Video Game Kurangi Potensi Depresi? Ini Hasil Penelitiannya!

Tips Game

Video game dinilai dapat mengurangi kemungkinan terkena depresi. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang dilakukan seorang ilmuwan bernama Brian Sutton-Smith.

Gamer bisa bangga dengan diri mereka sendiri. Karena, Sains telah membuktikan bahwa game bagus untuk pikiran dan kesadaran kita.

Dengan bantuan hiburan semacam itu, kamu dapat mencapai tingkat pengembangan diri yang luar biasa.

Lebih penting lagi, video game merangsang otak kita dan meminimalkan kemungkinan depresi. 

Dalam artikel ini, essay helper akan menjelaskan bagaimana video game membantu menghindari depresi dan mengembangkan keterampilan yang berharga.

“Bekerja dan tidak ada permainan membuat Jack menjadi anak yang membosankan,” ketik protagonis The Shining di mesin tik.

Memang, “pekerjaan” sering dilihat sebagai antonim dari kata “hiburan”. Tetapi penelitian ilmiah baru-baru ini membuktikan bahwa kebalikan dari bermain adalah depresi.

Ide ini pertama kali dikemukakan oleh Brian Sutton-Smith, seorang ilmuwan yang mengabdikan hidupnya untuk mempelajari aspek psikologis dari permainan. 

Dia menjadi terkenal di tahun 50-an dan 60-an abad ke-20 ketika dia mempelajari efek hiburan pada anak-anak dan orang dewasa.

Sutton-Smith belajar bahwa orang menjadi lebih percaya diri dan energik saat bermain dan mengalami emosi positif yang kuat.

Semua ini menggambarkan kebalikan dari depresi, ketika seseorang sangat pesimis, terutama tentang bakat, peluang, dan prospeknya.

Sutton-Smith melakukan sebagian besar penelitiannya jauh sebelum para ilmuwan mulai menggunakan mesin pemindai otak khusus untuk memantau sirkulasi darah dan dengan demikian mendiagnosis penyakit mental. Dia juga bekerja tanpa mengetahui bahwa video game akan mengambil alih dunia kita.

Secara statistik, lebih dari 1,23 miliar orang kecanduan game komputer, tetapi yang terpenting, kami sekarang tahu persis apa yang ada di kepala orang-orang tersebut.

Selama beberapa tahun terakhir, banyak penelitian telah menggunakan terapi resonansi magnetik fungsional. Yang paling menonjol dilakukan oleh Universitas Stanford, yang “melihat ke dalam” otak para gamer.

Hasilnya menunjukkan: “Saat kita bermain video game, dua area di otak kita terus distimulasi: area yang bertanggung jawab atas motivasi dan area yang membuat kita ingin mencapai tujuan baru”.

Bagaimanapun, kami sangat fokus pada task yang ada selama hiburan semacam itu. Apakah kita sedang memecahkan masalah yang rumit, mencoba menemukan benda tersembunyi, berjuang untuk garis finis, atau mencetak poin maksimal, tidak masalah.

Tujuan mana pun menarik perhatian kita, memotivasi kita, dan memaksa fokus kita. Kami berharap untuk berhasil dan bagian otak kanan mulai bekerja secara aktif, membuat kami ingin menang.

Sementara itu, semua game (bukan hanya game edukasi) dirancang untuk dipelajari. Level pertama selalu mudah, dan pemain dengan cepat ditarik ke dalam proses, menguji strategi dan keterampilan tindakan yang berbeda. Di setiap level, misi akan menjadi semakin kompleks, dan sebagian besar permainan dibuat agar orang tersebut terus belajar sepanjang skenario.

Mendapatkan pengalaman baru adalah kunci minat pemain yang semakin besar, dan itulah rahasia menikmati video game. Kegembiraan hilang ketika tidak ada yang terjadi, dan kamu tidak didorong untuk belajar. Orang itu berhenti bermain.

Jadi, hanya sedikit orang dewasa yang menyukai permainan “tic-tac-toe” klasik – Semua strategi kemenangan sudah dipelajari dengan hati. Namun selama permainan tersebut membutuhkan ketekunan, hippocampus akan diikutsertakan dalam proses tersebut, dan pemain akan menikmati hal tersebut.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!