Bocoran Desain dan Fitur Samsung Galaxy Z Fold 6 FE

Samsung Galaxy Z Fold 6 FE

Samsung secara konsisten telah memproduksi smartphone foldable sejak tahun 2019. Hingga kini Samsung akan merilis HP lipat mewah dengan harga yang terjangkau yaitu seri Samsung Galaxy Z Fold 6 FE.

Kode FE pada Samsung Fold seri ini merupakan singkatan dari “Fan Edition”. Informasi tentang rumor perilisan Samsung Galaxy Fold 6 FE ini diperoleh dari situs teknologi Korea Selatan, ETnews, Minggu (17/3/2024). 

Menurut situs tersebut, Samsung akan merilis Galaxy Z Fold dalam dua pilihan seri. Kedua seri tersebut adalah Samsung Galaxy Z Fold Regular dan Galaxy Z Fold FE (Fan Edition). 

Kabarnya, kedua seri ponsel tersebut akan mempunyai fitur yang berbeda-beda. Jika pada Galaxy Z Fold 6 reguler akan disertai dengan fitur S Pen. Samsung Galaxy Z Fold 6 FE tidak ada fitur tersebut.

Samsung Galaxy Z Fold 6
Samsung Galaxy Z Fold 6. Sumber: Youtube Miror Pro

Memang Samsung Galaxy Z Fold 6 Fan Edition adalah Samsung Galaxy Z Fold 6 versi murah. Sehingga beberapa fitur canggih tersebut tidak ada pada Fold 6 FE guna menjaga harga tetap terjangkau.

Peluncuran Galaxy Z Fold 6 versi murah oleh Samsung disinyalir untuk menghadapi perusahaan kompetitor Tiongkok yang menjual smartphone foldable dengan harga yang lebih terjangkau.

Dengan cara ini Samsung akan lebih aman untuk memposisikan diri menghadapi persaingan pasar. Lewat dua Z Fold 6 Reguler dan Z Folde 6 FE, Samsung telah menjangkau dua segmen market yang berbeda. 

Menurut rumor yang beredar, Samsung Z Fold dan Z Flip series akan diperkenalkan ke publik di acara Unpacked pada bulan Juli atau Agustus 2024 mendatang.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 6: Bocoran Spek, Harga & Tanggal Rilis

Tampil Tanpa S Pen

Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6
Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 6 FE. Sumber: NBC Tech Official

Mengutip dari ETnews, sebuah situs berita online Korea Selatan menginformasikan bahwa Galaxy Fold 6 FE akan dijual tanpa Samsung Pen. Alasan perilisan Fold 6 FE yang tanpa S Pen bertujuan untuk memangkas harga jual.

Meskipun sebenarnya S Pen juga dijual terpisah kamu tetap tidak bisa menggunakannya di Samsung Galaxy Fold 6 FE. 

Sebab pada layar Fold 6 FE tidak ada bagian yang bernama digitizer, sehingga S Pen tidak bisa berfungsi dan ongkos produksi jadi bisa terpangkas.  

Hilangnya fitur S Pen dari Samsung Galaxy Fold 6 FE tidak menurunkan kemewahan dari ponsel lipat satu ini. Justru berkurangnya fitur tersebut, menguntungkan konsumen yang ingin punya ponsel mewah dengan harga murah.

Tidak adanya digitizer pada layar dan pengurangan S Pen pada Galaxy Fold 6 FE mungkin belum cukup untuk memangkas harga jual produk ini. 

Kemungkinan Samsung juga akan memangkas harga jual produk ini dengan menggunakan chipset atau layar yang lebih kecil. Akan tetapi tidak ada informasi pasti mengenai hal tersebut.

Samsung Z Fold FE adalah ponsel mewah, tentu jika harga jualnya murah pasti ada beberapa fitur yang berbeda dengan Z Fold Reguler.

Baca juga: Harga, Spesifikasi, dan Fitur Samsung A14 5G Resmi 2024 

Desain dan Fitur Samsung Galaxy Z Fold 6 Versi Murah

Tampilan Samsung Galaxy Z Fold V
Tampilan Samsung Galaxy Z Fold V. Sumber: Youtube TechTalkTV

Selain tidak mempunyai slot S Pen, Samsung Galaxy Z Fold 6 versi ‘lite’ ini bakal mempunyai desain yang lebih tipis daripada pendahulunya Z Fold 5. 

Samsung Galaxy Z Fold 6 FE hanya mempunyai ketebalan 11mm ketika dilipat. Sedangkan pendahulunya, Samsung Galaxy Z Fold 5 mempunyai ketebalan 13,4 mm ketika dilipat. 

Sayangnya belum ada informasi pasti terkait System on Chip yang akan digunakan pada Samsung Galaxy Z Fold 6 FE. 

Jika melihat pendahulu dari ponsel Samsung seri Z Fold, kemungkinan Galaxy Z Fold 6 FE akan menggunakan Snapdragon 8 Gen 3. 

Samsung Galaxy Z Fold 6 versi murah ini juga akan dibekali dengan tiga kamera. Kemungkinan resolusi dari kamera utama 200 MP lengkap dengan fitur stabilisasi gambar OIS. 

Apabila nanti Galaxy Z Fold 6 FE dirilis dengan spesifikasi kamera tersebut maka ponsel ini akan melampaui pendahulunya yang hanya 50 MP. 

Bocoran lainnya ponsel ini akan mempunyai bodi dengan material titanium dan mempunyai kapasitas baterai 4600 mAh.

Namun demikian, tentunya kita harus menunggu informasi resmi dari Samsung terkait dengan desain, fitur hingga jadwal rilis ponsel teranyar mereka ini.

Yuk beli produk digital serta top up game murah dan cepat di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!