7 Game yang Membatalkan Puasa, Harus Dihindari!

game yang membatalkan puasa

Puasa merupakan ibadah bagi umat Islam di Bulan Suci Ramadan. Jika ingin tetap bermain game, kamu perlu tahu apakah ada game yang membatalkan puasa.

Meski banyak ibadah sunnah yang baik dilakukan di bulan ini, tak sedikit juga orang yang mengisi waktu sambil menunggu waktu berbuka puasa dengan bermain game.

Bermain game memang menyenangkan, tetapi bisa membuat kita lupa waktu dan membuat hari terasa lebih singkat.

Ini jelas sia-sia, karena kamu tidak punya waktu untuk melakukan ibadah lainnya. Meski demikian, bermain game selama bulan puasa tidak dilarang.

Berhati-hatilah dalam memilih game, karena saat ini banyak game yang berpotensi membatalkan puasa, sehingga bisa membatalkan puasa.

Baca juga: 5 Game Horror Indonesia Terbaik Beserta Link Download

Berikut Daftar Game yang Membatalkan Puasa

Simak artikel berikut untuk mengetahui daftar lengkap game yang berpotensi membatalkan puasa, kamu harus perhatikan sebaik mungkin.

Game Horror

game yang membatalkan puasa
Sumber: detik.net.id

Jika tidak bisa melihat bagian tubuh yang berlumuran darah, sebaiknya hindari bermain game jenis ini saat puasa ramadhan.

Silent hill, Resident Evil 7, The Evil Within, dan sebagainya memiliki tampilan grafis bagian tubuh berlumuran darah yang bisa membuatmu buang air kecil, pada akhirnya bisa membatalkan puasa.

Jadi game yang bikin batal puasa ini tidak disarankan dimainkan ketika kamu sedang menjalankan ibadah.

Baca juga: Dear Orang Tua, Ini Game Dewasa yang Perlu Dijauhi dari Anak

Game Kompetitif

Sumber, gimbot.com
Sumber, gimbot.com

Game kompetitif seringkali menuntut kita untuk melawan pemain lain. Inti dari kekalahan saat bermain, perilaku beracun para pemain dapat mencakup penggunaan kata-kata kotor, yang hanya meningkatkan kemungkinan kekalahan.

Karena saat bertemu dengan orang-orang toxic, emosi kamu juga bisa terpancing. Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire adalah contoh dari game ini.

Game Dewasa 

game yang membatalkan puasa
Sumber, kaskus.co.id

Game ini didesain untuk orang dewasa, jadi sebaiknya tidak dimainkan saat bulan puasa. Beberapa game dewasa berpotensi menurunkan pahala menjalankan puasa ramadhan.

Setelah berbuka puasa, kamu tidak bisa bermain game dewasa, seperti Gta (Grand Theft Auto), The Witcher, Dean Of Alive, dan masih banyak lagi. Game yang membatalkan puasa ini harus kamu hindari ketika bulan ramadhan.

Baca Juga: 5 Item Makanan Minecraft Late Game Terbaik

Game Kekerasan 

game yang membatalkan puasa
Sumber: froyonion.com

Game dengan kekerasan jumlahnya semakin banyak. Saat dihadapkan pada skenario ini, emosi mungkin muncul yang dapat memengaruhi puasa kamu dan mengurangi pahala.

Oleh karena itu, lebih baik hindari permainan kekerasan, karena dapat sangat menghambat puasa kamu.  Pubg, Counter Strike, dan Free Fire semuanya adalah game yang mengandung kekerasan.

Game Makanan

game yang membatalkan puasa
Sumber, sukaon.com

Puasa berarti berhenti makan dan minum dari waktu imsak hingga matahari terbenam. Permainan makanan atau memasak yang menawarkan kesenangan mungkin menggoda bagi kamu yang sedang berpuasa.

World chef, Cooking Mama, dan masih banyak game makanan lainnya, bisa mengganggu konsentrasi dan membuat puasa kamu kurang maksimal. Game yang membatalkan puasa ini tidak disarankan bagi kamu yang menjalani ibadah pada bulan Ramadhan.

Game Multiplayer

game yang membatalkan puasa
Sumber, teknovidia.com

Game multiplayer akhir-akhir ini menjadi salah satu jenis game yang paling populer. Permainan seperti ini dapat menimbulkan reaksi kemarahan dari pemainnya yang tentunya dapat merusak puasa. Sebaiknya hindari game multiplayer seperti Pubg dan Mobile Legends.

Game Virtual Novel

game yang membatalkan puasa
Sumber: duniagames.co.id

Game novel virtual game novel virtual cenderung menjual cerita atau jalan cerita di dalam game. Sehingga, kita perlu untuk mengikuti jalan ceritanya untuk bisa memainkan game tersebut.

Biasanya pemain didorong untuk terjun ke dalam imajinasi mereka, sehingga kamu bisa membayangkan hal-hal yang vulgar.

Sekian informasi yang kami sampaikan mengenai game yang membatalkan puasa, pastikan kamu menghindari game diatas ketika menjalankan ibadah puasa.

Baca juga: Games Playstation 2 yang Masih Laris di 2023, Apa Saja?

Top Up Game Termurah dan Tercepat hanya di VCGamers Marketplace sekarang juga! Diskon Hingga Rp150 Ribu!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!