3 Produk UGREEN yang Wajib Kamu Punya di Tahun 2023

Halo Vicigers, kali ini kami akan menyajikan beberapa produk dari UGREEN untuk di review. Siapa yang penasaran?

Ada tiga produk yang kali ini bakal kami cobain, pertama ada Docking Station, kedua ada 2.5” Storage Enclosure, dan terakhir ada Wireless Bluetooth Microphone.

Biar ga kelamaan, ini dia review singkat tiga produk UGREEN yang wajib kamu punya di tahun 2023.

UGREEN USB-C Docking Station for Steam Deck (Model CM666)

Docking station ini sama fungsinya dengan hub adaptor pada umumnya, bukan cuma bisa dipakai untuk Steam Deck, tapi juga bisa digunakan untuk semua perangkat yang kompatibel, seperti laptop, smartphone, Nintendo Switch, dan lainnya.

UGREEN USB-C Docking Station for Steam Deck (Model CM666)
UGREEN USB-C Docking Station by VCGamers

Kebetulan karena kami juga tidak memiliki Steam Deck, jadi kami mencobanya pada perangkat Nintendo Switch dan juga pada smartphone.

Pertama kita bedah dahulu spesifikasi yang tertera pada kotaknya:

  • Docking station 6 in 1
  • 1x USB-C (input)
  • 2x USB-A up to @5Gbps (output)
  • 1x USB-C up to 5Gbps (output)
  • 1x HDMI up to 4K@60Hz (output)
  • 1x Gigabit Ethernet (output)
  • Power Supply PD 3.0 100W (tidak mendukung transfer data/streaming video)

Apa saja yang kamu dapatkan di dalam box?

  • 1x Docking Station
  • Buku Panduan

Saat kami mencoba docking station ini pada Nintendo Switch, semuanya berjalan lancar, namun Nintendo Switch harus diletakkan terbalik pada docking station, karena port USB-C Nintendo Switch berada di bagian bawah.

ugreen docking station nintendo switch
UGREEN USB-C Docking Station x Nintendo Switch by VCGamers

Semua port berfungsi dengan baik, mulai dari port HDMI, RJ45, USB-C input & power supply. Gambar yang dihasilkan jernih dan sama sekali tidak menunjukkan penurunan performa.

ugreen docking station x nintendo switch
UGREEN USB-C Docking Station x Nintendo Switch by VCGamers

Output HDMI pada Model ini support 4K@60Hz; 2K@144Hz; dan 1080P@240Hz, cocok untuk semua monitor dengan resolusi dan refresh rate yang bervariasi.

ugreen docking station nintendo switch LAN RJ45
UGREEN USB-C Docking Station x Nintendo Switch by VCGamers

Lalu untuk internet yang disambungkan dengan RJ45 juga stabil, tidak ada pengalaman putus koneksi ditengah jalan saat bermain game menggunakan Nintendo Switch.

Kami tidak sempat mencoba output USB-A dan USB-C pada Nintendo Switch, karena kami tidak memiliki device yang kompatibel, seperti Game Controller tambahan.

nintendo switch x ugreen docking station
UGREEN USB-C Docking Station x Nintendo Switch by VCGamers

FYI, untuk penggunaan pada Nintendo Switch, pastikan kamu menggunakan charger asli atau charger yang memiliki output sama dengan aslinya, karena jika tidak, docking station tidak akan berfungsi normal.

Tidak hanya pada Nintendo Switch kami juga mencoba docking station ini pada smartphone yang kompatibel, yaitu pada Samsung S23 Series.

Setelah dicolokkan dengan input USB-C docking station, Samsung DeX langsung berfungsi setelah kabel HDMI dicolokkan, dan tampilan layar smartphone langsung tersedia di layar monitor, lalu kami mencoba semua port yang tersedia, dan voila.. semua portnya berfungsi sempurna saat kami menambahkan perangkat tambahan seperti Mouse, Keyboard, dan Flash Drive.

Port ethernet/internet pun berjalan lancar tanpa ada kendala, btw jika untuk smartphone, kamu tidak perlu menyambungkan power supply untuk menghidupkan semua fungsi port pada docking station ini.

Kecuali memang kamu ingin sambil melakukan pengisian daya pada smartphone kamu. Selain pada smartphone, kami juga melakukan uji coba pada laptop dan tidak ada masalah satu pun, semuanya berfungsi sempurna.

Docking station CM666 cocok buat kamu yang punya Steam Deck ataupun Nintendo Switch, berhubung port pada dock bawaan Nintendo Switch memiliki fungsi port yang terbatas, kamu bisa mengeksplorasi semua fungsi Nintendo Switch lewat docking station ini. Terlebih CM666 ini juga terbuat dari bahan full aluminium metal, bukan plastik, keren kan?

Bonus jika kamu juga pengguna smartphone/tablet yang support seperti Samsung DeX, buruan deh cobain dan beli docking station ini sekarang.

Dengan merogoh kocek cuma 700 ribuan rupiah aja, kamu sudah bisa membeli produk ini loh! Kamu bisa mendapatkan harga lebih murah dengan mengikuti promo-promo yang tersedia.

Tertarik mau beli produk ini? Yuk klik tombol di bawah!

UGREEN 2.5” Hard Drive Enclosure with USB-C (Model 50743)

Siapa sih yang ga butuh storage enclosure saat ini? Hampir sebagian besar membutuhkannya, mulai dari kamu yang pekerja kantoran, gamers, ataupun pekerja kreatif.

UGREEN punya produk enclosure terbaru Model 50743 yang support storage hingga 6TB loh! Tidak seperti enclosure pada umumnya yang beredar di pasaran yang hanya support storage 2TB sampai dengan 4TB.

Kita lihat dulu yuk spesifikasi yang tertera pada kotaknya:

  • Input: USB-C port
  • Output: SATA 7+15 Pin
  • Supports UASP transport protocol
  • Supports SATA 3.0
  • Supports 2.5” SATA standar notebook
  • USB 3.1
  • Support Windows/Linux/MacOS

Apa saja yang kamu dapatkan di dalam box?

  • x1 2.5” SATA Enclosure
  • x1 USB-C to USB-A
  • Buku Panduan

Di klaim enclosure ini juga support transfer data up to 6Gbps dengan kabel yang juga support USB 3.1, pastikan kabel yang kamu gunakan adalah kabel USB-C to USB-C untuk mendapatkan hasil yang maksimal, karena kabel yang kamu dapatkan di dalam kotak adalah kabel USB-C to USB-A untuk model ini.

Selain kabelnya, pastikan port USB pada device yang kamu gunakan juga kompatibel untuk mendukung kecepatan maksimal up to 6Gbps.

Percuma dong kebelnya sudah support USB 3.1 tapi device yang mau dicolokkan cuma support USB 2.0, jangan sampai kejadian ya!

Bahan yang digunakan enclosure ini full plastik namun tetap terlihat kokoh, jadi terlihat keren kalau sedang dipakai.

Enclosure ini support untuk HDD dan SSD SATA yang kompatibel untuk laptop, bukan ukuran besar untuk PC ya!

Kami melakukan testing dengan SSD 2.5 inch SATA Midasforce 1TB dengan spesifikasi 550 MBps Read dan 500 MBps Write Speed, SSD brand lokal Indonesia. Sepertinya sudah biasa kalau kami tes menggunakan SSD kelas atas seperti Samsung Evo dan sejenisnya, jadi kali ini kami akan coba tes menggunakan SSD brand lokal yang harganya cukup bersahabat.

crystaldiskmark ugreen enclosure
Kecepatan UGREEN 2.5” Hard Drive Enclosure with USB-C (Model 50743) dengan SSD Midasforce

Enclosure UGREEN mampu mengeluarkan performa penuh SSD tersebut sehingga tidak ada penurunan performa asli dari SSD yang dimasukkan ke dalam Enclosure.

Enclosure UGREEN mendapatkan kecepatan Read sebesar 563 MBps dan Write sebesar 407 MBps.

ugreen enclosure
UGREEN 2.5” Hard Drive Enclosure with USB-C (Model 50743) by VCGamers

Caption: UGREEN 2.5” mempunyai anti-shock untuk membuat HDD atau SSD SATA yang kamu masukkan ke dalam enclosure tidak goyang.

Kamu tidak perlu khawatir HDD atau SSD SATA kamu longgar saat dipasang ke enclosure UGREEN, karena spons di dalam enclosure UGREEN tersebut bisa membuat HDD atau SSD kamu tetap di tempatnya.

200 ribuan rupiah sudah dapat enclosure kece ini dari UGREEN? Jangan sampai ga beli! Langsung klik tombol beli di bawah ini ya.

UGREEN Wireless Bluetooth Microphone (Model CM476)

Terakhir ada wireless bluetooth microphone dari UGREEN yang oke banget nih, modelnya kompak jadi terlihat keren saat digunakan.

UGREEN Wireless Bluetooth Microphone (Model CM476)
UGREEN Wireless Bluetooth Microphone (Model CM476) by VCGamers

Cocok banget buat Vicigers yang lagi rajin bikin konten, apalagi versi Bluetooth yang digunakan sudah versi 5.3, jadi ga ada tuh suara putus-putus pas lagi pakai mic wireless-nya

UGREEN Wireless Bluetooth Microphone (Model CM476) x VCG
UGREEN Wireless Bluetooth Microphone (Model CM476) by VCGamers

Suara yang dihasilkan dari Wireless Bluetooth Microphone UGREEN Model CM476 sangat clear di jarak kurang dari 15 cm dari sumber suara. Memiliki 3 level noise reduction sehingga kamu dapat menyesuaikan suara yang masuk sesuai dengan suara-suara di sekitar.

Kami mencoba mic di suasana kafe yang ramai, tapi suara yang didengar oleh lawan bicara sangat jelas karena ada fitur noise reduction.Saat menggunakan mic ini, kamu bisa bebas berbicara dengan berjalan kesana kemari karena jarak receiver dengan mic sebesar 10 meter. 

Kamu bisa memonitor suara yang masuk dengan in-ear monitor yang telah tersedia di kotak, sehingga kamu tidak perlu bingung apakah suara kamu sudah masuk atau jelas untuk lawan bicara kamu. Jika suara sekitar masih terdengar di in-ear monitor tersebut kamu bisa tekan tombol di sebelah tombol power untuk mengaktifkan noise reduction sesuai dengan yang dibutuhkan.

Di dalam kotak penjualan Wireless Bluetooth Microphone UGREEN ini juga tersedia bulu filter yang bisa dipasang di Mic untuk mengurangi suara angin yang masuk sehingga suara yang direkam bisa jadi lebih jernih.

Di sebelah tombol power ada tombol kecil yang bisa kamu tekan sebanyak 3 kali untuk mengaktifkan noise reduction.

Penasaran sama spesifikasi lengkapnya? Yuk kita kepoin spesifikasi yang ada di kotaknya:

  • Versi Bluetooth: 5.3
  • Protokol Bluetooth: LC3
  • Jarak frekuensi: 2400-2483.5MHz
  • Mode pickup: omnidirectional, three-speed switch
  • Sampling rate: 16bit 48kHZ
  • Tipe baterai: 185mAh 3.7V (684.5mWh)
  • Limit voltase pengisian daya: 5.25V
  • Pemakaian baterai: 6 jam (microphone)
  • Lama pengisian daya: 1.5 jam
  • Jarak transmisi wireless: 10 meter

Apa saja yang kamu dapatkan di dalam box?

  • x1 Microphone
  • x1 Receiver
  • x1 USB-C to USB-A
  • x1 Monitor Earphones
  • x1 Microphone Cover
  • Buku Panduan
  • Kartu Garansi

Setelah kami tes gunakan selama kurang lebih satu harian, ternyata CM476 ini tergolong ke mic wireless yang nyaman sekali untuk dipakai pada kegiatan live streaming ataupun meeting.

Mic wireless kece gasampe 500 ribu rupiah? Ada varian lain juga yang support untuk kamera. Langsung klik tombol di bawah ini ya!

Nah, itu dia tiga produk UGREEN yang sudah kita cobain nih Vicigers! Sebagai info tambahan, semua produk UGREEN di atas dilindungi garansi resmi 1 tahun ya, jadi kamu gaperlu khawatir kalau produk kamu ternyata rusak/bermasalah selama masih di masa garansi.


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!

VCGamers

Saya merupakan salah satu dari pencari berita mengenai permainan games online yang ada di Indonesia.