Tingkatkan Pengetahuan Kamu dengan Tips dari Game

Cara Menghubungkan Oculus ke PC

Apakah kamu ingin bermain game online favoritmu di tengah-tengah sesi belajar yang intens? Nah, ada cara sempurna untuk memadukan sensasi bermain game sambil menjalankan studi dengan sempurna.

Untuk waktu yang lama, bermain game telah menjadi penghalang untuk belajar. Game menghabiskan sebagian besar waktumu sambil membawa kamu ke dimensi lain. Itulah mengapa sebagian besar gamer sering kali hanya memiliki sedikit waktu untuk fokus pada studi mereka dan bergantung pada layanan penulisan seperti MasterPapers untuk bantuan tugas akademis di saat-saat terakhir.

Studi terbaru menunjukkan hubungan positif antara bermain game dan peningkatan kinerja akademik. Beberapa video game meningkatkan kemampuan motorik, kecepatan, dan persepsi visual, yang sangat berperan dalam bidang akademik. Namun, apakah hal ini tidak selalu terjadi pada semua gamer karena sifatnya yang membuat ketagihan?

Dapatkah para gamer mengadaptasi apapun dari dunia game dan dapat diterapkan dalam studi mereka? Haruskah para pendidik berpikir untuk membuat gamifikasi pelajaran mereka untuk melayani para siswa ini? Mari pelajari lebih lanjut di bawah ini

Baca juga: Pembelajaran Berbasis Game: Mengembangkan Keterampilan Kritis melalui Video Game dalam Pendidikan

Gamifikasi untuk Studi Kamu

Studi Game
Gamifikasi untuk Studi Kamu. Source: Youtube.

Pasca pandemi, adopsi teknologi di sektor pendidikan semakin meningkat. Lebih banyak peluang terbuka untuk meningkatkan proses pembelajaran.

Salah satu sektor yang sedang berkembang dan mendapatkan banyak perhatian adalah gamifikasi untuk menarik perhatian dan minat peserta didik. Para pengajar mengembangkan metode pengajaran baru dan inovatif yang melibatkan permainan untuk meningkatkan pembelajaran aktif dan retensi pengetahuan.

Para instruktur ini menggunakan elemen, mekanisme, fitur, dan desain game dalam pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menarik. Menambahkan tantangan, level, penghargaan, kompetisi, dan pencapaian membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan inklusif.

Hasilnya adalah meningkatkan motivasi siswa. Memasukkan lencana, papan peringkat, dan poin memungkinkan instruktur untuk memanfaatkan kebutuhan siswa akan pengakuan dan pencapaian. Ulasan masterpaper kami menunjukkan bahwa siswa menjadi aktif terlibat dalam studi mereka sambil menyempurnakan proses pembelajaran mereka.

Baca juga: Microlearning: Menggunakan Sedikit Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan

Apa yang Dapat Diperoleh Peserta Didik dari Gamifikasi?

Sekolah Desain Game Terbaik USC
Yang Didapat Peserta Didik dari Gamifikasi. Source: VCGamers

Selain meningkatkan semangat belajar, gamifikasi sangat bermanfaat bagi kesejahteraan siswa. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh para siswa:

Pengalaman Pendidikan Pribadi

Pengalaman pendidikan yang dipersonalisasi memungkinkan pembelajaran mandiri dan pengembangan strategi pembelajaran yang dipersonalisasi. Selain itu, hal ini memudahkan siswa untuk menyesuaikan kecepatan belajar mereka agar sesuai dengan tingkat pemahaman mereka terhadap konten kursus.

Melalui gamifikasi, instruktur dapat menyusun pendekatan yang dipersonalisasi yang meningkatkan kekuatan siswa sambil berfokus pada kelemahan mereka. Selain itu, hal ini juga dapat menumbuhkan disiplin diri, tanggung jawab diri, dan keterampilan manajemen waktu untuk belajar.

Mendapatkan Feedback Sesegera Mungkin 

Pengaturan pembelajaran yang digerakkan oleh game memberikan penilaian instan terhadap proses belajar siswa melalui umpan balik langsung. Oleh karena itu, menjadi mudah untuk menentukan area perbaikan dan konsentrasi untuk pengalaman belajar yang sehat.

Siswa dan instruktur, dalam berkolaborasi, dapat menetapkan tujuan sambil memprioritaskan tugas untuk fokus pada area masalah utama ini.

Pembelajaran Sosial

Sesi pembelajaran yang digamifikasi mendorong kerja sama tim dan keterlibatan sosial, mirip dengan sesi permainan. Para siswa bergandengan tangan dengan yang lain sambil bekerja sama, bertukar ide, dan memecahkan masalah, mirip dengan sistem multi-pemain. Para pelajar ini menghadapi tantangan sambil bekerja sama untuk menemukan solusi sambil belajar dari satu sama lain.

Meningkatkan Pemikiran Kritis dan Pemecahan Masalah

Rangkaian tantangan yang disajikan oleh game ini meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa. Siswa harus berpikir secara mendalam tentang solusi yang mungkin untuk setiap tindakan. Mereka harus mempertimbangkan setiap keputusan dengan bijak sambil memikirkan hasilnya. Selain itu, hal ini memaksa mereka untuk mencoba solusi yang berbeda sambil menganalisis hasilnya.

Baca juga: 5 Daftar Games Edukasi Mobile Terbaik 2024, Auto Makin Pinter!

Elemen-Elemen Game untuk Dimasukkan ke dalam Pelajaran

Candy Crush Saga
Candy Crush Saga. Source: Play Store

Apakah kamu ingin meningkatkan pengalaman belajar? Berikut adalah berbagai elemen permainan yang dapat dimasukkan ke dalam sesi belajar harian:

Tantangan dan Level

Mulailah dengan melihat tujuan dan sasaran belajar sebagai tantangan dan level yang mirip dengan video game. Meskipun tantangannya adalah mengalahkan beberapa penjahat dalam video game, ada beberapa level yang dirancang dengan gerakan, seperti melompati teka-teki atau mengatasi rintangan.

Pandanglah konten kursusmu sebagai tantangan dan bagian yang berbeda sebagai level yang mengarah ke tujuan akhir: lulus ujian. Setiap level menghadirkan tantangan baru yang membutuhkan persiapan, perubahan pola pikir, dan pemahaman. Terapkan logika yang sama saat bermain Angry Birds atau Candy Crush.

Aturan

Desain setiap permainan dilengkapi dengan aturan yang harus diikuti. Seperangkat aturan mendasari struktur permainan video apapun. Aturan menentukan game, cara bermain, dan tindakan apa yang diperbolehkan. Sama halnya dengan sesi belajar, beberapa aturan mengatur bagaimana cara kamu belajar dan apa yang berlaku untuk studi.

Misalnya, beberapa aturan belajar dasar termasuk teratur, tidak membolos, membuat catatan, membuat rencana belajar, dan menetapkan tujuan belajar. Mematuhi aturan-aturan ini berarti pengalaman belajar yang sempurna yang memenuhi tujuan dan sasaran.

Sistem Hadiah

Sistem hadiah adalah bagian integral dari permainan video apa pun. Sistem ini mempengaruhi motivasi, kepuasan, dan retensi pemain. Imbalan dalam game ini berkisar dari pujian, hadiah, permainan yang berkepanjangan, hak untuk menyombongkan diri, kekuatan, atau level yang tidak terkunci.

Demikian pula, sesi belajar harus memiliki sistem penghargaan setelah mencapai tujuan belajar. Ini adalah cara yang sama yang kamu dapatkan dari buku-buku bagus guru dengan menyelesaikan tugas tepat waktu atau mendapatkan bintang emas untuk perilaku yang baik di kelas. Beri dirimu waktu istirahat selama 10 menit untuk memecah kebosanan belajar, atau manjakan diri dengan makanan ringan.

Papan Peringkat

Papan peringkat menciptakan semangat kompetisi di antara para gamer sambil menampilkan nama peringkat, poin yang terkumpul, dan skor. Hal ini memungkinkan pemain untuk membandingkan kemajuan dan keterampilan satu sama lain sambil bertindak sebagai sumber motivasi. Papan peringkat ini memiliki tingkatan untuk mendorong pemain bekerja lebih keras dan meningkatkan keterampilan mereka.

Dalam sesi belajar, papan peringkat sangat penting untuk melacak kemajuan belajar. Kamu dapat mengatur dengan teman-teman sambil memberikan skor untuk tugas yang berbeda, misalnya, menyerahkan tugas tepat waktu, menghadiri semua kelas, dan lulus tugas. Di akhir semester, kamu dapat menghitung poin dan melihat siapa yang berada di puncak papan peringkat.

Baca juga: Rekomendasi 5 Kartun Anak Terbaik

Buat Gamifikasi Hari Ini

Lain kali jika kamu kesulitan menyelesaikan studi, ingatlah bahwa kamu dapat dengan mudah membuat gamifikasi agar lebih kompetitif dan menarik. Mulailah dengan menetapkan tujuan yang jelas. Setelah itu, buat papan peringkat dan sistem penghargaan untuk setiap tugas yang diselesaikan. Anggap saja ini sebagai perjalanan ke dimensi lain untuk menyempurnakan studi.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!