kamu yang penasaran ingin mencoba Receiptify, kamu bisa ikuti sejumlah langkah untuk melakukannya.
receiptify (3)
Tracklist Spotify (Source: Screenrant)

Bagi kamu yang sering membuka sosial media termasuk X, pasti seringkali melihat postingan pengguna lain yang selalu membagikan setoran Receiptify Spotify mereka setiap akhir bulan.

Tentu saja hal ini selalu menjadi sebuah tren di sosial media bagi anak remaja yang tak ingin FOMO (Fear of Missing Out/Ketinggalan Hal-Hal Baru).

Sebagai platform musik populer, Spotify menyediakan miliaran lagu, album, genre, playlist, radio hingga podcast yang bisa kamu dengar secara gratis.

Terkait Receiptify sendiri, masih berkaitan dengan Spotify yang memuat tracklist lagu-lagu yang sering kamu dengar dalam beberapa waktu terakhir.

Salah satu yang membuatnya unik adalah tampilan tracklist-nya berupa struk belanja. Jadi, seringkali pengguna selalu menyebutnya “setoran Receiptify setiap akhir bulan” karena diibaratkan kita telah belanja di minimarket/supermarket dan melihat daftar belanjaan yang sudah kita beli pada struk tersebut.

Bagi kamu yang penasaran ingin mencoba Receiptify, kamu bisa ikuti langkah-langkahnya dibawah ini biar ikutan tren!

Baca juga: Fitur Spotify Gratis, Dengarkan Sekarang!

Receiptify

receiptify (2)
(Source: The Mac Obsever)

Melansir dari laman resminya, Receiptify merupakan tools generator musik yang dikembangkan oleh Michelle Liu, ia membuat ini karena terinspirasi dari @.albumreceipts.

Disini menampilkan 10 daftar lagu yang sering diputar oleh para pengguna pada waktu tertentu, mulai dari 1 bulan terakhir, 6 bulan terakhir dan satu tahun terakhir dalam format struk tanda terima.

Receiptify akan menghitung dan mengolah seluruh data musik yang baru diputar dari akun Spotify kamu selama sebulan terakhir, 6 bulan terakhir dan 1 tahun terakhir.

Sebenarnya, Receiptify ini hampir mirip dengan Spotify Wrapped dari Spotify yang selalu muncul di akhir November atau awal Desember setiap tahunnya.

Dimana keduanya, baik Receiptify maupun Spotify Wrapped akan merangkum seluruh lagu-lagu favoritmu dalam format yang menarik.

Namun sayangnya, di website ini tak menyediakan fitur berbagi, akan tetapi kamu bisa mengunduh file gambarnya atau bisa juga menyimpan playlistnya ke akun Spotify-mu dan bagikan playlistnya dari akunmu yang bisa dibagikan ke sosial media.

Memang sangat seru apabila kita membagikan hasil dari lagu-lagu yang sering diputar kepada teman-temanmu di sosial media. Sehingga kita bisa mengetahui juga lagu apa yang sering mereka dengarkan di Spotify.

Tak perlu heran lagi, tools generator musik satu ini sudah cukup populer di sosial media apalagi ketika menjelang akhir bulan, banyak yang memamerkan hasil Receiptify mereka ke sosial media.

Baca juga: Fitur Spotify Gratis, Dengarkan Sekarang!

Cara Membuatnya

receiptify (1)
Result & Costumize Receipt (Source: VCGamers)

Nah, bagi kamu yang penasaran bagaimana sih cara membuat Receiptify yang mirip struk belanja tersebut? Caranya gampang banget, lho! Langsung aja ikuti langkahnya dibawah ini.

  • Cari di Browser dengan Keyword “Receiptify” atau https://receiptify.herokuapp.com/.
  • Setelah itu, Login With Spotify (masuk menggunakan akun Spotify).
  • Setelah itu, masukan Email dan Password akun Spotify-mu.
  • Setelahnya, kamu sudah berhasil mendapatkan hasilnya berdasarkan 1 Bulan terakhir.
  • Jika kamu ingin Kustom, kamu bisa memilih:
    • Metric: Top Tracks, Top Artist, Top Genres, Stats, Search Album, Build Custom Receipt (Membuat sendiri).
    • Time Period (Periode): Last Month (1 Bulan Terakhir), Last 6 Month (6 Bulan Terakhir) dan Last Year (1 Tahun Terakhir).
    • Length (Daftar Urutan): Top 10 (10 Daftar) dan Top 50 (50 Daftar).
    • Font: Classic dan Internationally Compatible.
  • Setelah di Kustom, kamu bisa langsung download gambarnya pada fitur Download Image. 
  • View In New Tab (Jika ingin melihat di tab baru).
  • Save as Playlist (Langsung jadi Playlist ke akun Spotify-mu).
Baca juga: 5 Aplikasi Download Lagu Legal dan Mudah Digunakan

Nah, itulah cara membuat Receiptify. Gimana, gampang banget kan? Tunggu apalagi, boleh dong pamerin hasil Receiptify-mu yang keren itu?

Buat kamu yang mau berlangganan produk digital murah, cepat dan aman langsung aja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!