Perbedaan PS4 dan PS5, Jangan Salah Pilih!

Menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli konsol game terbaru bisa menjadi keputusan yang sangat penting bagi para gamer. Nah, kali ini kita akan mengulas tentang perbedaan PS4 dan PS5.

Sebagian dari kita adalah penggemar setia yang tidak sabar-sabar untuk memiliki teknologi terkini begitu konsol baru dirilis. 

Namun, ada juga yang lebih berhati-hati, mempertimbangkan dengan matang apa yang akan mereka dapatkan dari konsol baru tersebut.

Apa kamu termasuk yang kedua? Jika begitu, maka kamu bisa simak perbedaan PS4 dan PS5 di bawah ini sebelum membelinya!

Baca juga: 5 Game PS5 Gratis Paling Seru 2023, Wajib Mainkan!

Perbedaan PS4 dan PS5 yang Wajib Diketahui

Kedua konsol hebat ini punya ciri khas masing-masing yang bikin kita bingung mau pilih yang mana. Nah, yuk kita bahas perbedaannya!

Desain 

perbedaan ps4 dan ps5
PlayStation 5. Sumber: www.playstation.com

Pertama, perbedaan PS4 dan PS5 adalah dari segi desainnya. PS5 tampil dengan desain yang beda banget. Warna utamanya adalah putih dengan aksen hitam yang keren. 

Kalau ukuran, PS5 lebih besar dibandingkan PS4. Tapi kalau versi digital PS5, cenderung lebih ramping karena tak punya Blu-ray disk drive

Tak hanya untuk desain saja, desain PS5 yang seperti huruf ‘V’ juga membuat mengurangi risiko overheating apabila lagi asyik main game. PS5 juga lebih berat, sekitar 4,8 Kg, sedangkan PS4 cuma sekitar 3,3 Kg. Controller PS4 juga lebih ringan sekitar 70g, jadi lebih nyaman kalau dipakai main lama-lama.

Jadi, dari segi desain, PS5 ini punya ciri khas yang lebih futuristik dan aman buat main lama. Bagi kamu yang suka style kekinian, PS5 bisa jadi pilihan yang oke!

Performa

perbedaan ps4 dan ps5
PlayStation 4. Sumber: www.playstation.com

Perbedaan PS4 dan PS5 kedua adalah performa. Keduanya beda nih. Meskipun sama-sama dari AMD, PS5 punya CPU yang lebih cepat, sekitar 1.52x lipat dari PS4. Performa floating point-nya juga lebih tinggi, sekitar 6.16 TFLOPS dibanding PS4. RAM-nya juga lebih besar dari yang sebelumnya.

PS5 juga punya memori bandwidth lebih besar, sekitar 272GB/s, dan GPU Clock Speed yang lebih kencang, sekitar 1430MHz, dibanding PS4. Bahkan dalam hal shading unit, PS5 menang dengan 1152 shading unit dan 18 computing unit lebih banyak.

Nah, PS5 juga punya teknologi multithreading yang bisa kasih performa ekstra dengan memisahkan inti fisik prosesornya jadi inti virtual. Jadi tiap inti bisa multitasking dengan baik.

Kalau soal penyimpanan data, PS5 sudah pakai SSD NVMe yang punya bandwidth lebih tinggi daripada SSD SATA. Jadi, kecepatan baca/tulis data jauh lebih cepat dibanding SSD SATA biasa. Loading game di PS5 juga super cepat!

Ada banyak game eksklusif, kompatibel dengan PS VR dan PS VR 2, dan punya haptic feedback buat pengalaman bermain yang lebih realistis. Tapi, untuk jumlah game yang tersedia, PS4 masih jadi pemenang dengan 2761 game lebih banyak dibanding PS5.

Jadi, dalam hal performa dan teknologi, PS5 punya keunggulan besar. Tapi PS4 masih oke kalau kamu punya banyak game favorit yang udah kamu koleksi.

Resolusi

perbedaan ps4 dan ps5
PlayStation 4. Sumber: www.playstation.com

Ketika kita membicarakan soal tampilan grafis, PS5 jelas unggul. Pasalnya, selama ini PS4 hanya mampu menampilkan gambar dengan resolusi maksimum 1080p hingga 4K. 

Tapi kini dengan PS5, pengalaman visualnya sudah seperti layar super-HD dengan resolusi mencapai 4K pada 120Hz hingga bahkan 8K. Ini adalah perbedaan PS4 dan PS5 yang sungguh signifikan.

Baca juga: Games Playstation 2 yang Masih Laris di 2023, Apa Saja?

Nah itu tadi penjelasan singkat tentang perbedaan PS4 dan PS5, dan jangan lupa, setelah memilih konsol impianmu, kamu bisa top up game favoritmu di VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!