Taktik FM 24 Pep Guardiola, Pemula Wajib Tahu!

FM 24

Bagi kalian para pemula yang baru ingin bermain Football Manager 2024, ataupun ingin sekadar mencoba, bisa memilih beberapa taktik formasi dari rekomendasi yang ada di dalam in game, ataupun mencoba taktik FM 24 Pep Guardiola.

Tak ada salahnya meniru formasi manajer ternama, terlebih lagi seorang Pep Guardiola, manajer dengan segudang prestasi dan sepak terjangnya di dunia sepak bola sudah sangat berpengalaman.

Siapa yang tak kenal dengan Guardiola? Mantan manajer FC Barcelona, juga Bayern Munich ini adalah salah satu manajer yang diakui kehebatannya oleh seluruh pemain, serta manajer lainnya.

Dulu, ia sempat dirumorkan, hampir merapat ke sisi setan merah, Manchester United, sebelum menyetujui kontraknya dengan Bayern Munich.

Sir Alex kepincut dengan taktiknya yang sangat versatille. Ia bisa merubah formasi, ataupun skema permainan, hanya dengan beberapa kode tangan.

Guardiola mengandalkan skema penyerangan dan juga skema bertahan seimbang dalam penguasaan bola, yang cocok kalian terapkan di Footbal Manager 2024.

Bagaimana cara untuk menerapkan taktiknya di FM 24? Artikel ini akan membahasnya secara detail.

Baca Juga: Cara Download dan Gameplay Football Manager 2024

Berkenalan Dengan Football Manager

FM 24
FM 24. (Source: Steam)

Football Manager ialah game strategi yang mengusung tema taktikal manajerial sepakbola terbaik yang pernah ada.

Dibandingkan game sejenis, Football Manager lebih banyak disukai oleh para penggemarnya. Karena, kelengkapan fitur dan menu-menu pilihan sebagai seorang manajer yang mengurus sebuah klub sangat lengkap.

Pada seri game terbarunya, Football Manager memberikan pengalaman bermain yang sangat menyenangkan. Mereka memberikan sebuah kebijakan transfer, pembuatan squad dan juga finansial klub yang lebih komprehensif.

Fitur tersebut juga didukung oleh Artificial Intelegence, apabila player membutuhkan saran dari pihak ketiga untuk mangambil sebuah keputusan.

Jika pada seri FM 2023 sebelumnya tak ada peraturan FFP, FM 24 juga mendapatkan update fitur FFP atau Financial Fair Play yang membatasi transfer seperti di dunia nyata.

Ada banyak tambahan penyesuaian istilah, serta pergerakan pemain-pemain yang dapat diatur lebih ekspresif untuk meningkatkan atribut kreatifitas serangan, juga pengaturan “Be More Disciple” untuk membuat mereka tetap mengikuti strategi secara teratur.

Baca juga: Football Master 2: Fitur, Cara Bermain, dan Top Up Termurahnya

Taktik FM 24 Pep Guardiola

Taktik FM 24 Pep Guardiola
Taktik FM 24 Pep Guardiola. (Source: SportsBible/Google)

Jika kita lihat Manchester City, Tim yang diasuh olehnya, kebanyakan, City mengadopsi taktik 4-3-3 ataupun 3-2-4-1 ketika menyerang.

Pep biasanya melakukan overload midfield dengan menumpuk para pemain tengahnya, demi mendominasi aliran bola kedepan.

Ia juga cenderung menerapkan formasi 3 bek ketika menyerang, dari semula 4 bek. Bek kanan dan Bek kiri diposisikan Pep sebagai Inverted Wing Back ketika menyerang. Namun, akan berubah menjadi Inverted Full Back Ketika Bertahan.

Jika kamu mau mengadopsi taktik tersebut di FM 24, landasan taktiknya bisa kalian akses di menu custom, sebagai berikut:

  • Striker: Advanced Forward – Attack, (Tackle Harder)
  • Attacking Midfielder Left: Inside Forward – Attack (Roam From Position)
  • Attacking Midfielder Right: Inside Forward – Attack (Roam From Position)
  • Center Midfielder: Roaming Playmaker – Support (Cross Aim Center)
  • Center Midfielder: Box to Box Midfielder – Support (Move Into Channels, Close Down More)
  • Defensife Midfielder: Deeplying Playmaker – Defend
  • Center Back: Libero – Support
  • Center Back: Ball Playing Defender – Defend
  • Left Back: Inverted Full Back – Defend
  • Right Back: Inverted Full Back – Defend
  • Goal Keeper: Sweeper Keeper – Defend

Rekomendasi Pemain

Pep Guardiola
Pep Guardiola. (Source: BBC/Google)

Untuk menjalankan taktik tersebut, kita membutuhkan pemain dengan kemampuan pengolahan bola yang baik. Seperti, passsing dan tackling.

Atribut Vision dan Determination juga harus diperhatikan, agar dapat mengcounter strategi “keras” yang memanfaatkan body charge, layaknya taktik Wolverhampton Wanderers.

Ada nama-nama besar yang bisa kalian dapatkan dengan muda, seperti Kevin de Bruyne ataupun Robert Lewandowski. Tapi, tak semua klub yang kita pilih di in game mempunyai budget yang besar.

Alternatifnya, kalian bisa menggaet Rasmus Hojlund yang masih muda. untuk menggantikan Halland di City. Selanjutnya, nama-nama seperti Matheus Nascimento dan juga Benjamin Sesko di posisi striker utama.

Untuk posisi midfielder, pertimbangkan Ivo Gbric, Romeo Lavia, dan juga Joao Neves yang saat ini membela Benfica.

Selanjutnya, kalian juga bisa melakukan scouting bakat untuk daerah Skandinavia dan Afrika, yang sering luput dari perhatian. Namun, menyimpan talenta berbakat.

Baca juga: Rekomendasi Game Football untuk Android dan iOS

Beli produk digital dan top up game kesayangan kalian hanya di VCGamers Marketplace untuk transaksi cepat, aman dan terpercaya sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!