Mengenal Intel dan AMD: Produsen Prosesor Terbesar!

Intel dan AMD

Teknologi yang terus berkembang sampai saat ini, telah menghasilkan terobosan baru pada produk-produk elektronik, terutama produk elektronik hardware pada komputer atau laptop. Salah satu hardware, yang dikenal sebagai otak dari pemrosesan komputer atau laptop adalah CPU (Central Processing Unit) atau lebih dikenal dengan sebutan Prosesor. Brand yang terkemuka dalam hal hardware tersebut adalah Intel dan AMD.

Keduanya saling bersaing dalam membuat prosesor di berbagai tipe atau jenisnya. Saking kerasnya persaingan antara Intel dan AMD, membuat mereka cukup gencar dalam melakukan terobosan terobosan teknologi pada prosesor baru yang mereka buat.

Artikel ini akan membantu kamu untuk mengenal mengenai Intel dan AMD sebagai produsen sekaligus pemasok prosesor terbesar untuk komputer atau laptop.

Berikut pembahasannya!

Baca juga: Rekomendasi Laptop 4K untuk Semua Kebutuhanmu

Prosesor Intel

Prosesor Intel Core i9 14900K
Prosesor Intel Core i9 14900K. Source: custompc.com

Sejak berdirinya Intel pada tahun 1968, kini Intel telah memiliki berbagai varian dan jenis prosesor yang canggih dan diperuntukkan untuk berbagai komputer dan fungsinya. Mulai dari mengembangkan prosesor dayanya hemat, lalu proseser khusus spesifikasi high-end, dan prosesor yang memiliki multi-core 64-bit.

Intel memiliki 8 jenis prosesor yaitu Intel Atom yang dikhususkan oleh Intel sebagai prosesor yang memiliki konsumsi daya yang rendah dan digunakan pada Smartphone, Ultra Mobile PC, MID, dan Netbook.

Jenis prosesor Intel selanjutnya yaitu Intel Celeron, yang merupakan prosesor dengan single core atau satu inti saja didalamnya. Intel Celeron adalah prosesor kelas bawah yang cocok digunakan pada komputer atau laptop untuk kebutuhan browsing dan website saja.

Prosesor Intel selanjutnya yaitu Intel Pentium yang merupakan prosesor iconic dari Intel yang populer di awal abad ke 20. Prosesor Intel Pentium memiliki 4 versi sampai Pentium IV dan kemudian dilanjutkan dengan Pentium Dual Core dan yang terakhir yaitu Pentium Extreme.

Dan kini jenis prosesor Intel yang dikenal yaitu Intel Core i3, Intel Core i5, Intel Core i7, Intel Core i9 yang dibedakan dari kecepatan dan jumlah core yang ada pada prosesor mulai dari 3, 5, 7 dan 9 core.

Adapun jenis Prosesor Intel Xeon yang lebih diperuntukan untuk penggunaan jangka panjang pada server dan workstation.

Baca juga: Rekomendasi Laptop Gaming 5 Jutaan 2024

Prosesor AMD

Prosesor AMD Ryzen 7 7800X3D
Prosesor AMD Ryzen 7 7800X3D. Source: anandtech.com

Mengawali kiprahnya sebagai produsen prosesor, AMD membuat prosesor untuk mesin-mesin industri, namun hal tersebut tidak berjalan mulus. Hingga akhirnya pada tahun 1996, AMD yang telah beralih pada pasar prosesor mikro berhasil membuat prosesor K6 yang merupakan prosesor 32-bit pertamanya.

Pada tahun 2003 mulailah masa kejayaan AMD dengan prosesor Athlon 64 yang memiliki performa tinggi pada saat itu dan bisa bersaing dengan prosesor Intel Pentium. Saking kerasnya persaing dengan Intel, mendorong AMD menghasilkan prosesor dengan teknologi baru dari sebelumnya.

Dan pada tahun 2007 AMD meluncurkan prosesor AMD Phenom yang merupakan prosesor quad-core pertama (empat inti core). Prosesor tersebut cukup terkenal di kalangan para pc gamers karena memiliki performa yang bagus untuk gaming.

Selanjutnya di tahun 2011 AMD memiliki prosesor Fusion dan AMD A-Series yang mengandalkan teknologi gabungan antara CPU dan GPU menjadi satu dalam chip.

Tidak ingin kalah dengan Intel yang memiliki prosesor kelas atas seperti core i-series, AMD mengeluarkan Prosesor kelas atasnya pada tahun 2017 yaitu AMD Ryzen Series dengan arsitektur zen yang baru.

Hingga saat ini, di tahun 2024 AMD Ryzen Series sudah memiliki 7 Generasi dengan seri tertinggi mereka yaitu di seri 7000 dengan teknologi unggulan AMD 3D V-Cacher yang menempatkan tumpukan memori tambahan diatas prosesor sehingga kinerja lebih meningkat 14% dibanding generasi sebelumnya.

Baca juga: 5 Laptop Gaming Ringan Terbaik untuk 2024

Branding Warna Intel dan AMD

AMD VS Intel, Merah VS Biru
AMD VS Intel, Merah VS Biru. Source: promedia.com

Dalam persaingan kedua produsen prosesor, Intel dan AMD memiliki personal branding yang unik. Salah satunya yaitu, branding dari segi color atau warna. Intel memiliki branding identik dengan warna biru, sedangkan AMD memiliki branding identik dengan warna merah.

Saking identik dan melekatnya kedua warna tersebut pada brand masing-masing, banyak peminat atau fans yang menggunakannya sebagai bahasan perbandingan, candaan, bahkan meme seperti kubu biru dan kubu merah.

Hal tersebut jugalah yang menguatkan fakta bahwa persaingan ketat antara Intel dan AMD dan sekaligus yang menjadikan keduanya sebagai produsen dan pemasuk prosesor terbesar saat ini di dunia.

Baca juga: 5 Laptop Gaming Murah 6 Jutaan, Buruan Cek!

Keunggulan Intel

Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh prosessor Intel secara keseluruhan:

  • Prosesor Intel lebih support untuk produktivitas lebih banyak tidak hanya game saja, tapi juga cocok untuk pekerjaan, video editing dan render.
  • Durabilitas prosesor Intel masih dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan prosesor AMD.
  • Popularitas prosesor Intel lebih tinggi dibandingkan AMD, karena Intel lebih umum dan sering digunakan pada berbagai kalangan.
  • Suhu prosesor Intel lebih adem dibandingkan dengan prosesor AMD.
  • Kompabilitas prosesor Intel dengan hardware pendukung seperti motherboar, graphic card, dan storage sangat tinggi

Keunggulan AMD

Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh prosesor AMD secara keseluruhan:

  • Cenderung memiliki harga yang murah dibandingkan Intel.
  • Performa untuk gamingnya pada Ryzen 7000 series masih menjadi yang terbaik sampai saat ini.
  • Lebih support socket motherboard terdahulu dibandingkan Intel yang prosesor series terbarunya biasanya tidak support dengan socket lama motherboard.
  • Untuk efisiensi energi masih diungguli oleh prosesor AMD, bahkan untuk prosesor tertingginya pun Ryzen 9 7950X3D masih memiliki TDP 120W
  • Integrated Graphic atau gabungan GPU dan CPU dalam satu chip AMD masih menjadi yang terkuat saat ini yang sudah bisa menghasilkan frame rate tinggi dalam game rata kanan.
Baca juga: Cara Menyambungkan HP ke Laptop untuk Berbagai Kebutuhan

So, itulah pembahasan mengenai kedua produsen dan pemasok prosesor terbesar di dunia yaitu Intel dan AMD. Jadi, kamu lebih pilih yang mana?

Untuk kamu yang sedang mencari produk digital dan kebutuhan untuk game kesayangan dengan harga terjangkau, yuk segera top up di VCGamers Marketplace sekarang juga!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!