Checkout Artinya, dan Istilah Lainnya di Belanja Online

Checkout Artinya

Dalam dunia belanja online terdapat beberapa istilah yang mungkin kamu sudah sangat familiar, namun belum mengetahui arti sebenarnya. Salah satu istilah yang sangat umum adalah checkout. Apakah kamu sudah tau checkout artinya apa?

Belanja online sudah menjadi kegiatan yang lumrah bagi sebagian besar orang. Dan setiap kali akan membeli barang seperti aksesoris, skincare, gadget, dan lain-lainnya pasti akan bilang ingin CO atau checkout barang ini. 

Nah, buat kamu yang makin penasaran dengan checkout artinya apa, yuk simak pembahasan berikut ini:

Baca juga: Nomads Ranger Bahasa Gaul Anak Tiktok, Ini Artinya!

Checkout Artinya dalam Belanja Online

Checkout Artinya
Checkout Artinya. Source: freepik.com

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, ketika kamu hendak membeli suatu barang kamu akan menyebutnya dengan istilah checkout. Lalu, checkout ini artinya apa?

Checkout berasal dari bahasa Inggris yang berarti periksa. Dalam hal ini kamu akan diminta untuk memeriksa kembali pesanan yang akan kamu beli. Seperti melengkapi data pengiriman, memilih metode pembayaran, dan lainnya.

Hampir semua marketplace yang ada di Indonesia menggunakan istilah checkout untuk tahapan pembelian suatu barang. Sebut saja Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, semuanya menggunakan istilah checkout juga.

Baca juga: Nice Try Artinya adalah Kegagalan, Benarkah Demikian?

Beberapa Istilah Lain yang ada di Belanja Online

Checkout Artinya
Istilah Lainnya di Belanja Online. Source: freepik.com

Selain checkout, ternyata masih banyak istilah lain yang ada di belanja online lho! Beberapa istilah tersebut mungkin juga sudah familiar dengan kamu namun lagi-lagi kamu belum memahami artinya. Berikut adalah beberapa istilah tersebut:

Pre Order (PO)

Pre Order (PO) adalah sebuah istilah ketika kamu melakukan pemesanan barang atau produk karena untuk saat ini produk tersebut belum tersedia.

Cash On Delivery (COD)

Cash On Delivery (COD) adalah sebuah sistem pembayaran atas transaksi yang dilakukan pada saat barang sudah sampai ditangan pembeli.

Ready Stock

Ready Stock merupakan istilah yang menunjukkan jika barang yang dijual saat ini sedang tersedia. Sehingga konsumen bisa membeli barang tersebut saat itu juga.

Invoice

Invoice adalah tagihan yang dibuat oleh penjual kepada pembeli terkait jumlah uang yang harus dibayarkan. Selain harga yang harus dibayarkan, pada invoice juga terdapat alamat penjual dan pembeli, diskon, pajak, dan ongkos kirim.

Flash Sale

Flash Sale merupakan sebuah periode dimana barang yang dijual mengalami penurunan harga atau sedang diskon. Biasanya flash sale terjadi dalam waktu tertentu dan berlangsung beberapa saat saja.

Buy 1 Get 1

Buy 1 Get 1 merupakan istilah yang digunakan dalam sebuah promo, dimana kamu membeli 1 barang dan akan mendapatkan 1 barang yang sama secara gratis. Jadi, kamu akan mendapatkan 2 barang dengan harga 1 barang.

Baca juga: PAP Adalah Bahasa Gaul, Ternyata Ini Artinya!

Nah, demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai istilah yang ada di belanja online. Semoga artikel ini bisa menambah wawasanmu.

Jangan lupa untuk tetap update info terkini mengenai games, teknologi, dan gadget hanya di VCGamers News!

Yuk top up game favoritmu sekarang juga di VCGamers Marketplace, dijamin prosesnya mudah, aman, dan cepat!t 


Mau Dapat Informasi Terbaru di Dunia Web-3, Game, dan Teknologi Metaverse?

Yuk isi email kamu di bawah!