Tanggal Rilis Quest 3, Gadget Kekinian Terbitan META!

Meta Quest 3 - Tanggal Rilis Quest 3

Walaupun sudah masuk beberapa bulan penjualan meta quest 3 di seluruh dunia, masih banyak yang belum mengetahui secara pasti mengenai tanggal rilis quest 3.

Karenanya, banyak sekali penggemar gadget yang masih buta arah, akibat ketidaktahuan terhadap informasi yang sudah beredar.

Perangkat terbitan META yang dirilis sebagai headset mixed reality atau MR ini merupakan suksesor meta quest 2, yang dijual bersamaan dengan quest pro.

Dengan harga yang sedikit lebih mahal dari versi sebelumnya, quest 3 tetap jadi digandrungi oleh gadget geek, maupun orang awam. Karena, designnya yang sangat futuristik. Mengingatkan kita dengan film Ready Player One.

Bukan tak mungkin kedepannya, akan ada alat serupa yang betul-betul dapat menggantikan seluruh ponsel pintar.

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai quest 3 secara terperinci. Simak baik-baik faktanya.

Baca juga: Game Oculus Quest 2 Terbaik di 2024

Mengenal Spesifikasi Meta Quest 3

Meta Quest 3 - Tanggal rilis Quest 3
Meta Quest 3 on Display. (Source: Wikipedia/Google)

Bagi kalian yang masih bertanya-tanya tentang meta quest 3, perangkat ini adalah headset yang memadukan dunia nyata dengan dunia virtual. Sehingga, sering disebut sebagai mixed reality device oleh para gadget geek.

Meta quest 3 dilengkapi dengan prosesor Snapdragon XR2 Gen 2 untuk menopang kinerjanya. Prosesor ini khusus digarap oleh pihak Qualcomm, dan dikenalkan secara langsung, sebulan lebih cepat dari yang seharusnya.

SoC atau System on Chip dari perangkat in dibuat dengan ketebalan 4nm, sehingga penggunanya tidak merasakan beban yang terlalu berat ketika memakainya untuk kegiatan sehari-hari. Serta, tak memerlukan baterai tambahan.

Jika dibandingkan dengan vision pro ataupun quest 2, perangkat yang satu ini mempunyai kemampuan menampilkan grafis 2,5 kali lebih baik.

Tak hanya itu, quest 3 juga dilengkapi oleh 10 kamera dengan sensor yang dilengkapi AI. META mengklaim bahwa sensor ini 8 kali lebih bagus dibandingkan versi terdahulunya.

Untuk menunjang grafis tersebut, quest 3 dilengkapi layar beresolusi 3K, dengan 2.208 x 2.064 pixel dan refresh rate sebesar 90-120 Hz.

Bidang pandang dari gadget ini juga sangat luas, menurut penuturan reviewer dari Linus Tech Tips.

META sendiri mengklaim bahwa bidang pandangnya terbentang di antara 110 derajat horizontal dan 96 derajat vertikal.

Kalian juga bisa memilih di antara dua versi quest 3 yang tersedia, 128 GB ataupun 512 GB ruang penyimpanan.

Tak akan ada yang berbeda dari keduanya pada ukuran baterai, META menyebutkan bahwa quest 3 dapat bertahan selama 3 jam ketika dipakai secara konstan.

Walaupun begitu, perangkat ini sudah dilengkapi dengan pengisi daya yang mengeluarkan output 18W.

Tanggal Rilis Quest 3

Meta Quest 3 Kids
Meta Quest 3 Kids. (META/YouTube)

Dave Whener, CFO META pertama kali menghembuskan rumornya kala peliputan wartawan mengenai laporan keungan META di kuartal ketiga, pada 2022 silam.

Ia mengetakan bahwa, nantinya akan ada produk quest anyar yang rilis di tahun depan.

Walaupun tak disebutkan secara spesifik, namun kita dapat menyimpulkan bersama, bahwa perkataan tersebut merujuk pada quest 3. Sebab, hanya quest 3 yang resmi meluncur ke pasar dunia pada tanggal 10 Oktober 2023.

Harga di Indonesia

Meta Quest 3 in Game
Meta Quest 3 in Game. (Source: META/Google)

Quest 3 dapat kamu beli dengan harga 499,99 dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 7,45 juta rupiah untuk kategori 128 GB, dan 649 dollar Amerika serikat yang bisa disandingkan dengan Rp 10 juta rupiah di kategori 512 GB ruang penyimpanan.

Yang harus diketahui adalah, perangkat quest 3 ini baru hanya bisa dipesan untuk region Amerika Serikat saja. Karena, belum masuk pasar Indonesia.

Kamu bisa mengakses e-commerce online untuk menjelajahi ketersediaan barangnya. Tertarik?

Baca juga: Oculus Quest, Bisa Membawamu Main Ke Metaverse

Kunjungi VCGamers Marketplace untuk top up game kesayanganmu secara aman, cepat dan murah!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!