Moona Hoshinova: Sang Idol VTuber Hololive Sejuta Umat!

moona hoshinova (2)

Salah satu tren yang baru hadir di dunia live streaming dan istilah ini sudah terdengan familiar bagi penggemar yaitu Vtuber. Mereka pun memiliki talent-talentnya seperti Moona Hoshinova yang cukup digemari oleh penggemarnya di Indonesia.

Dari sekian banyaknya Vtuber yang hadir di Indonesia serta diiringi dengan identitas dan ciri khasnya masing-masing, menjadikan Vtuber ini sangat diminati oleh penggemarnya.

Moona Hoshinova merupakan salah satu Vtuber dari agensi Hololive Indonesia yang debut di tahun 2020, lho!

Mungkin beberapa dari kamu juga belum mengenal dengan salah satu talent Vtuber dari Hololive Indonesia ini. Tenang saja, pada artikel kali ini akan mengajakmu untuk berkenalan dengannya! Langsung simak saja, yuk!

Baca juga: Sejarah Istilah Bocil Kematian, Sering Digunakan Youtuber!

Moona Hoshinova

moona hoshinova (1)
(Source: Wallpaper Crave)

Moona Hoshinova ialah seorang Virtual YouTuber (VTuber) perempuan Indonesia yang berasal dari agensi Hololive Production cabang Indonesia generasi pertama.

Ia merupakan seorang mahasiswi yang berprofesi sebagai Model dan Idola yang tertarik untuk menjadi Vtuber.

Bersama kedua temannya yaitu Airani Iofifteen dan Ayunda Risu ini merupakan anggota Vtuber Hololive Indonesia di Generasi Pertama.

Untuk sifat dan karakter Moona Hoshinova sendiri sangat cool dan terlihat tenang apabila dibandingkan dengan kedua temannya.

Sebenarnya ia merupakan gadis pemalu, tapi ia berbicara dengan nada ceria serta aksen Indonesianya yang cukup unik sekali.

Awal karir, sebelumnya ia bekerja sebagai model fashion sebelum menjadi Idol di agensi Hololive Indonesia.

Ia juga sempat memposting tweet di Twitter (X) terkait kesehariannya ataupun mencoba untuk berinteraksi dengan para penggemarnya.

Pada pre-debutnya, ia membuat akun Twitternya (@moonahoshinova) yang dibuat pada Maret 2020 dan tweet pertamanya diunggah pada 7 April 2020.

Dia pun membuat Channel Youtube-nya (Moona Hoshinova hololive-ID) pada 3 Maret sebelum debutnya di 11 April 2020.

Masih di tahun yang sama, tepatnya pada 04 Juni 2020. Ia menanyangkan cover pertamanya yang berjudul “Again” dari Beverly yang sudah berjumlah 363.114 views.

Selanjutnya pada 14 Agustus 2020, Hololive Indonesia mengumumkan melalui akun Twitter resmi Hololive Indonesia (@hololive_Id) bahwa anggota Generasi pertama akan memperoleh seragam baru untuk HUT RI ke-78.

Lalu pada 16 Agustus 2020, Moona Hoshinova debut dengan menggunakan seragam 2D yang bertemakan pakaian adat Indonesia serta rambutnya yang dikuncir kuda.

Beralih ke tahun 2021, dimana progress karirnya semakin meningkat. Pasalnya di awal tahun, tepatnya pada 6 Januari ia telah memperoleh 400.000 subscriber di Channel Youtube-nya dan ia menjadi Vtuber Indonesia pertama yang memiliki subscriber terbanyak.

Pada 16 Februari, ia merilis original songs pertamanya yang berjudul “Ai no Chiisana Uta”, serta pada saat itu juga subscriber-nya telah mencapai 500.000 yang membuatnya bertahan sebagai pemegang subscriber terbanyak di Hololive Indonesia.

Di hari ulang tahunnya yang jatuh pada 15 Februari 2022, ia merilis single keduanya yang berjudul “High Tide”.

Cukup berbeda dengan single pertamanya “Ai no Chiisana Uta” yang bertema ballad love-songs. Tapi, pada single keduanya “High Tide” ini bergenre Hip-Hop Rap yang mengisahkan suatu fantasi.

seorang komposer dan pencipta dari lagu “High Tide” ini adalah ZSunder dari Timur Tengah.

“High Tide” sendiri menceritakan seorang Dewi yang dipuja-puja oleh orang-orang, kecuali salah satu seorang manusia yang belum turut memujanya.

Sang dewi ini mengerahkan seluruh kekuatannya supaya manusia tersebut bisa ikut memujanya juga sehingga akhirnya ia juga menjadi turut serta.

Makna lagu ini diibaratkan seperti Moona Hoshinova dengan para penggemarnya. Dimana, ia bisa membujuk orang lain untuk menyukainya.

Perilisan “High Tide” ini menjadi salah satu event untuk merayakan hari ulang tahun Moona Hoshinova serta dilanjutkan dengan Live-Streaming Totsumachi (Aktivitas menunggu telepon dari teman untuk merayakan suatu hal dan dianggap sebagai analogi mengunjungi pesta), penjualan merchandise, karaoke session serta special streaming.

Hingga saat ini, penggemar Moona Hoshinova semakin banyak. Apabila melihat dari jumlah subscribernya di Channel YouTube-nya telah mencapai 1.3 Juta Subscriber.

Baca juga: Kenalan dengan Mythia Batford, Vtuber yang Suka Cover Lagu!

Profil dan Biodata Moona Hoshinova

moona hoshinova (3)
(Source: Fandom)

Bagi kamu yang belum kenal dengan Moona Hoshinova si Idol Vtuber dari Hololive Indonesia.

Melansir dari website resmi Hololive, berikut ini adalah profil dan biodatanya supaya kamu bisa lebih kenal dengannya. Langsung saja simak, yuk!

  • Nama Lengkap: Moona Hoshinova
  • Nama Kanji: ムーナ・ホシノヴァ
  • Nama Panggilan: Moon Moon, Moona Daayo, Mamah Moona, Moonaroh, Moona-Simpai, NPC Moona, Mamank Hoshinov (persona pria).
  • Tanggal Lahir: 15 Februari.
  • Jenis Kelamin: Perempuan.
  • Zodiak: Aquarius.
  • Debut: 11 April 2020.
  • Ilustrator: Nyori (により)
  • Tinggi Badan: 165 cm.
  • Berat Badan: 48 kg.
  • Unit Agensi: Hololive Indonesia.
  • Emoji: 🔮
  • Mimpi/Cita-cita: Ingin memproduksi musik, membuat solo konser, membuat lagunya menjadi Top 10 Worldwide.
  • Nama Fandom: Moonafic.
  • Hastags:
    • Stream Tag: #MoonA_Live
    • Fan Art: #HoshinovArt
    • Singing: #MoonUtau
    • Meme: #GrassMoona
    • Minecraft: #MoonArchitect
  • Diskografi:
    • Single:
      • Ai no Chiisana Uta (2021)
      • High Tide (2022)
      • Perisai Jitu (2022)
      • Who’s Toxic? It’s You! (2023)
    • EP:
      • Orbiture (2024)
  • Jikoushoukai (Kalimat Perkenalan): “Hello! I’m Moona Hoshinova! I’m from hololive Indonesia Generation 1! I love music! So I’m usually humming in my stream! Singing random lyrics is my favorite thing! Nice to meet you! I hope you like my stream! (Halo! aku Moona Hoshinova! Aku dari hololive Indonesia Generasi 1! Aku cinta musik! Jadi aku biasanya bersenandung di aliran saya! Menyanyikan lirik random adalah hal favoritku! Senang berkenalan denganmu! Aku harap kamu menyukai streamingku!)”.
  • Aktivitas Streaming: Main Game (Building Game), Menyanyi lagu Ballad, Membuat Lelucon/Meme dari Twitter (X) atau hal random lainnya.
  • Akun Sosial Media:
Baca juga: Windah Basudara Berhasil Tamatkan YouTube, Setelah Capai 10 Juta Subscriber

Fakta Menarik Moona Hoshinova

moona hoshinova (4)
(Source: Peakpx)

Bagi kamu yang ingin mengenalnya lebih lanjut, dibawah ini adalah beberapa fakta menarik dari Moona Hoshinova!

Lore Moona Hoshinova

Dari masing-masing karakter VTuber punya latar belakang kisahnya pribadi mengenai awal karir mereka menjadi seorang VTuber.

Untuk Moona Hoshinova sendiri adalah gadis pemalu tapi cukup populer di kampusnya.

Walaupun visualnya terlihat dingin, tapi jika mengobrol dengannya pasti seru karena cara bicaranya terdengar sangat unik.

Ketika kuliah, ia pun sambil bekerja sebagai model Fashion dan pada akhirnya ia bergabung di agensi Hololive Indonesia untuk menyalurkan bakatnya yang tertarik dibidang virtual.

Nama yang Celestial

Ternyata nama dari Moona Hoshinova memiliii arti yang sangat cantik karena berasal dari Bintang Baru yaitu Moona.

Pada nama belakangnya ‘Hoshinova’, beetrmakan celestial. ‘Hoshi’ pada Bahasa Jepang yaitu Bintang dan ‘Nova’ dari kata Latin ‘Novus’ yaitu Baru dan Bahasa Inggris yang artinya Bintang yang memiliki peningkatan kecerahan.

Selain itu juga, outfitnya Moona Hoshinova ini bertemakan luar angkasa seperti misalnya pada rambutnya yang berkilap seperti bintang.

Kerasukan ‘Dewi Bulan’

Dari lore-nya yang merupakan seorang mahasiswi sambil kerja menjadi Model dan Idol. Ia memang sangat pemalu dan pendiam, tapi karena menjadi Vtuber ia lebih percaya diri dan ceria.

Tapi ternyata ia pun memiliki kepribadian lain yang berasal dari kepribadian ‘Hoshinova’-nya yang memiliki suara serak-serak basah sehingga sering dicap anak nakal.

Punya Versi 3D

Ternyata, Moona Hoshinova merupakan salah satu VTuber Hololive Indonesia yang debut dengan versi 3D-nya.

Moona Hoshinova versi 3D tampil pada konser Hololive 3rd Festival ‘Link Your Wish’ yang digelar pada 19-20 Maret 2022 secara online dan offline di Makuhari Messe Inrernational Exhibition, Jepang.

Ia perform bersama kedua teman satu generasinya di Hololive Indonesia yaitu Airani Iofifteen dan Ayunda Risu uang menyanyikan lagu indah serta tarian yang super lucu.

Tentu saja, hal ini menjadikan Moona Hoshinova memiliki model 3D untuk menjadi real Idol di depan penggemarnya.

Debut Bermodalkan Kuota Internet

Menjelang debutnya, Moona Hoshinova ini mengalami masalah pada PC-nya sehingga mengharuskannya menggunakan Laptop.

Lalu pada hari debutnya, ia menggunakan kuota internet pribadi untuk memperlancar streamingnya.

Walaupun pada acara sempat mengalami beberapa kendala seperti lag atau hilang sinyal, tapi banyak penggemarnya yang masih setia menunggunya.

Tentunya hal ini ditangani oleh Tsunomaki Watame yaitu salah satu talent Hololive Jepang yang sedang melakukan streaming juga saat itu.

Beberapa hari setelah acara debutnya, ia meminta maaf kepada seluruh penggemarnya karena ia membuat penggemar kecewa dari koneksinya yang buruk, tapi hal ini malah membuat penggemarnya semakin gemas karena tingkah lucunya ini.

Pernah Meramal ONIC Esports Sebagai Juara MPL ID Season 7

Melansir dari GGWP, Moona Hoshinova pernah diundang senagai bintang tamu di acara livestream Planet Esports.

Saat itu ia ditanya mengenai prediksinya terkait ONIC Esports vs EVOS Legends sebagai tim yang terkuat pada MPL ID Season 7 saat itu.

Dan tak disangka ramalannya benar, ONIC Esports menjadi juara regular season dan EVOS Legends menjadi runner up-nya.

Nama Fandom-nya Unik

Dikarenakan Moona Hoshinova ini memiliki banyak penggemar diseluruh dunia. Ia meresmikan untuk nama penggemarnya yaitu “Moonafic”.

Jika kedalam bahasa Indonesia, nama ini terdengar seperti kata “Munafik” tapi ia memang sengaja menamainya karena istilah “Moonafic” ini singkatan dari “Moona Fanatic”. Lucu banget, bukan?

Baca juga: Daftar Pengisi Suara Apex Legends, Ada Streamer Twitch!

Nah, gimana nih sudah mengenal dengan Moona Hoshinova kan? Jadi, apakah kamu akan menjadi penggemar baru dari sang Idol Hololive Indonesia satu ini?

Segera Top Up kebutuhan produk digital termurah, cepat dan aman banget hanya di VCGamers Marketplace ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!