Airdrop Crypto : Pengertian dan Cara Kerjanya

cara menghitung keuntungan crypto

Airdrop Cyrpto adalah salah satu istilah di dalam cryptocurrency.  Bagi kamu yang telah lama atau baru memulai untuk melakukan aktivitas investasi crypto, pastinya juga telah mengetahui apa itu airdrop crypto.

Aktivitas investasi kripto di Indonesia dapat dikatakan telah berkembang pesat selama beberapa tahun terakhir.

Karena diketahui bahwa tercatat hingga belasan juta orang yang telah melakukan investasi aset crypto sampai dengan beberapa waktu lalu.

Istilah airdrop tentunya sudah sangat familiar di telinga para investor aset digital crypto.

Kali ini kita akan mengulas secara mendalam mengenai hal tersebut. Sehingga, publik pun dapat mengetahui tentang hal tersebut dan memahaminya ketika ingin mulai berinvestasi.

Baca juga:
$VCG Token Kripto VCGamers Resmi Meluncur, Simak Info Lengkapnya!
VCGamers Bagikan Puluhan Ribu $VCG Token Gratis
Seleksi Tim Valorant VCGamers Dibuka, Ayo Ikutan!

Airdrop Crypto

Ilustrasi kripto - Freepik Pesan Bappebti - Whitepaper Crypto
Ilustrasi kripto – Freepik

Airdrop Cyrpto adalah pemberian aset crypto yang dilakukan oleh pengembang aset (developer) kepada sejumlah orang atau anggota komunitas yang terpilih untuk mendapatkannya.

Airdrop menjadi salah satu metode pemasaran yang dilakukan oleh pengembang dari suatu project coin atau token crypto.

Terdapat aktivitas pengiriman dan penerimaan aset crypto dalam setiap event airdrop yang digelar.

Pengiriman dilakukan oleh pengembang dan yang melakukan penerimaan adalah setiap orang atau anggota komunitas yang terpilih.

Coin atau token crypto yang jumlahnya telah ditentukan itu dikirim langsung ke dompet crypto mereka.

Airdrop akan diberikan kepada orang-orang atau anggota komunitas crypto dengan syarat dan ketentuan tertentu dari tim pengembang.

Seperti misalnya melakukan retweet unggahan atau postingan dari perusahaan yang memiliki project crypto hingga mengikuti sebuah event.

Pemilik dompet crypto yang memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditentukan sebelumnya akan dipilih oleh pengembang project sehingga dapat menerimanya.

Selanjutnya, tim dari pengembang project akan meminta alamat dompet crypto pemenang. Kemudian, akan dilakukan proses pengiriman sejumlah coin atau token langsung ke dompet crypto para pemenang.

Sebelum pelaksanaan event Airdrop, perusahaan yang menggelar event tersebut biasanya akan melakukan promosi melalui beragam saluran media yang tersedia.

Kamu bisa menemukannya langsung di laman website resmi perusahaan yang mempunyai project crypto ataupun di sosial media mereka.

Selain itu, informasi mengenai hal tersebut juga bisa kamu dapatkan dengan masuk ke dalam sebuah komunitas aset crypto.

Baca juga:
Mengenal RansVerse dan Aktivitas yang Ada di Dalamnya
Cara Membeli Tanah Virtual di RansVerse
Wow! Lahan Cluster Virtual di RansVerse Laku Terjual Seharga Rp150 Juta

Cara Mendapatkan Airdrop Crypto

risiko investasi kripto - Analisa BNB dan BTC
Ilustrasi Pergerakan aset kipto. (Source: Freepik)

Setiap orang berkesempatan untuk mendapatkannya jika kamu terlibat dalam kegiatan tertentu atau memenuhi syarat dan ketentuan dari pengembang aset.

Namun yang perlu menjadi catatan, bahwa jumlah airdrop yang diberikan terbatas. Artinya, hanya setiap orang atau anggota komunitas yang dapat menerima airdrop.

Selain menguntungkan penerima, kamu juga perlu mengetahui bahwa airdrop juga berguna untuk perjalanan dari sebuah aset crypto.

Karena kehadiran dari aridrop mempunyai fungsi selain untuk promosi sebuat aset crypto. Salah satu fungsi dari adanya airdrop yaitu aset crypto dapat tersebar secara luas.

Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai airdrop di berbagai kanal media sosial. Namun, selalu pastikan kebenaran dari informasi yang beredar.

Kamu bisa memverifikasinya dengan masuk ke dalam grup komunitas sebuah aset crypto. Selain itu, kamu bisa juga memeriksanya melalui media sosial seperti twitter maupun instagram dari project tersebut.

Baca juga:
Simak! Ini Istilah dalam Cryptocurrency yang Perlu Diketahui
Yeay! EIGER Adventure Akan Segera Hadir di RansVerse
VCGamers Gelar AMA Bersama Dex Capital, Ini Pembahasannya!

DYOR

Ilustrasi Kripto
Ilustrasi Kripto

Dalam melakukan investasi aset crypto kita harus selalu melakukan riset atau perlu melakukan Do Your Own Research (DYOR).

Hal ini kita perlukan agar dapat menganalisa dan mengetaui fundamental dari suatu aset crypto. Langkah ini dibutuhkan seluruh investor sebelum berinvestasi.

DYOR pun sangat penting karena investasi aset crypto merupakan hal yang berisiko tinggi. Sehingga, kita perlu melakukan riset mendalam tentang suatu project sebelumnya.

Pastikan bahwa keputusan yang diambil saat berinvestasi berdasarkan hasil riset. Selain melakukan DYOR kita juga harus memerhatikan sejumlah hal sebelum berinvestasi.

Di antaranya yaitu kita perlu untuk melihat Road Map dari sebuah project. Dengan mengetahui Road Map, kita bisa tahu apa saja yang telah dikerjakan oleh pengembang aset tersebut.

Selain itu, kita juga bisa mengetahui proses apa yang sedang dan yang akan dikerjakan setelahnya. Sehingga kita bisa memutuskan untuk berinvestasi atau tidak.

Karena, Road Map dari perusahaan pengembang aset crypto bisa memberikan kita mendapatkan gambaran jelas tentang prosgres dan perjalanan sebuah aset.

Kita juga perlu melihat rekam jejak dari sebuah aset serta developer yang membangun project crypto. Rekam jejak akan memudahkan kita menjadi tahu bagaimana perjalanan sebuah coin dan token setelah berlangsung.

Lebih dari itu, kita pun perlu melakukan manajemen risiko ketika berinvestasi.

Setiap investasi tentu memiliki risikonya masing-masing pun demikian dalam hal cryptocurrency. Tentukan batas atas dan batas bawah saat berinvestasi aset. Sehingga, kita bisa meminimalisir segala resiko yang muncul.

Kita juga perlu mengenal segala fitur dari sebuah project crypto. Pengetahuan mengenai hal itu tentu akan membuat kamu dapat menikmati layanan yang disediakan. Salah satu fitur yang telah dimiliki sejumlah token dan coin yaitu Staking.

Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut dengan baik ketika sudah memiliki sebuah aset digital.

Baca juga: Mengenal VCG Token: Aset Crypto Legal dengan Puluhan Ribu Holders

Sekadar informasi, VCGamers telah meluncurkan aset crypto bernama VCG Token yang beroperasi pada jaringan Binance Smart Chain (BEP-20) dan Ethereum (ERC-20).

VCG Token telah listing di CEX nasional dan global serta DEX global. Di antaranya yaitu Indodax, BitMart, Pancakeswap dan Uniswap.

Kamu dapat memiliki aset crypto dari VCGamers tersebut dengan mudah di sejumlah platform jual beli aset crypto tersebut. VCG Token memiliki sejumlah fitur di antaranya $VCG Staking serta $VCG Bridge & Swap.

Di samping itu, VCG Token juga telah digunakan sebagai alat tukar di RansVerse.  Di mana, aset crypto ini dapat digunakan untuk membeli seluruh keperluan di dalam metaverse seperti LAND, rumah, pakaian dan lainnya.

RansVerse adalah metaverse pertama di Indonesia yang dibangun atas kolaborasi RANS Entertainment, VCGamers, Shinta VR dan UpBanx.

Untuk mengetahui informasi mengenai VCG Token, kamu dapat mengikutinya di Update VC News!

Artikel Crypto oleh PINTU


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!