Cara Main GTA 5 Roleplay, Seru Banget!

Strategi Grand Theft Auto 5

Pengen coba tapi bingung cara main GTA 5 Roleplay? Sebenernya seperti apa sih permainan GTA 5 Roleplay yang banyak digembar-gemborin orang-orang?

Yap, demam GTA 5 Roleplay memang lagi sangat hype di Indonesia belakangan ini. Komunitas gaming tanah air tampaknya baru mulai merasakan serunya tren GTA metaverse – padahal di belahan dunia lain, modding tersebut sudah lebih dulu ramai dalam beberapa tahun belakangan.

Nah buat yang penasaran seperti apa sih gameplay dari GTA 5 Roleplay dan cara memainkannya, yuk simak ulasan kali ini! Jangan sampai kalian ketinggalan hype-nya ya! Langsung cekidot!

Baca juga: Kumpulan Cheat GTA 5 untuk PS, Xbox dan PC Terlengkap 2023

Basik GTA 5 Roleplay Buat yang Belum Paham

Dengan popularitas yang dimiliki, Grand Theft Auto V (GTA 5) adalah salah satu permainan yang telah menginspirasi berbagai genre dan mode permainan.

Ini tidak hanya dibakukan oleh para official developer saja, namun turut dibesarkan oleh kontribusi yang diberikan komunitas gaming penikmat GTA.

Ini mereka lakukan dengan menghadirkan berbagai modding (mod). Keberadaan mod ini memberikan variasi dan nuansa baru: menghadirkan cara yang berbeda bagi para gamers untuk menikmati game judul-judul kesukaan mereka. Dan tentu salah satu yang populer saat ini adalah GTA 5 Roleplay.

Mod ini membawa pengalaman bermain ke tingkat yang lebih dalam dengan memberikan pemain kesempatan untuk merasakan kehidupan dan berbagai peran yang mereka mainkan di kota fiksi Los Santos.

Baca juga: Mobil Los Santos Tuner Terbaik dan Terkeren 2023 di GTA 5!

Gameplay GTA 5 Roleplay

Nah di dalam Mod ini, pemain nantinya akan mengambil peran karakter yang mereka ciptakan dalam dunia Los Santos.

Ini berbeda dari mode permainan biasa di mana pemain mengikuti cerita yang telah ditetapkan oleh pengembang.

Sedangkan dalam GTA 5 Roleplay, pemain menciptakan karakter, latar belakang, dan kepribadian, pada suatu sistem sosial menyerupai dunia nyata milik server tertentu, serta terlibat dalam interaksi dengan pemain lain.

Dan selayaknya suatu sistem sosial di dunia nyata, kalian harus mengikuti segala peraturan, hukum yang berlaku, serta legalitas yang dimiliki. Yap, intinya adalah mereplikasi pengalaman kehidupan sesungguhnya dalam suatu meta verse bertemakan Grand Theft Auto 5!

Tak berhenti di situ, kalian juga harus membangun kehidupan kalian dari nol. Ini semua dilakukan dengan menjalankan peran kalian di komunitas server tersebut, baik menjadi seorang polisi, pemilik bisnis, penjaga toko, montir, dan lain sebagainya. Pokoknya benar-benar kompleks deh!

Baca juga: Lokasi Pangkalan Militer di GTA 5

Cara Main GTA 5 Roleplay

Mod GTA 5 Roleplay
Mod GTA 5 Roleplay. Sumber: VCGamers

Yang perlu diingat adalah bahwa pada artikel ini VCGamers News sudah mengansumsikan bahwa Vicigers semua di sini sudah tahu hal-hal yang perlu di download untuk bisa memainkan GTA 5 Roleplay.

Karena detail-detail mengenai itu semua sudah di bahas sebelumnya pada artikel mengenai cara download GTA 5 Roleplay Indonesia. Apabila di sini masih ada yang belum paham cara mengunduhnya, silahkan cek artikel tersebut ya!

Maka pembahasan kali ini adalah langkah-langkah yang perlu kalian ambil setelah memiliki semua kelengkapan tersebut dan mulai ingin bermain. Berikut adalah ulasannya:

1. Buka Semua Program, Game dan Client

Steam GTA 5
Steam GTA 5. Sumber: Official Site

Yang pertama adalah buka semua aplikasi yang kalian gunakan untuk bermain GTA 5 Roleplay (Steam, Epic Games, ataupun platform lainnya) dan client (FiveM) yang sudah dipersiapkan. Ini dilakukan supaya akun GTA 5 kalian bisa terkoneksi dengan server dari FiveM-nya.

2. Buka Client FiveM dan Pilih Server

Server FiveM
Server FiveM. Sumber: Official Site

Setelah itu, cari server pada kolom pencarian FiveM. Sebagai contoh, bila kalian ingin bergabung pada server domestik, cukup cari dengan keywords “Indonesia”. Jika sudah muncul, pilih salah satu yang kalian inginkan untuk bergabung.

3. Daftar Discord

Nah, ini yang paling krusial. Kalian harus memiliki Discord dan juga akunnya. Ini penting karena masing-masing server pasti memiliki Discord sebagai media kontrol dan panduan komunitasnya.

Untuk bisa berkomunikasi dengan baik, para server ini akan biasanya juga akan memiliki kanal Discord masing-masing. Karena itulah, untuk bisa bergabung ke dalam server, kalian harus mendaftar terlebih dahulu melalui kanal tersebut.

Di sini juga nantinya kalian akan diwawancara oleh pihak pengelola server. Beberapa di antaranya seperti jenis karakter yang ingin kalian buat, peran kalian di dalam Roleplay, profesi yang ingin diampu, dan lain sebagainya.

4. Siap Bermain

Dan jika langkah-langkah di atas sudah selesai, maka kalian sudah siap bermain! Maka kalian tinggal masuk ke dalam servernya, membuat karakter sesuai dengan apa yang kalian lakukan saat wawancara, dan memainkan peran kalian di server tersebut! Tidak sulit bukan?

Baca juga: 3 Gangguan Uang di GTA 5 Online Terbaik yang Masih Berfungsi

Itulah tadi pembahasan mengenai cara main GTA 5 Roleplay. Nantikan pembahasan lainnya mengenai GTA 5 Roleplay hanya di VCGamers News!

Yuk Top Up Game Murah dan Cepat di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!