4 Game Mirip Clash of Clans, Cobain Yuk!

game mirip coc

Game mirip Clash of Clans? Apa serunya sih game strategi? Emang masih ada ya yang main game begitu di 2023 ini? Eits, jangan meremehkan genre tersebut ya! Meski sudah tidak seramai di era kejayaannya, tapi game strategi masih layak untuk dimainkan 2023.

Bagi para gamers lawas, tentu pernah mengalami masa-masa di mana game MOBA dan battle royale belum mendominasi platform mobile seperti sekarang.

Pada tahun 2014-an, genre strategi mampu merajai pangsa pasar gaming bagi para pengguna smartphone.

Yap, tentu ini dilatarbelakangi popularitas dari game Clash of Clans atau yang juga dikenal dengan sebutan COC. Pengaruh game ini begitu masif dalam mempopulerkan genre strategi ke banyak kalangan.

Bahkan bisa dikatakan, sumbangsih dari COC juga lah yang mempopulerkan genre mobile hingga menjadi trend di industri gaming seperti sekarang. Tanpanya, besar kemungkinan kita tidak akan mengenal konsol-konsol handheld high-end seperti Nintendo Switch, Steam Deck, ROG Ally, dsb.

Meski gaung dari game strategi tidak lagi sepopuler dahulu, namun di luar sana masih banyak gamers yang setia memainkan genre ini. So, buat mereka yang masih gemar memainkannya, yuk baca rekomendasi 4 game mirip Clash of Clans versi VCGamers berikut ini. Langsung cekidot ya!

Baca juga: 6 Tips dan Strategi Gaming untuk Gamer di Semua Level

Tentang COC

Sebelum bahas game yang mirip COC, ada baiknya kami perkenalkan dahulu seperti apa game COC-nya sendiri dong. Yap, game rilisan developer Supercell yang berbasis di Finlandia ini merupakan pencetus genre strategi berbasis mobile.

Gameplay unik dan tidak menerapkan sistem ‘raid’ (seperti kebanyakan lineup strategi) membuat para pemain tidak cepat bosan meski menghabiskan berjam-jam di depan layar gawai mereka. Sistem “minimalis” seperti itulah yang lantas menjadi standar industri mobile gaming hingga saat ini.

Melihat keberhasilan game tersebut, banyak developer lain yang lantas menerapkan rumus serupa dalam mengadopsi game-game berskala luas. Upaya mereka ini tentu dimaksudkan agar dapat mempenetrasi industri mobile gaming yang kala itu masih dalam tahap berkembang.

Berbagai genre seperti First/Third Person Shooter (FPS/TPS) dan Multiplayer Online Battle Area (MOBA), yang awalnya hanya umum dimainkan pada platform yang lebih mumpuni (seperti PC/home console), lantas dibuat dengan skala yang lebih minim (biasanya dirancang dengan berbasis analog).

Walhasil, dimulailah era gaming berbasis platform mobile! Demam tersebut terus berlanjut hingga kini, dan bahkan hingga mampu menggeser dominasi platform desktop dan konsol yang selama ini merajai trend gaming dunia.

Baca juga: 5 Game Strategi Android Offline Terbaik!

4 Game Mirip Clash of Clans

Yak, tanpa berlama-lama, langsung saja kita bahas 4 rekomendasi game-nya. Sebagai disclaimer dahulu nih, bahwa yang ditampilkan di sini hanyalah judul-judul yang dapat dimainkan berbasi mobile (Android dan iOS) semata. Berikut beberapa di antaranya:

• Lords Mobile

Game Mirip Clash of Clans Lords Mobile
Game Mirip Clash of Clans Lords Mobile. Sumber: Google Play

Yang pertama tentu saja ada Lords Mobile. Game pesaing COC sejak dahulu ini layak disebutkan dalam daftar teratas. Game ini dirilis oleh developer asal Tiongkok bernama I Got Games (IGG).

Meski termasuk ke dalam game strategi yang mirip COC, namun Lords Mobile menerapkan sistem ‘raid’ yang banyak dijumpai pada berbagai judul lineup serupa. Cocok banget nih buat yang suka perang!

Rise of Kingdoms (ROK)

Rise of Kingdoms
Rise of Kingdoms. Sumber: Google Play

Selanjutnya ada Rise of Kingdom atau yang juga dikenal dengan sebutan ROK. Selain Lords Mobile, ROK juga dapat dikatakan sebagai game strategi pesain COC selanjutnya. Kesuksesan yang dimiliki juga tidak tanggung-tanggung.

Instalasi yang dirilis oleh Lilith Games selaku developer-nya ini bahkan hingga berani merekrut YouTuber nomor 1 se-Indonesia sebagai Brand Ambassador (BA)-nya. Yap, siapa lagi kalau bukan om Deddy Corbuzier! Pasti seru deh kalau sudah begitu mah!

DomiNations

DomiNations
DomiNations. Sumber: Google Play

Di tempat ketiga ada game DomiNations besutan developer Big Huge Games. Buat para pecinta game strategi PC, nama tersebut sudah pasti begitu familiar. Benar sekali, mahakaryanya yang bertajuk ‘Rise of Nations’ (RON) sudah merajai game strategi di platform PC kala 2003 silam.

Kali ini, sang developer mencoba peruntungan mereka di ranah mobile. Dengan membawa nama besar yang sudah dibangun, game DomiNations hadir sebagai bentuk “compact” dari lineup RON mereka. Layak banget di coba!

Star Wars: Commander

Star Wars: Commander
Star Wars: Commander. Sumber: Google Play

Nah buat yang suka Star Wars namun dengan vibes COC, bisa banget coba Star Wars: Commander. Game ini persis di buat dengan mekanik yang serupa dengan COC, namun disertai dengan tema Star Wars yang kental.

Karena itulah, pemain juga nantinya diharuskan memilih: apakah akan masuk ke dalam kubu Empire ataupun Rebels. Sayang, dikarenakan sepinya pelanggan, game ini harus ditarik dari peredaran pada tahun 2020 silam. Namun kalian masih dapat memainkannya dalam bentuk apk.

Baca juga: 5 Pasukan Teratas di Clan War Clash of Clans

Itulah 4 rekomendasi game mirip Clash of Clans. Bagaimana menurut kalian nih Vicigers? Adakah yang tertarik untuk memainkannya? Silahkan tinggalkan komentar di kolom yang tersedia ya!

Btw, untuk Top Up Game Murah dan Cepat, langsung ke VCGamers Marketplace aja ya!


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!