Review Earphone UGREEN EP103 Suara Oke Harga Terjangkau!

earphone ugreen ep103

Kali ini kami akan melakukan review satu earphone dari UGREEN, sebenarnya ini bukan earphone keluaran terbaru, tapi pasti banyak dari kamu yang penasaran dengan kualitas audio earphone ini.

UGREEN EP103 adalah HiFi earphone kabel yang menyediakan berbagai varian untuk portnya, mulai dari jack 3.5mm (30637), type-c (30638), dan lightning (30631).

Yuk kita bahas satu per satu, mulai dari build quality, fitur, serta kualitas audio dari earphone UGREEN EP103 ini.

Build Quality UGREEN EP103

Earphone ini memiliki build quality yang oke, housing plastik padat dan kokoh, dengan menggunakan ornamen logo U (UGREEN) dibelakangnya sebagai pemanis saat dipakai di telinga.

UGREEN EP103 mengadopsi model in-ear dengan karet eartips yang nyaman saat digunakan.

Di dalam paket penjualan kita juga diberikan 3 pasang eartips cadangan dengan berbagai ukuran, mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar.

Tombol kontrol all-in-one juga terasa kokoh dengan finishing yang rapih, jadi ga perlu takut cepat rusak kalo sering-sering kamu klik/tekan.

Kita beralih ke kabel yang digunakan, bahannya adalah TPE yaitu karet seperti earphone pada umumnya, tapi jangan salah persepsi dulu Vicigers, bahan TPE yang digunakan di earphone ini memiliki kualitas diatas standar alias premium.

Jangan bandingin dengan earphone harga 10 ribuan yang banyak dijual online ya yang karetnya mudah sobek/rusak kalau tertekuk.

tes keandalan UGREEN EP103 reliability test

UGREEN sendiri mengklaim bahwa kabelnya ini mampu menahan beban hingga 2 KG loh, dan di klaim juga sudah lolos melakukan serangkaian tes uji coba keandalan lainnya, seperti press test 5.000 kali pada tombol kontrol, swing test 5.000 kali, dan temperatur tes dengan kondisi -40°C hingga 75°C.

Selain itu, setelah kita tes menggulung asal-asalan kabel untuk dimasukkan ke saku celana atau tas, menyenangkannya kabel earphone ini tidak gampang kusut, jadi kamu bisa dengan mudah mengurai kabelnya menjadi lurus lagi.

Baca juga: Review TWS UGREEN: Suara Jernih dan Enak Dipakai!

Spesifikasi & Fitur

Rated Power 5mW
Panjang Kabel 1.2 meter
Sensitifitas 100±3dB
Diameter Speaker 10mm
Impedansi Speaker 32Ω
Respon Frekuensi 20Hz-20KHz

Seperti yang tertera pada spesifikasi tertulisnya, earphone UGREEN EP103 dibekali dengan fitur noise reduction, clear microphone, IPX 5 waterproof, serta tombol kontrol dengan berbagai fungsi.

Setelah kita coba untuk noise reduction pada earphone ini cukup baik, didukung dari kualitas eartips yang membantu menjaga suara dari luar tidak terdengar masuk mengganggu suara dari earphone.

Untuk microphone-nya sendiri dapat menghasilkan suara yang jernih saat kami tes melakukan perekaman dengan aplikasi bawaan smartphone, namun ada penurunan kualitas saat digunakan untuk bertelepon, suara yang diterima lawan bicara kurang jernih, suara terdengar jauh.

Saat pengetesan kami mencoba dengan beberapa smartphone, yaitu Poco X3 GT 5G, Poco X5 Pro 5G, iPhone 13, dan iPhone SE 2020. Namun penurunan kualitas suara microphone tetap terasa di semua device saat melakukan telepon biasa dengan nomor selular.

Tapi jika kami gunakan bertelepon dengan aplikasi pihak ketiga yang kami coba seperti WhatsApp & Google Meet, penurunan kualitas microphone tidak separah jika melakukan telepon biasa dengan nomor selular.

Sejauh yang kami tes, FaceTime adalah cara bertelepon tanpa adanya penurunan kualitas microphone di earphone ini.

Mungkin Vicigers yang sudah punya earphone ini bisa bantu kami kasih ulasan lain di kolom komentar? Kami tunggu ya!

Selanjutnya adalah IPX 5 waterproof yang mampu bertahan dari cipratan air, ingat ya cipratan air, bukan semprotan air bertekanan yang sengaja ditujukan ke earphone ini, apalagi sampai kamu tes pakai untuk berenang, kalau rusak kami ga tanggung jawab loh, begitupun pihak service center.

Terakhir yaitu tombol kontrol dengan berbagai fungsi, earphone ini menyediakan tiga buah tombol yang dapat kamu tekan/klik, yaitu:

  • Volume Up
  • Volume Down
  • Tombol kontrol
    • tahan 2 detik dalam posisi standby untuk mengaktifkan Siri/Google Voice
    • tahan 2 setik untuk menolak panggilan telepon
    • klik 2 kali untuk kontrol musik ‘next song’
    • klik 3 kali untuk kontrol musik ‘last song’

Fungsi tombol mungkin berbeda di beberapa perangkat, jadi bisa kamu coba sesuaikan di smartphone atau perangkat kamu lainnya ya.

Baca juga: Review UGREEN USB-C Multifunction Hub Adapter

Kualitas Audio

Earphone UGREEN EP103 ini memiliki diameter driver 10mm yang cukup besar, sehingga mampu menghasilkan suara yang cukup oke untuk earphone dikelasnya.

Kami melakukan beberapa uji coba untuk mengetes suara yang dihasilkan pada earphone ini, pertama yaitu kualitas audio pada frekuensi low, memiliki bass yang ‘cukup’ nendang, suara yang bulat dan empuk, cukup untuk menemani menikmati musik bass favorit kamu.

Lalu, di frekuensi mid, karakteristiknya bisa dibilang ‘balance’, cukup imbang antara low & high-nya; dan di high-nya sendiri, earphone ini punya suara yang cukup garing yang masih menyisakan sedikit bass yang bisa kamu dengar/rasakan.

Baca juga: 3 Produk UGREEN yang Wajib Kamu Punya di Tahun 2023

Kesimpulan

Overall kualitas audio dari earphone ini bisa dibilang ‘cukup oke!’, cukup oke buat nemenin aktifitas kamu sehari-hari menggunakan earphone ini, mau dipakai buat dengerin akustik pun, bisa banget!

Fyi, untuk variasi port lightning untuk iPhone/iPad/iPod, UGREEN EP103 sudah bersertifikasi MFI loh! Artinya earphone ini memang di desain khusus untuk produk Apple kamu dengan fitur/standar yang disesuaikan.

Jika kamu tertarik untuk membeli earphone ini, kami menyediakan link langsung untuk belanja di marketplace kesayangan kamu dengan klik tombol ‘BUY NOW’ di bawah ini.

EP103-30638 (Type-C)

earphone ugreen ep103 type-c
Earphone UGREEN EP103 Type-C

EP103-30631 (Lightning-MFI)

earphone ugreen ep103 lightning
Earphone UGREEN EP103 Lightning

Di dalam paket box lengkap, kamu akan mendapatkan x1 earphone; x3 pasang eartips (S/M/L); dan buku panduan.

Produk ini juga sudah di cover garansi 12 tahun ya, jadi kalau earphone UGREEN EP103 punya kamu rusak (diluar human error) kamu bisa klaim garansi langsung ke service center.

Ikuti program giveaway seru VCGamers berhadiah earphone UGREEN EP103 periode 14-20 Juli 2023, cek selengkapnya klik gambar di bawah ini.

BANNER VCGAMERS X UGREEN JULI 2023

Sekian review singkat dari kami, nantikan review tech & gadget lainnya hanya di VCGamers News.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!