11 Hero Kurang Laku ML Di Season 23, Kalah Pamor Sama Hero Meta!

hero kurang laku ml cover

Hero kurang laku ML khususnya di season 23 ini merupakan hero yang jarang di-pick oleh pemain pemula maupun pemain veteran. Tentunya, ada banyak alasan yang mendorong mereka kurang populer untuk dipakai.

Salah satu alasan dari kurang populernya hero tertentu adalah gameplay-nya yang terbilang rumit sehingga tidak bisa dipakai sembarangan. Selain itu, ada juga hero yang memang dari segi skillset-nya tertinggal oleh hero meta season tertentu.

Sebenarnya, Moonton sendiri sudah berusaha untuk mengangkat pamor para hero tersebut, seperti dengan memberikan skin baru atau buff. Tapi, tetap saja hal ini kurang membantu.

Baca juga: Terima Buff, Wanwan Mobile Legends Jadi Makin OP

Artikel kali ini akan membahas alasan-alasan dari sekitar 11 hero paling kurang laku, khususnya di meta season 23 Mobile Legends ini.

11 Hero Kurang Laku ML Yang Tergusur Oleh Meta Season 23

Aulus

hero kurang laku ml aulus
Hero Kurang Laku ML Aulus

Sebenarnya, Aulus punya potensi sebagai hero yang bisa diandalkan khususnya di EXP Lane. Akan tetapi, skillset-nya terbilang kalah jauh dengan hero fighter yang asumsinya bisa digunakan sebagai DPS ataupun menggendong tim.

Melihat skillset Aulus, kebanyakan skill-nya hanya bertumpu pada burst damage dan buff untuk physical damage saja tanpa menghasilkan skill defense untuknya.

Ia juga kurang lihai bermain di EXP Lane apabila dibandingkan dengan Sun, Chou, Aldous dan Dyrroth. Bahkan, Aulus juga kalah pamor dari Balmond yang punya gameplay hampir mirip dengannya.

Hilda

hero kurang laku ml hilda
Hero Kurang Laku ML Hilda

Hero kurang laku ML selanjutnya adalah Hilda, hero tanker yang juga punya skill cukup baik untuk bertahan dari efek CC lawan dan punya burst damage.

Alasan pertama ia termasuk ke dalam hero paling kurang laku di Mobile Legend adalah karena skill pasifnya bisa dengan mudah di-counter oleh hero seperti Saber, Natalia dan Aamon.

Karena alasan tersebut, efektifitas Hilda saat bersembunyi di semak-semak jadi berkurang drastis, ditambah lagi dengan hadirnya Aamon yang bisa menghilang tanpa harus masuk ke semak-semak.

Hilda juga kalah pamor dengan hero tanker yang lebih multitalen seperti Franco dan Khufra, meskipun kedua hero tersebut tidak memiliki efek regen sepertinya.

Baca juga: Item Tank Mobile Legends Terbaik, Gunakan Ini Agar Bisa Victory!

Vexana

hero kurang laku ml vexana
Hero Kurang Laku ML Vexana

Hero yang satu ini sepertinya memang sulit untuk jadi populer. Soalnya, skillset Vexana cukup rumit untuk digunakan dan damage-nya juga tidak seberapa. Makanya, player juga jadi malas untuk menggunakannya saat ranked karena bakalan jadi feeder untuk hero lawan.

Moonton juga padahal sudah memberinya buff di awal season 23 ini, tapi tetap saja penyakit dari Vexana adalah mana-nya yang sangat boros.

Player yang menggunakan Vexana pasti akan selalu berupaya untuk spam skill 2-nya karena merupakan satu-satunya sumber damage GG dari Vexana.

Ulti Vexana juga tidak seberapa, karena ia hanya akan bisa membuat tiruan hero yang dibunuh olehnya dengan status yang hanya menambah magic damage sedikit saja. Bahkan, tiruan hero yang dibuat Vexana saja bisa dengan mudah menghilang apabila ia berhasil di-kill.

Minsitthar

hero kurang laku ml minsitthar
Hero Kurang Laku ML Minsitthar

Hero kurang laku ML berikutnya adalah Minsitthar, yang sebetulnya punya kemampuan CC yang cukup baik melalui skill ulti-nya.

Ulti Minsitthar hampir bisa meng-counter semua tipe hero yang punya pergerakan lincah, blink skill maupun CC. Akan tetapi, skillset Minsitthar lainnya-lah yang menyebabkannya kalah pamor dari hero dengan gameplay sejenis, seperti Tigreal dan Lapu-Lapu.

Dengan burst damage dan CC serta skill pasif yang lebih mutakhir, Lapu-Lapu lebih banyak di-pick oleh player karena mereka beranggapan bahwa CC masih bisa dihindari dengan Flicker.

Sementara itu jika melihat skill pasif Minsitthar, ia hanya akan memberikan tambahan gold saja untuk tim yang jumlahnya pun juga tidak seberapa dan bisa diganti dengan build emblem atau item.

Baca juga: Lengkap! Inilah Build Minsitthar Tersakit di Mobile Legends 2021

Alpha

hero kurang laku ml alpha
Hero Kurang Laku ML Alpha

Alpha menjadi hero kurang laku ML karena belum banyak player yang nyaman menggunakannya saat ranked match.

Sebagai hero yang punya desain mirip dengan Saber ini, Alpha punya kemampuan untuk menciptakan true damage dari skill pasifnya. Akan tetapi, Alpha akan sangat kesulitan ketika ia berhadapan dengan hero yang punya shield serta HP tebal seperti Baxia, Franco dan Johnson.

Skillset Alpha juga kebanyakan diciptakan untuk keperluan poke saja, hingga ia juga menjadi kurang sering menciptakan kill. Karena kebanyakan player ingin MVP, maka Alpha jadi jarang di-pick.

Diggie

hero kurang laku ml diggie
Hero Kurang Laku ML Diggie

Hero Diggie juga jadi kurang laku di ML karena skillset-nya sebagian besar bertumpu hanya untuk support satu tim saja.

Kalaupun Diggie bisa jadi kebal karena tidak bisa ditarget lawan setelah ia kena kill, ini tidak memiliki ancaman serius untuk tim lawan. True damage yang diciptakan Diggie juga tidak terlalu berpengaruh besar, kecuali ketika ia digunakan untuk poke saja.

Bila ada player yang menggunakan Diggie saat ranked match, itu artinya player tersebut memang hanya ingin menjadi support saja tanpa menciptakan banyak kill.

Sementara itu, kebanyakan player ingin menciptakan banyak kill dan menjadi MVP pertandingan. Inilah alasannya Diggie menjadi hero yang kurang tepat untuk di-pick khususnya saat push rank.

Baca juga: Hero Support Mobile Legends Terbaik Februari 2022

Martis

hero kurang laku ml martis
Hero Kurang Laku ML Martis

Performa Martis di arena Land of Dawn tampak angin-anginan. Ketika ia di-build dengan benar, maka skillset-nya juga bisa jadi GG di season 23 ini.

Akan tetapi, kebanyakan player yang menggunakan Martis kurang pandai memanfaatkan skill 2-nya yang punya dua bentuk. Biasanya, player yang kurang paham gameplay Martis hanya akan spam skill 1 saja dari jauh.

Padahal, Martis sendiri bisa menciptakan kombinasi serangan dari skill 2 dan ulti-nya. Ditambah lagi, ia juga bisa menciptakan true damage dengan ulti-nya.

Karena kurang pandainya para player memanfaatkan timing, maka Martis sering jadi bulan-bulanan hero lawan dan selalu kena ganking saat ranked match.

Saber

hero kurang laku ml saber
Hero Kurang Laku ML Saber

Saber juga jadi hero paling kurang laku di Mobile Legend karena skillset-nya kalah oleh assassin meta season 23 ini.

Skill 1 Saber kerap dibandingkan dengan skill 1 dan 2 Aamon yang notabene punya efek lebih baik daripada Saber. Aamon juga diklaim lebih bisa digunakan oleh pemain pemula karena ia punya keuntungan magic damage dan serangan jarak jauh, dengan cooldown yang cukup sebentar.

Sementara memainkan Saber harus memanfaatkan timing dan taktik yang jitu supaya ia bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Inilah alasan vital Saber kurang diminati oleh kebanyakan pemain pemula, apalagi saat mereka ingin push rank dari Warrior ke Epic.

Baca juga: Tips Gameplay Saber di Mobile Legends, Carry Tim Sampai Victory!

Odette

hero kurang laku ml odette
Hero Kurang Laku ML Odette

Odette juga sama nasibnya dengan Saber dan Martis, karena ia kurang dapat menjadi mage yang serba bisa seperti Esmeralda, Alice, Lunox dan Yve.

Skillset Odette sebenarnya punya keuntungan tersendiri untuk memberikan efek CC seperti Slow dan Immobilize. Tetapi, jangkauan skill Odette tidak sejauh Alice dan juga tidak secepat Yve sehingga ia akan rentan terkena serangan balik sebelum mengeluarkan skill-nya.

Di samping itu, Odette juga kurang bisa tahan banting sebagai solo midlaner dan harus sering roaming yang menambah beban untuk player pemula khususnya.

Irithel

hero kurang laku ml irithel
Hero Kurang Laku ML Irithel

Hero Irithel jadi hero kurang laku ML karena ia sulit bersaing dengan para marksman lain yang memang sudah langganan jadi hero goldlaner, seperti Clint, Claude, Beatrix dan Brody.

Sebagai hero marksman juga, Irithel pergerakannya kurang oke. Saat awal perilisannya, Irithel sempat membuat player terpukan dengan HP tebal dan kemampuan CC-nya yang bisa mengunci pergerakan hero seperti Alucard dan Zilong.

Akan tetapi, di meta season 23 sekarang, semua skillset dan kemampuan Irithel akan dengan mudah di-counter oleh hero marksman yang lebih gesit dan punya burst damage.

Akibatnya, Irithel juga sudah bukan menjadi ancaman lagi di meta season 23 kecuali apabila build-nya dibuat lebih mantap dan tepat dengan tim yang juga kuat.

Hanabi

hero kurang laku ml hanabi
Hero Kurang Laku ML Hanabi

Hanabi juga menjadi hero paling kurang laku Mobile Legend selanjutnya karena ia hanya bergantung pada kemampuan poke-nya saja tanpa banyak memberi damage sakit.

Misalnya saja, Hanabi cukup gesit dan cepat saat melarikan diri dari kejaran hero lawan. Namun, ia akan rentan terkena bidikan hero Lesley dan tidak berdaya apabila ditarik oleh Kaja ataupun Franco.

Padahal, Hanabi juga sudah diberi dukungan buff dan juga skin baru di season 23 ini, namun kemampuannya kurang bisa menandingin para goldlaner meta seperti Clint, Claude, Beatrix dan Brody.

Baca juga: Rekomendasi Item Build Hanabi Tersakit 2022

Itulah 11 hero kurang laku ML khususnya di season 23 ini. Alasan utama mereka kurang laku adalah karena tidak mampu bersaing dengan hero meta season sekarang. Ini tentunya akan jadi tugas untuk Moonton maupun player untuk mengangkat pamor mereka lagi saat push rank khususnya.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!