Manga Tsubasa Akan Tamat 2024? Begini Kata Yoichi Takahashi!

Kebetulan pada artikel kali ini akan membahas mengenai alasan tamatnya manga Tsubasa karya Yoichi Takahashi ini!
tsubasa (3)
(Source: Zona Negativa)

Buat kamu yang masuk generasi 90’an pasti kamu sering menonton anime Tsubasa yang populer dan hadir di televisi.

Tsubasa lahir dari manga dan kemudian dibuat menjadi anime. Manga tersebut diciptakan seorang Mangaka bernama Yoichi Takahashi.

Beredar kabar bahwa baru-baru ini sang penerbit yaitu Shuisha Inc mengumumkan manga Tsubasa akan tamat di tahun 2024 ini.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai alasan tamatnya manga karya Yōichi Takahashi ini. Daripada penasaran, simak terus artikel ini ya!

Baca juga: 5 Anime Olahraga yang Wajib Kamu Tonton

Alasan Tamatnya Manga Tsubasa

tsubasa (2)
Yoichi Takahashi (Source: Getty Images)

Melansir dari animenewsnetwork, Majalah Captain Tsubasa Edisi ke-19 terbitan Jumat, 30 Desember 2023 yang diterbitkan oleh Shueisha mengumumkan hal yang mengejutkan.

Shueisha Inc mengumumkan bahwa sang Mangaka dari Captain Tsubasa yaitu Yōichi Takahashi akan pensiun dari serial Tsubasa yang telah ia buat selama 43 tahun.

Namun Yōichi Takahashi masih akan terus memproduksi manganya hingga bab terakhir dari Captain Tsubasa: Rising Sun The Final dan Captain Tsubasa Memories 4: Saikyō! Manga Meiwa FC Densetsu edisi ke-20 dan akan dirilis pada April 2024 mendatang.

Penerbit pun menyatakan bahwa sang Mangaka yang berusia 63 tahun itu  memutuskan untuk pensiun karena salah satunya adalah kondisi kesehatannya yang menurun.

“Daripada memaksakan diri hingga lewat batas, lebih baik menghentikan serialisasi sehingga saya bisa menceritakan kisah Captain Tsubasa hingga akhir,” katanya dilansir dari animenewsnetwork terbitan Jumat (05/01) kemarin.

Melansir dari comicbook.com, ia pun mengatakan bahwa dirinya ingin menjaga kondisi fisik di usia yang sudah tidak muda lagi.

Saat ini ia masih dalam kondisi sehat tapi karena Presbiopia yang dia alami membuat dirinya kehilangan kemampuan mata untuk fokus dan penglihatan mulai menurun secara perlahan sehingga ia merasa kesulitan ketika memproduksi manganya.

“Saya pikir saya masih dalam keadaan sehat hari ini. Namun, seiring saya terus membuat manga, penurunan kondisi fisik saya yang berkaitan dengan usia menjadi tidak dapat dihindari. Kecepatan saya menggambar telah sangat melambat… (dan) terlebih lagi, penglihatan saya semakin memburuk. Sulit untuk fokus,” katanya.

Selain kondisi kesehatannya yang menyebabkan ia harus pensiun, ternyata ada hal lain lagi juga. Seperti adanya proses digitalisasi yang semakin berkembang sejak COVID-19 sehingga proses pembuatan manga secara manual akan tergantikan secara perlahan.

Walaupun begitu, seperti yang disampaikan bahwa Yōichi Takahashi akan terus memproduksi manganya hingga April 2024.

Setelah pensiun, ia akan membuat Storyboard untuk animasi Captain Tsubasa ini dibandingkan harus menulis manga-nya.

Baca juga: Captain Tsubasa: ACE, Game Sepak Bola untuk Pecinta Anime

“Captain Tsubasa: Rising Sun The Final”, Jadi Arc Terakhir

tsubasa (1)
(Source: Medio Tiempo)

Seperti yang kita tahu, ternyata anime Captain Tsubasa ini menjadi idola semua anak-anak sejak kecil, lho karena temanya tentang sepak bola yang digemari oleh anak laki-laki.

Karakter utamanya yaitu Tsubasa Ōzora mampu menyalurkan energi positif dan semangatnya kepada penontonnya sehingga anime ini semakin digemari.

Captain Tsubasa: Rising Sun The Final akan menjadi arc terakhir dari seluruh cerita manga ini.

Secara keseluruhan, manga ini mengisahkan Tsubasa Ōzora yang berusia 11 tahun dan sangat memggemari sepak bola dan dipuji oleh Roberto, pelatihnya karena melihat keahliannya dalam Sepak Bola, tak lama ia pun pergi ke Brazil untuk bertanding di Piala Dunia.

Captain Tsubasa: Rising Sun The Final sendiri menceritakan mengenai kemenangan La Liga dan FC Barcelona setelah menundukkan Real Madrid untuk kedua kalinya.

Setelah party championship team yang diselenggarakan di Barcelona, ia pergi ke Jepang dengan Sanae dan mengikuti training sebagai seleksi pemain untuk tim Olimpiade Jepang yang akan melawan Selandia Baru dan Meksiko.

Ini akan menjadi Arc terakhir dari Olimpiade dan perjalanan menjadi pemain sepak bola terbaik di dunia.

Sebelumnya, Yōichi Takahashi telah menerbitkan manganya di Majalah Grand Jump dari Shueisha Inc pada Desember 2013 silam.

Lalu, manga ini kembali diterbitkan pada Majalah Captain Tsubasa yaitu Majalah Spin-off Grand Jump berfokus di Franchise yang dirilis pada April 2020.

Tentunya “Captain Tsubasa: Rising Sun The Final” menjadi Arc terakhir dari seluruh cerita manga bertemakan sepak bola ini.

Baca juga: Ao Ashi: Anime Sepak Bola yang Realistis

Kisah Cerita Manganya

tsubasa (4)
(Source: Koukyou Zen)

Untuk perjalanan manga dan animenya, Captain Tsubasa dirilis pada Weekly Shonen Jump yang terbit tahun 1981, dimana menceritakan tentang Tsubasa Ōzora yang menggemari sepak bola.

Ia bercita-cita untuk menjadi seorang pemain bola professional dan bergabung dengan klub sepak bola hingga bermain di Piala Dunia. Tak lama, ia pun bergabung dengan sebuah klub sepak bola untuk mewujudkan mimpinya itu.

Ide ceritanya berawal dari Yōichi Takahashi yang menyukai sepak bola setelah menonton Piala Dunia 1978 di TV. Kemudian, dia membuat Tsubasa untuk membantu mempopulerkan olahraga ini di Jepang.

“Saya tidak menyangka orang-orang di seluruh dunia akan melihatnya,” katanya.

Yōichi Takahashi, saat itu masih menjabat sebagai direktur pelaksana klub Sepak Bola yang bernama Nankatsu SC berasal dari nama tim sekolah Tsubasa di komiknya.

Cerita ini diserialkan menjadi komik selama 15 Season yang dirilis selama 40 tahun lebih. Selain itu juga, dibuat anime selama 5 Season hingga tahun 2019.

Untuk komiknya sendiri, telah terjual lebih dari 90 juta kopi di seluruh dunia dan diterbitkan di 100 negara.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Baca Manga Terlengkap 2023

Nah, itulah cerita tentang manga tersebut yang desas-desusnya akan tamat pada 2024 ini. Jadi, gimana nih menurutmu?

Buat kamu yang ingin membeli produk digital dan top up game dengan harga murah dan cepat, langsung aja ke VCGamers Marketplace!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!