Apa itu Cryptocurrency: Sebuah Tinjauan Aset Digital

Cryptocurrency Adalah

Cryptocurrency adalah aset digital, mata uang virtual, atau uang digital. Cryptocurrency pertama dan terpopuler adalah Bitcoin (BTC). Cryptocurrency ditemukan oleh seorang programmer tak dikenal dengan nama samaran Satoshi Nakamoto pada tahun 2009.

Cryptocurrency menggunakan kriptografi untuk mengamankan transaksi dan mengontrol pembuatan unit baru dari cryptocurrency tertentu. Ini mencegah pembelanjaan ganda dan penipuan dengan memastikan bahwa hanya individu tertentu yang dapat mengakses dana yang mereka miliki.

Apa itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency Adalah
Apa Itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency adalah mata uang atau uang virtual. Cryptocurrency tidak didukung oleh bank sentral mana pun. Cryptocurrency dapat digunakan untuk membeli barang, tetapi tidak semua barang bisa dibeli menggunakan Cryptocurrency. Kamu bisa membeli koin atau token dari broker yang mengubah uang tunai biasa menjadi cryptocurrency, dan kamu juga dapat menukar satu cryptocurrency dengan yang lain, seperti busd ke eth atau yang lainnya.

Baca juga: Nantikan, Muverse Akan Gelar Event Crypto Terbesar di Medan!

Cryptocurrency vs Mata Uang Tradisional: Keuntungan dan Kerugiannya

Cryptocurrency adalah aset digital yang bisa digunakan untuk pertukaran atau sebagai unit akun.

Ini terdesentralisasi, artinya tidak ada otoritas pusat yang mengeluarkan mata uang baru atau melacak transaksi. Sebaliknya, cryptocurrency dibuat dan diperdagangkan di antara pengguna di pasar terbuka. Ini berarti bahwa tidak ada entitas tunggal yang dapat mengontrol kurs atau pasokan cryptocurrency dan juga tidak memiliki batasan geografis di tempat seperti yang dilakukan mata uang tradisional!

Cryptocurrency memiliki buku besar transparan karena dicatat secara publik sehingga siapa pun dapat melihatnya kapan saja mereka ingin mencari info tentang riwayat transaksi/saldo dll. Selain fitur ini akan bermanfaat untuk alasan transparansi, ini juga memudahkanmu untuk verifikasi kepemilikan atas dana tanpa masalah melakukannya yang masuk akal karena semua orang ingin uang mereka aman dari bahaya sehingga fitur ini membantu mencegah potensi penipuan terjadi karena semua orang tahu persis siapa yang memiliki jumlah berapa setiap saat.

Cryptocurrency aman karena tidak adanya pihak ketiga yang terlibat dengan transaksi ini baik secara tidak sengaja atau sengaja mencoba sesuatu yang lucu dengan uang orang lain. Ini berarti tidak akan ada orang yang bisa mencuri apapun dari orang lain baik secara tidak sengaja atau sengaja yang mana masuk akal mengingat betapa pentingnya melacak hal-hal seperti keuangan harus selalu ditanggapi dengan serius jika tidak, hal-hal buruk dapat terjadi jika tindakan pencegahan tertentu tidak dilakukan sebelumnya.

Baca juga: Apa itu Crypto Lending? Simak Penjelasanya!

Jenis Cryptocurrency

Kamu mungkin pernah mendengar tentang Bitcoin, salah satu aset digital paling berharga yang pernah ada. Ini juga dikenal sebagai “cryptocurrency”. Sekarang juga ada Ethereum, Litecoin, dan Monero.

Altcoin adalah cryptocurrency alternatif yang dibuat setelah kesuksesan Bitcoin dan teknologi blockchainnya. Contoh Altcoin seperti Ripple, Dash dan NEM.

Stablecoin adalah cryptocurrency yang dirancang untuk mempertahankan nilainya dan tidak digunakan untuk transaksi sehari-hari. Tether adalah salah satu contoh stablecoin yang menyimpan token USDT sebagai cadangan untuk setiap 1 USDT yang dikeluarkan oleh perusahaannya Tether Limited.

Pasar dan Perdagangan Cryptocurrency

Pasar cryptocurrency merupakan jenis pasar keuangan baru. Berbeda dengan pasar tradisional karena tidak memiliki regulasi dan kelembagaan yang terpusat, seperti SEC atau CFTC. Sebaliknya, cryptocurrency dikendalikan oleh algoritma yang kompleks.

Mata uang kripto diperdagangkan di bursa mata uang kripto, di tempat tersebut kamu bisa membelinya dengan mata uang fiat (dolar atau euro) atau mata uang kripto lainnya, misalnya: https://letsexchange.io/exchange/matic-to-et

Kamu juga dapat menjual koin yang kamu miliki di bursa ini kapan pun kamu ingin mengubahnya kembali menjadi uang tunai.

Berdagang mata uang kripto memiliki risiko;  namun, jika dilakukan dengan benar, ini bisa menjadi cara yang menarik untuk menghasilkan uang! Cara paling populer untuk memperdagangkan mata uang kripto saat ini adalah melalui pertukaran yang disebut Coinbase; namun, satu hal yang kami sarankan sebelum memulai adalah mempelajari cara kerja sistem sehingga ketika terjadi kesalahan (dan sering terjadi) semoga kita bisa menghindari kehilangan banyak uang!

Baca juga: Mengenal Crypto Cosmos Dan Cara Kerjanya

Kesimpulan

Cryptocurrency adalah mata uang virtual yang bisa ditukar dan digunakan untuk membeli barang tertentu. Cryptocurrency mirip dengan mata uang tradisional tetapi memiliki beberapa keunggulan berbeda yang kami sebutkan di artikel ini.

Artikel Crypto oleh PINTU


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!