11 Anti Crowd Control Mobile Legends, Serang Hero Lawan Tanpa Henti!

anti crowd control cover

Anti Crowd Control dalam game Mobile Legends akan sangat bermanfaat untuk menghadapi kemungkinan di-ganking atau diserang secara beruntun oleh hero lawan.

Beberapa hero ada yang bisa melepaskan diri dari CC hero lawan, baik dengan skillset mereka maupun dengan item atau battle spell.

Yang paling umum dilakukan oleh para player supaya bisa lolos dari Crowd Control adalah dengan dash atau blink. Namun, cara ini masih bisa digagalkan dan diatasi oleh skill CC yang memang punya dampak AoE atau jangkauan serangan yang panjang dan luas.

Baca juga: Tips Gameplay Chou Terbaik Di Mobile Legends 2022

Kali ini, penulis akan menjabarkan 11 Anti Crowd Control yang dapat ditemukan dalam game. 9 di antaranya adalah hero dengan skill anti CC, sementara 2 lainnya adalah battle spell.

9 Hero Anti Crowd Control Terpopuler Versi VCGamers

Aldous

anti crowd control aldous
Hero Aldous

Anti Crowd Control yang pertama dapat kamu temukan dalam skill ulti Aldous. Ulti-nya dapat menembus dinding arena, hadangan lawan maupun serangan creeps atau ranged yang kecil.

Saat ia berubah menjadi roket ini, setiap hero yang berada di depannya akan terdorong dan terkena damage beruntun. Ulti Aldous ini juga bisa mengganggu lawan yang mau recall atau dash.

Karena ulti ini, Aldous jadi hero yang sangat tangguh terutama saat mid hingga late game, di mana stack damage-nya sudah banyak terkumpul. Ia jadi bisa menghindari serangan burst yang dilakukan oleh hero lawan sambil tetap memberi damage saat ia kabur.

Jadi, pengguna Aldous biasanya bermain sebagai offlaner, mengumpulkan stack, dan kabur dengan skill ulti-nya ke area yang lebih aman.

Yin

anti crowd control yin
Hero Yin (Sebagai Lieh)

Salah satu hero yang baru saja rilis ini punya skill Anti Crowd Control. Skill ini khususnya akan aktif ketika Yin berubah menjadi Lieh.

Sebelum ia dapat berubah, Yin harus terlebih dulu farming di EXP Lane, supaya bisa membuka skil ulti-nya lebih cepat.

Supaya lebih efektif, ia dapat menggunakan skill 1 dan 2-nya untuk burst damage atau blink. Yin punya physical damage tinggi karena ada efek dari skill pasifnya.

Setelah ulti Yin terbuka, gunakan untuk membawa hero lawan ke realm khususnya dan berubah menjadi Lieh. Kalahkan lawan sebelum 8 detik supaya Lieh bisa bebas dari realm-nya dan menyerang hero lawan di arena. Skill 1 Lieh ini punya efek Anti Crowd Control.

Mathilda

anti crowd control mathilda
Hero Mathilda

Mathilda juga jadi banyak digunakan player di season 23 ini karena skillset-nya punya banyak support sekaligus bisa memberi damage terhadap lawan.

Skill Anti Crowd Control Mathilda dapat dijumpai dalam ulti-nya. Cara kerja ulti Mathilda ini cukup unik karena akan menandai targetnya dan mengganggunya dengan bola-bola api.

Ketika ulti-nya ditekan sekali lagi, Mathilda akan dash dan menyerang target tersebut. Saat melakukan serangan ini, ia akan terbebas dari CC yang mungkin saja digunakan oleh hero lain.

Dampak dari ulti ini juga bisa memberikan efek stun terhadap targetnya. Skill ulti Mathilda berfungsi dua arah, yakni untuk memberi efek Crowd Control dan sebagai Anti Crowd Control untuknya.

Baca juga: Intip Build Mathilda Tank Ter- GG di Season 22

Chou

anti crowd control chou
Hero Chou

Sebagai hero dengan predikat meta setiap season-nya, Chou dilengkapi dengan skill Anti Crowd Control. Skill 2 Chou adalah skill anti CC dari hero lawan.

Biasanya, player pengguna Chou akan menggunakan kombinasi serangan skill 1 terlebih dulu di awal game. Basic attack dan skill 1 Chou akan menjadi serangan andalannya sebelum memanfaatkan skill Anti CC-nya nanti.

Sebagai hero yang bisa rotasi dengan cepat, Chou baru akan menggunakan skill 2 setelah lawan banyak spam skill CC mereka. Ini akan bermanfaat supaya Chou juga tidak terhalang saat roaming.

Selain itu, kombinasi battle spell Flicker dan ulti Chou bisa digunakan sebagai cara lain untuk kabur dan meloloskan diri dari kejaran lawan.

Johnson

anti crowd control johnson
Hero Johnson

Hero Johnson kembali populer sebagai tank yang sering digunakan untuk split push atau lock kea rah lawan. Apalagi, Johnson sempat mencuri perhatian di MPL Indonesia season 9.

Jelas saja skill Anti Crowd Control Johnson adalah ulti-nya. Saat ia berubah menjadi mobil, Johnson tidak akan bisa dicegat dengan skill CC. Yang ada, hero yang mencegatnya-lah yang akan kena skill CC dari Johnson berupa stun.

Ketika sudah berhasil lock ke salah satu hero dan stun mereka, Johnson bisa membawa salah satu rekannya untuk kemudian menyerang lawan yang tidak berdaya tersebut.

Pengguna hero yang bisa berubah jadi mobil ini biasanya akan banyak memanfaatkan HP tebal Johnson supaya susah dikalahkan.

Yve

anti crowd control yve
Hero Yve

Sebenarnya, skill Anti Crowd Control dalam hero Yve ini bukan kebal terhadap stun, immobilize atau slow, melainkan terhadap lawan yang bisa dorong-dorong seperti Aldous dan Tigreal.

Menggunakan anti CC saat bermain sebagai Yve, cukup aktifkan ulti skill Yve saja. Nantinya, hero yang akan menginterupsi skill ulti Yve dengan skill dash atau blink tidak akan mampu mendorongnya.

Dengan ulti Yve juga, player bisa bebas menyerang targetnya selama mereka berada di dalam kotak imajiner Yve dalam beberapa saat.

Sebagai serangan skill yang biasa di-spam oleh player yang menggunakan hero mage ini, skill 1-nya lah yang biasa dijadikan sebagai jurus andalan Yve.

Kalau mana Yve sudah cukup banyak, kombinasi skill 1 dan 2-nya akan membuat lawan kerepotan. Kombinasi kedua skill ini akan memberi efek CC berupa slow terhadap targetnya.

Baca juga: 7 Tips Main Hero Yve Mobile Legends, Bikin Kamu Makin Jago!

Cecilion

anti crowd control cecilion
Cecilion Dan Carmilla

Saat Cecilion menggunakan ulti-nya, saat itu juga kemampuan Anti Crowd Control-nya aktif. Banyak player memanfaatkan ulti Cecilion untuk lebih banyak mengumpulkan stack mana.

Cecilion bahkan bisa stack hingga 99,999 dalam satu pertandingan, meski jarang player bisa mencapai jumlah stack tersebut.

Apabila ia diduetkan dengan item magic attack yang bisa memberikan peningkatan damage bergantung pada jumlah mana, sudah pasti Cecilion akan semakin OP di mid hingga late game.

Namun, kalaupun player tidak dapat menggunakan taktik ini, skillset Cecilion punya efek CC berupa immobilize dan pull lewat skill 2-nya.

Ia jadi bisa banyak spam skill 1 dan 2 untuk stack serta memberi dampak CC, sementara ulti-nya bertindak sebagai Anti Crowd Control saat ia akan di-disable oleh hero lawan.

Benedetta

anti crowd control benedetta
Hero Benedetta

Tidak seperti kebanyakan hero lainnya, Anti Crowd Control Benedetta ada di skill 2-nya. Skill 2 Benedetta berfungsi sebagai penahan serangan lawan, kemudian ia akan counterattack lawan dengan kilat.

Keuntungan dari menggunakan skill 2 Benedetta ini, player dapat memberi damage beruntun sekaligus terbebas dari efek slow, stun dan immobilize.

Skill 2 ini juga punya efek blink, sehingga Benedetta bisa langsung lolos dari kepungan lawan sambil memberi damage terhadap mereka.

Skill pasif dan ulti Benedetta juga punya serangan yang mirip. Gunakan skill pasif Benedetta untuk mengumpulkan stack dalam lambang pedang di atas kepalanya.

Ulti-nya bisa dimanfaatkan untuk meloloskan diri dari kepungan lawan sambil memberi efek slow terhadap mereka.

X.Borg

anti crowd control x.borg
Hero X.Borg

Hero yang biasa “bakar-bakar” lawannya ini juga tidak dapat kena interupsi saat ia menggunakan ulti-nya. X.Borg punya ulti yang cukup merepotkan karena punya efek True Damage juga.

Artinya, setiap kali X.Borg mengaktifkan ulti, serangannya akan tembus shield maupun item defense. Satu-satunya cara menghindari ulti X.Borg adalah dengan blink, dash atau naik mobilnya Johnson.

Skill pasif X.Borg juga punya kemampuan memberi shield untuknya. Inilah yang menjadikan X.Borg sebagai hero jungler atau EXP laner yang sangat menyebalkan, terutama di late game.

Baca juga: Rekomendasi Item Build X.Borg Tersakit 2022

2 Battle Spell Anti Crowd Control

Purify

anti crowd control purify
Battle Spell Purify

Dari fungsi battle spell Purify ini saja sudah jelas akan dapat menyembuhkan semua status buruk hero penggunanya, termasuk Anti Crowd Control. Battle spell ini akan didapatkan saat player mencapai level 15.

Akan tetapi, seperti kebanyakan battle spell lainnya, cooldown purify untuk dijadikan sebagai Anti Crowd Control cukup lama, yakni 90 detik.

Pakailah battle spell ini ketika dalam keadaan terdesak dan sulit lolos dari CC lawan. Sebelum menggunakannya, cobalah untuk blink atau dash dulu dan simpan untuk late game.

Sprint

anti crowd control sprint
Battle Spell Sprint

Anti Crowd Control dalam battle spell ini adalah kemampuannya menambah speed hero sebesar 50%. Saat efek battle spell ini aktif, penggunanya akan kebal terhadap slow selama 6 detik.

Sprint merupakan alternatif dari Flicker ketika hero kamu ingin lebih bermain sebagai roam atau hyper. Battle spell ini juga cukup ampuh bagi hero dengan speed kecil.

Sayangnya, cooldown battle spell ini adalah 100 detik, namun kamu dapat mendapatkannya ketika mencapai player level 7.

Baca juga: Jangan Asal Pilih! Ini Fungsi 12 Battle Spell di Mobile Legends

Anti Crowd Control ini ampuh untuk kembali mengatur formasi guna melancarkan serangan atau ganking balasan terhadap lawan. Manfaatkan skill anti CC ini dan buat lawan lengah ya Vicigers!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!