5 Hal Utama yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Valorant untuk Gameplay yang Nyaman

Valorant merupakan game tactical dan session shooter yang dikembangkan oleh Riot Games dan telah menemukan pasarnya di segmen e-sports.
valorant
Valorant. Source: AcerId

Valorant merupakan game tactical dan session shooter yang dikembangkan oleh Riot Games dan telah menemukan pasarnya di segmen e-sports dan bahkan memikat beberapa pemain profesional dari CS GO dan game lainnya. 

Valorant bahkan mempengaruhi pengembangan CS 2, meskipun faktanya game ini pun muncul di bawah pengaruh CS GO.

Sekarang, project Valve ini juga menggunakan sistem 13, bukan 16 ronde yang harus dimenangkan untuk meningkatkan rank Valorant.

Baca juga: Cerita, Gameplay dan Fitur Bloodline The Last Royal Vampire

Konsep Dasar

Valorant
Valorant. Source: Riot Games/Google

Project dari Riot Games adalah game shooter dengan dua tim yang masing-masing terdiri dari lima orang akan bermain, di mana kamu akan bermain baik untuk tim penyerang maupun pertahanan.

Dalam pertandingan akan ada lonjakan – analog dari bom yang perlu dipasang, atau, sebaliknya, untuk mencegah hal ini dan membersihkannya jika terjadi penambangan.

Baca juga: Supermarket Simulator: Gameplay, Spesifikasi PC, dan Harganya

Agen

Jett Valorant
Agen Jett. Source: Rock Paper Shotgun/Google

Valorant menggunakan sistem agen yang, selain senjata, akan memiliki sejumlah keterampilan dari berbagai jenis yang dapat digunakan dalam pertempuran.

Keahlian tersebut bisa berupa keahlian dalam eksplorasi, bertempur, atau membantu orang lain.

Setiap agent berperan dalam peningkatan rank di Valorant, dan kamu hanya dapat memilih satu hero per tim.

Sage

Hero pendukung yang menggunakan es dan healing di medan perang.

Karena dinginnya, kamu dapat memasang jalan yang lambat atau bahkan seluruh tembok yang harus dihancurkan oleh lawan, atau melewatinya.

Kamu akan dapat menyembuhkan dan bahkan membangkitkan sekutumu, dan dengan demikian memiliki kesempatan untuk mengubah hasil dari setiap ronde.

Sova

Hero pengintai yang dipersenjatai dengan busur dan, jika perlu, dapat menembakkan panah yang menunjukkan lokasi musuh kepada semua anggota tim.

Kamu dapat meluncurkan drone terpisah dan pada saat skill ini aktif, kamu akan melihatnya dengan mata sampai dihancurkan atau dibatalkan, dan kamu akan dapat benar-benar terbang di seluruh map.

Kamu juga akan memiliki skill menyerang yang memungkinkan kamu mengisi anak panah dengan energi dan melepaskannya ke arah musuh, menyebabkan damage besar jika mengenai target.

Braimstone

Ini adalah kelas penyerang lengkap yang dapat memberikan efek penguatan pada suatu lokasi, memberikan pukulan kuat ke titik yang dipilih di peta, membuat layar asap, dan melepaskan granat api.

Ini adalah agent yang sangat kuat untuk setiap boost Valorant.

Jett

Dia adalah hero petualang yang bergerak cepat yang mendatangkan malapetaka di belakang garis musuh dengan kecepatan dan kelincahannya.

Serta kemampuannya untuk melompat ke objek yang tinggi, yang memungkinkannya untuk dengan cepat menyerbu ke belakang garis musuh dan menghancurkannya, menguntungkan timnya.

Kamu akan memiliki kesempatan untuk membuat asap, berlari ke depan dan melemparkan lima belati, menyebabkan damage besar jika salah satu dari mereka mengenai target.

Baca juga: Gameplay dan Unit Pasukan Unicorn Overlord

Ekonomi dan Senjata

Agent Jett Valorant Tipe Duelist
Agent Jett Valorant Tipe Duelist. Source: VCGamers

Di setiap ronde, kamu akan memiliki anggaran untuk membeli senjata dan keterampilan agen, dan kamu harus dapat mendistribusikannya sehingga kamu selalu memiliki senjata terbaik.

Setiap jenis senjata akan memiliki jumlah uangnya sendiri untuk membunuh musuh dengan bantuannya.

Putaran pertama dan ketujuh, secara tradisional untuk penembak sesi, akan diadakan dengan pistol, tetapi putaran selanjutnya akan saling berhubungan secara langsung. 

Sebagian besar uang akan datang dari senjata otomatis dan senapan.

Senjata yang paling mahal dan paling tidak menguntungkan, tetapi senjata yang kuat adalah sniper rifle.

Yang paling efektif adalah senapan serbu AK atau M4.

Senjata murah saat ada kekurangan dana adalah analog dari Dessert Eagle, atau shotgun.

Map Permainan dan Titik Penempatan Bom

Map Lotus
Callout  Map Lotus. Source: The SportsRush

Valorant terus diperbarui dan diisi ulang dengan kartu-kartu baru, tetapi bagaimanapun tampilannya, prinsip umumnya tetap tidak berubah.

Di setiap wilayah, ada dua titik pemasangan bom dan tiga arah yang bisa kamu tempuh.

Ini adalah jalur menuju lokasi, pusat, atau rute pintas untuk mencapai titik-titik ini.

Kamu perlu berinteraksi dengan tim untuk terus menghasilkan taktik baru dan pembagian skuad sehingga kamu dapat secara efektif mengumpulkan informasi di peta dan mengejutkan musuh, begitulah cara mendapatkan peningkatan rank di Valorant.

Baca juga: 5 Agen Valorant Terbaik untuk Dominasi Map Lotus

Menembak

Judge Visualization
Judge Visualization. Source: Valorant

Kamu harus belajar menembak secara akurat dan mampu menekan musuh dengan tembakan yang deras.

Latihan membidik dengan satu peluru dalam satu waktu, yang sering disebut one-tap, akan membantu kamu dalam hal ini – ini adalah penargetan cepat dan membunuh musuh secara instan, yang digunakan oleh para pemain profesional.

Untuk melatihnya, kamu perlu mengarahkan pandangan sedikit ke samping dan dengan gerakan tajam memindahkannya langsung ke kepala musuh. 

Jika kamu tidak punya waktu di medan perang, atau keterampilan menembakkan satu peluru dalam satu waktu, maka kamu selalu dapat menembakkan tiga peluru sekaligus.

Untuk melakukan ini, arahkan pandangan setinggi leher, kemudian dari hamburan peluru mereka akan terbang ke kepala dan tubuh, yang akan menyebabkan damage fatal pada pada musuh.

Berlatihlah menembakkan tiga peluru sebagai alternatif dari tembakan terarah dengan kerusakan tinggi dan kesempatan untuk menghancurkan musuh secara instan pada jarak menengah dan dekat.

Rahasianya adalah kamu menembakkan tiga peluru sekaligus, dan meskipun satu peluru mencapai target, itu menyebabkan damage tinggi, dan dua peluru lainnya hampir pasti akan menghancurkan musuh. 

Banyak pemain beralih ke semprotan dalam kepanikan pertempuran – ini adalah taktik yang baik jika kamu  memahami penyebaran kartrid dan dapat menurunkan pandangan sehingga dijamin akan terbang ke target.

Baca juga: Jett Valorant, Sang Duelist dari Korea Selatan!

Kesimpulan tentang Game Valorant dan Poin Gameplay Utama

Valorant adalah pesaing terdekat untuk CS GO, yang membawa semangat kompetisi ke industri game, tetapi melanjutkan mekanisme permainan populer dari penembak sesi yang akan akrab bagi sebagian besar pemain.

Yang membuatnya unik, pertama-tama, adalah sistem agen, yang menambahkan berbagai mekanisme dan keterampilan seperti penembakan, granat asap dan api, penyembuhan dan kebangkitan untuk agen individu, yang harus dapat menggabungkan dengan benar untuk memiliki sarana pengintaian dan serangan terhadap musuh.

Untuk merasakan sepenuhnya semua kesenangan Valorant, kamu harus bermain di semua agen yang tersedia, setidaknya untuk memahami secara detail semua mekanisme dasar dan dapat menangkalnya di masa mendatang.

Jumlah ronde untuk menang di Valorant telah dikurangi menjadi 13 dan pemain lebih menyukai pendekatan ini, sedemikian rupa sehingga Valve sendiri menambahkannya ke CS 2.

Sistem ekonomi akan sangat mirip dengan CS, dan satu-satunya fitur yang membedakan adalah kemampuan untuk membeli bola tambahan dengan keterampilan unik untuk kelas kamu; mereka juga dapat diperoleh melalui serangkaian pembunuhan dalam ronde.

Cobalah untuk memainkan pertandingan peringkat, karena di dalamnya semua pemain akan lebih termotivasi untuk bermain lebih baik dan meningkatkan rank.

Website dengan Informasi Tentang Valorant


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!