Penjelasan dan Cara Beternak Ayam di Minecraft, Wajib Hafal!

Ayam Minecraft

Salah satu mob yang sangat berguna di Minecraft adalah ayam. Mereka mampu memberikan makanan lezat sehingga pemain tidak kelaparan dan mati.

Kali ini, VCGamers akan membahas tentang ayam dalam game Minecraft, cara mengembangbiakkan ayam, dan tips dan trik yang mungkin akan berguna.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Tentang Sapi Minecraft, Bertelur!

Ayam sebagai Mob di Minecraft

Model Ayam di Minecraft
Model Ayam di Minecraft. Sumber: Sketchfab/@vinceyanez

Ayam adalah mob pasif yang ada dalam game Minecraft. Kamu bisa menemukan mob tersebut di berbagai bioma, khususnya di rerumputan.

Namun, bioma yang akan sering memiliki ayam adalah bioma hutan. Bioma hutan merupakan bioma yang berisikan hutan dan pohon yang lebat, sehingga para ayam senang berada di bioma tersebut.

Pemain akan menemukan ayam sebagai mob yang pasif. Hal tersebut berarti bahwa ayam tidak akan menyerang pemain ketika bertemu.

Terlebih, ayam di Minecraft juga tidak akan menyerang pemain meskipun terkena damage oleh pemain. Mereka akan kabur jika pemain menyakiti dengan memukul atau metode lainnya.

Ketika pemain berhasil membunuh seekor ayam, maka mereka akan mendapatkan bola EXP yang tidak begitu banyak.

Namun, pemain Minecraft tentunya harus membunuh seekor ayam untuk mendapatkan makanan berupa Raw Chicken.

Jika pemain berhasil membunuh seekor ayam dengan menggunakan api, maka ayam tersebut akan menjatuhkan Cooked Chicken.

Perbedaan Cooked Chicken dengan Raw Chicken adalah pengisi lapar yang lebih baik. Cooked Chicken akan membuat pemain kenyang lebih cepat daripada Raw Chicken.

Selain Raw / Cooked Chicken, ayam juga bisa menjatuhkan Feather ketika terbunuh. Jika pemain membunuh ayam tersebut menggunakan Looting Enchantment, maka akan mendapatkan item dan exp yang lebih.

Baca Juga: Penjelasan dan Cara Mendapatkan Kucing di Minecraft

Cara Mengembangbiakkan Ayam

Chicken Farm
Peternakan Ayam di Minecraft. Sumber: Pro Game Guides

Mengembangbiakkan ayam bisa sangat berguna untuk kelangsungan hidup para pemain di game survival ini. Pasalnya, ayam memberikan material berupa makanan yang sangat berguna.

Cara mengembangbiakkan ayam juga sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan mekanisme rumit.

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menemukan dua ayam di sebuah area. Setelah itu, perangkaplah dua ayam tersebut dengan membuat pagar sekelilingnya.

Setelah mereka terperangkap, gunakanlah berbagai macam Seeds seperti Pumpkin Seeds dan Melon Seeds kepada dua ayam tersebut dengan klik kanan.

Ketika kamu memberikan dua ayam tersebut dengan Seeds, maka mereka akan berkembang biak dan menghasilkan satu ayam kecil.

Dibutuhkan 20 menit untuk ayam kecil tersebut tumbuh besar, namun bisa dipercepat dengan memberikannya Seeds sebagai makanan.

Lakukanlah metode tersebut untuk beternak ayam hingga memiliki puluhan ayam di kandang dan kamu bisa membunuh salah satu ayam tersebut untuk dijadikan makanan.

Baca Juga: Mengenal Perahu Minecraft dan Cara Membuatnya

Tips dan Trik

Peterkanakan Ayam Minecraft
Peterkanakan Ayam Minecraft

Terdapat berbagai tips dan trik yang bisa kamu implementasikan mengenai ayam di Minecraft. Pertama, kamu harus berhati-hati dengan ocelot yang bisa memakan ayam.

Maka dari itu, jangan buat peternakan ayam di bioma hutan yang penuh dengan ocelot, karena mereka bisa termakan oleh hewan hutan yang berbahaya bagi ayam.

Kedua, kamu bisa membuat peternakan di area tinggi karena ayam tidak akan menerima fall damage dari ketinggian berapa pun. Hal tersebut karena ayam bisa mengepakkan sayapnya ketika terjatuh.

Terakhir, ayam lebih suka mendekati area dengan cahaya dan akan menjauhi area tanpa cahaya. Maka dari itu, kamu bisa membuat peternakan ayam dengan peternakan hewan lainnya seperti sapi.

Demikian pembahasan mengenai ayam di Minecraft, semoga bermanfaat!

Penuhi kebutuhan top up Minecraft hanya di VCGamers Marketplace Digital dan dapatkan promo yang masih tersedia.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!