Segala Hal Tentang Minecraft Enchantments

Game Online

Buat para Vicigers yang doyan banget main game sandbox satu ini, pasti sudah tidak asing dengan istilah Minecraft Enchantments.

Yap, ini menjadi salah satu aspek menarik dan wajib untuk dijajal oleh para penikmatnya. Nah, buat yang penasaran seperti apa kiat-kiatnya, yuk kita simak ulasannya berikut ini!

Baca juga: Kumpulan Seeds Terbaik di Minecraft 2024

Serba-Serbi Minecraft Enchantments

Apa itu Enchantments? Enchantments bisa diartikan sebagai “ilmu” yang bisa disisipkan ke dalam barang-barang Minecraft.

Ini dapat dihadirkan dengan meningkatkan/memberikan kemampuan serta efek dari item dan equipment yang player gunakan di game.

Beberapa yang bisa diberikan Enchantments seperti pedang, busur, baju besi, dan lain-lain. Dengan Enchantments, Vicigers bisa membuat item-item jadi lebih kuat, tahan lama, hingga memiliki efek khusus yang berguna dalam berbagai situasi.

Untuk bisa mendapatkan menyisipkan Enchantments bisa didapatkan dengan beberapa cara. Berikut adalah beberapa diantaranya yang bisa Vicigers coba:

Meja sihir (Enchanting Table)

Enchanting Table
Enchanting Table. Sumber: Official Site

Meja sihir atau Enchanting Table adalah blok yang bisa kamu  buat dengan 4 Obsidian, 2 Berlian (Diamond), dan 1 Buku (Book). Menggunakan alat ini merupakan metode paling sederhana dalam pemberian Enchantments.

Untuk dapat melakukannya, Vicigers membutuhkan Lapis Lazuli sesuai kebutuhan dan juga turut “menumbalkan” poin pengalaman (Experience Point – EXP.) sebagai “biaya”-nya. Keduanya bisa didapatkan dengan banyak cara, khususnya Menambang (Mining).

Anvil

Anvil
Anvil. Sumber: Official Site

Anvil adalah blok yang biasa ditemukan pada pandai besi sebagai alas menempa. Vicigers bisa membuatnya dengan 4 Blok Besi (Block of Iron) dan 3 Besi Batangan (Iron Ingot).

Kamu bisa menggunakannya untuk menggabungkan dua item yang sama atau berbeda dan mendapatkan item baru dengan Enchantments yang lebih baik atau lebih banyak.

Sebagai contoh, Vicigers bisa menggabungkan dua pedang besi yang sudah memiliki Enchantments untuk mendapatkan pedang besi baru dengan Enchantments yang lebih tinggi atau lebih banyak.

Namun jangan lupa, ada juga biaya tambahan untuk bisa melakukannya dengan sukses.

Rak Buku (Bookshelf)

Bookshelf
Bookshelf. Sumber: Official Site

Rak Buku atau Bookshelf adalah blok yang bisa dibuat dengan 6 Kayu (Plank) jenis apapun dan 3 buku.

Pada dasarnya, Bookshelf sendiri tidak langsung memberikan Enchantments pada item-item kita, tetapi berfungsi sebagai struktur penunjang untuk Enchanting Table.

Jika Vicigers menempatkan rak buku di sekitarnya dengan jarak maksimal 2 blok, maka Enchanting Table akan dapat memberikan Enchantments yang lebih tinggi atau lebih banyak pada item yang di-Enchant. Jumlah rak buku yang dibutuhkan untuk mencapai level Enchantments maksimal adalah 15 buah.

Baca juga: Apakah Minecraft Cross Platform? Ini Jawabannya!

3 Minecraft Enchantments yang Wajib Diketahui

Nah selanjutnya adalah tiga Minecraft Enchantments yang wajib banget diketahui/dipahami nih Vicigers. Ketiganya merupakan jenis Enchantment yang berisfat umum: dapat berlaku di semua jenis item/equipment. Berikut ulasannya:

Mending (Maks. level enchantment: 1)

Mending atau yang berarti Perbaikan adalah jenis enchantments yang memiliki pemulihan daya tahan (durability) suatu item berbasis EXP orbs.

Singkatnya, item yang memiliki Mending didalamnya akan otomatis mendapatkan pemulihan durabilitas apabila Vicigers mendapatkan pundi-pundi EXP!  

Unbreaking (Maks. level enchantment: 3)

Unbreaking artinya Tidak Dapat Rusak. Yap, sesuai namanya, item ini dapat meningkatkan daya tahan dari item/equipment dengan cara membuatnya tidak dapat mengalami penurunan durabilitas ketika digunakan.

Meski begitu, item ini bukan berarti dapat membuat suatu item tidak dapat rusak. Ia hanya memperkecil kemungkinan menurunnya tingkat durabilitas dari suatu item/equipment.

Jadi pada beberapa kesempatan, item/equipment dengan Enchantment ini masih dapat mengalami penurunan durabilitas hinga rusak.

Curse of Vanishing (Maks. level enchantment: 1)

Dapat terlihat juga bahwa yang terakhir ini merupakan salah satu Curse: yap, Kutukan Hilang. Efek yang diberikannya adalah, item/equipment yang “terjangkit” Kutukan ini akan langsung hancur apabila Viciger mati di dalam game!

Baca juga: Minecraft 1.21: Eksplorasi Hutan Baru yang Menantang

Itulah pembahasan mengenai Minecraft Enchantments. Pastikan selalu memantau artikel-artikel ulasan terbaru mengenai Minecraft, hanya di vcgamers.com!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!