5 Tips Seputar Warden Minecraft, Catat Ini!

Warden adalah salah satu mob di Minecraft yang sangat kuat. Menurut Minecraft Wiki, mob tersebut memiliki HP dan damage yang paling tinggi di antara mob lainnya.

Para pemain baru mungkin penasaran dengan salah satu mob terkuat ini. Maka dari itu, VCGamers akan membahas tentang tips seputar Warden di game Minecraft versi versi terbaru.

Baca Juga: Minecraft: Pocket Edition, Gameplay, dan Cara Download Gratis!

Tips Seputar Warden di Minecraft Versi Terbaru

Berikut ini adalah tips dan trik yang bisa kamu ikuti ketika menemukan Warden. Sebelumnya, yuk simak cara memanggil Warden di bawah ini!

Cara Summon Warden di Minecraft

Warden Minecraft Sculk Shriekers
Terdapat Dua Sculk Shriekers. Sumber: YouTube/VIPmanYT

Terdapat cara yang bisa kamu lakukan untuk menemukan atau memanggil mob bernama Warden ini, sesuai dengan mode yang kamu mainkan.

Pertama, kamu akan lebih mudah memanggil Warden dalam mode Creative. Dalam mode Creative, kamu bisa memanggil Warden dengan menggunakan item bernama Warden Spawn Egg.

Selanjutnya, kamu juga bisa memanggil Warden dengan input command: /summon minecraft:warden dan mob tersebut akan hadir.

Berbeda dengan mode Creative, kamu harus mencari Ancient City terlebih dahulu. Pasalnya, Warden hanya bisa kamu temukan di area Ancient City.

Untuk pergi ke Ancient City, kamu hanya bisa menemukannya di bioma Deep Dark yakni bioma goa. Terlebih, kamu hanya bisa menemukan Ancient City di bawah koordinat Y-0.

Menjelajahi bawah tanah akan cukup melelahkan, maka dari itu kamu bisa menjelajahi area sekitar Y -52 hingga menemukan bioma Deep Dark.

Setelah sampai di Ancient City, carilah kotak bernama Sculk Shriekers seperti gambar di atas. Kotak tersebut akan memanggil Warden dengan empat panggilan.

Setiap panggilan akan merubah area Ancient City menjadi lebih gelap dan ketika panggilan keempat selesai, Warden akan muncul.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Air di Minecraft, 100% Berhasil!

Menyelinap di Sekitar Warden

Ilustrasi Warden Minecraft
Ilustrasi Warden Minecraft. Sumber: Minecraft

Ancient City memiliki berbagai sumber daya dan bahan-bahan yang langka dan tidak bisa kamu temukan di bioma lain. Namun, terdapat Warden sebagai mob yang menjaga sumber daya tersebut.

Sebagian pemain mungkin akan mencari tahu cara untuk membunuh Warden. Namun, sebenarnya membunuh Warden tidak memberikan penghargaan yang signifikan.

Menurut Dexerto, membunuh Warden di Minecraft hanya memberikan tiga experience orb. Selain itu, Warden tidak memberikan drop item yang unik dan tidak ada achievement yang diberikan kepada pemain.

Maka dari itu, tujuan utama pemain pergi ke Ancient City adalah untuk berpetualang dan mencari sumber daya unik. Berpetualang di Ancient City tidak semudah itu ketika ada Warden yang terpanggil.

Ketika ada Warden, tips pertama yang bisa kamu ikuti adalah menyelinap. Menyelinap sekitar Warden tidak akan membuatnya marah. Pasalnya, Warden adalah mob yang buta dan hanya peka terhadap getaran dan aroma atau bau.

Getaran yang dihasilkan pemain ketika menyelinap akan lebih sedikit dan hampir tidak ada. Maka dari itu, jangan lupa untuk menyelinap agar Warden tidak marah dan menyerang pemain dengan serangan mematikan.

Baca Juga: Fungsi Bambu Di Minecraft Untuk Update 1.20

Menjauh Sebisa Mungkin

Warden Minecraft Bawah Tanah
Bawah Tanah Minecraft. Sumber: TheGamer

Menyelinap saja sebenarnya tidak terlalu cukup ketika berhadapan dengan Warden di Ancient City. Pemain perlu menjauh sebisa mungkin dari Warden.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, Warden memiliki HP dan damage yang paling besar di antara semua mob Minecraft.

Dengan besarnya stat tersebut, maka pemain harus menghindar dan akan kesusahan ketika melawan Warden satu lawan satu.

Menjauh dari Warden bisa sangat membantu. Namun, mob tersebut bisa saja tiba-tiba mencium bau pemain sehingga menemukan letak dimana pemain sedang menyelinap.

Alihkan Warden dengan Projectile dan Towering

Towering
Metode Towering di Minecraft. Sumber: YouTube/wattles

Ketika Warden mengetahui lokasi pemain, terdapat cara yang bisa mengalihkan perhatian mob tersebut sehingga bisa menjauh dari pemain yakni dengan menggunakan projectile.

Projectile dalam game Minecraft bisa berupa panah. Ketika kamu memanah ke sekitar Warden, anak panah yang meluncur akan mendistraksi Warden.

Setelah memanah ke sekitar Warden, langkah selanjutnya adalah jangan memanah lagi dan terus menyelinap tanpa menghasilkan getaran.

Ketika menyelinap tanpa menghasilkan getaran, Warden akan menginvestigasi anak panah sehingga menjauh dari lokasi pemain.

Jika kamu tidak membawa panahan, maka kamu bisa melakukan towering. Towering dalam Minecraft adalah ketika kamu membangun menara hanya dengan satu blok seperti gambar di atas.

Dengan melakukan towering, maka Warden akan mengalihkan perhatiannya ke arah lain namun kamu harus cepat melakukannya. Pasalnya, Warden bisa mengeluarkan serangan Sonic Boom yang jaraknya cukup jauh.

Gunakan Item Golden Apple atau Totem of Undying

Golden Apple
Golden Apple di Minecraft. Sumber: IGN

Ketika menjelajahi Ancient City, sebaiknya para pemain mempersiapkan segala kebutuhan yang mungkin harus digunakan. Sebagai contoh, item Golden Apple dan Totem of Undying bisa sangat membantu.

Tentunya, eksplorasi ke area Ancient City adalah eksplorasi end-game. Pemain harus sudah memiliki berbagai sumber daya untuk bisa bertahan hidup ketika mengitari dan menjelajahi Ancient City.

Item Golden Apple bisa kamu dapatkan dengan crafting. Taruh apel di tengah slot Crafting Table dan kelilingi apel di slot tengah tersebut dengan Gold Ingot.

Kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan setelah memakan Golden Apple, seperti Absorption I yang memberikan 4 poin HP seperti armor dan Regeneration II yang sangat membantu jika kamu kehilangan HP.

Selain Golden Apple, kamu juga bisa menggunakan Totem of Undying. Item tersebut bisa membuat pengguna menghindari kematian. Dapatkan Totem of Undying dengan membunuh Evokers di area Woodland Mansions.

Demikian pembahasan mengenai tips seputar Warden di Minecraft versi 1.19, semoga membantu!

Jangan lupa untuk kunjungi VCGamers Marketplace dan penuhi berbagai kebutuhan transaksi in-game dengan promo yang masih tersedia!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!